Sukses

Tahukah Kalian Indonesia Itu Memukau?

Terlahir sebagai warga negara Indonesia (WNI) merupakan anugerah.

Citizen6, Semarang: Terlahir sebagai warga negara Indonesia (WNI) merupakan anugerah tersendiri. Banyak alasan mengapa saya sangat mencintai Indonesia selain faktor dilahirkan di sini. Dari sekian ribu banyak alasan tentang Indonesia, 6 di antaranya dapat ditemukan di sini.

1. Indonesia itu ramah bagi siapa saja

Lihat saja, betapa banyak kaum ekspatriat yang hilir mudik kunjung dan singgah di Indonesia. Bagaimana masyarakat Indonesia mengapresiasi kehadiran orang lain? Senyum manis akan selalu disunggingkan kepada mereka, sekalipun orang asing. Arus kedatangan warga asing pun menunjukkan bahwa Indonesia itu ramah bagi siapa saja. Semua akan merasa ingin kembali lagi ke Indonesia. Sesama WNI pun akan saling membantu meskipun berasal dari daerah yang berbeda. Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk menjamu kehadiran orang lain dengan sajian terbaik yang mereka miliki. Mengagumkan sekali Indonesiaku ini.

2. Apapun tersedia di Indonesia

Indonesia adalah miniatur pasar dunia. Barang apapun yang kalian butuhkan akan mudah ditemui di Indonesia. Bahkan, di sudut-sudut Indonesia terdapat barang-barang unik yang jarang ditemui di wilayah lain. Jangan khawatir, kalian tak akan mengalami kekurangan suatu barang di Indonesia. Indonesia menawarkan apa yang kalian butuhkan dan inginkan.

3. Keindahan pariwisata yang memanjakan mata

Siapa yang tak pernah mengalami kejenuhan? Apabila Anda adalah salah satu orang yang pernah atau bahkan kerap mengalami kejenuhan dalam hidup, maka luangkan waktu Anda untuk menikmati keindahan panorama Indonesia. Sisihkan uang dan waktu Anda untuk menyegarkan pikiran melalui tujuan wisata yang tersebar diberbagai penjuru Indonesia. Pariwisata Indonesia terbukti ampuh untuk menghilangkan kepenatan. Deburan ombak di pantai Indonesia menawarkan ketenangan yang selama ini jarang ditemui di wilayah lain. Tak hanya wisata pantai, Indonesia juga kaya akan ragam wisata lain. Bisa dibilang, pariwisata Indonesia adalah paket lengkap. Indonesia menampilkan perpaduan pariwisata yang saling sinergis. Anda tak akan jemu untuk selalu menikmati wisata di Indonesia. Indonesia tak akan habis digali pariwisatanya.

4. Kuliner yang tak ada tandingannya

Masyarakat Indonesia memang terkenal jago meramu dan mengkolaborasikan aneka bumbu dan bahan masakan menjadi racikan makanan yang menggetarkan lidah. Bayangkan saja, ada buah-buahan yang ditata lalu dilumuri oleh sambal yang pedas. Anda lapar? Tinggal pilah dan pilih kudapan dari daerah Indonesia bagian mana yang akan Anda lahap. Nasi pun dapat dikombanisakan berbeda di masing-masing daerah Indonesia. Kekayaan kuliner Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Lagi-lagi, tak hanya secara tradisional namun kini kuliner Indonesia telah menjelma menjadi modern. Pengemasan kuliner Indonesia semakin menarik minat Anda untuk mencicipi. Generasi muda pun terlibat dalam penciptaan kuliner Indonesia.

5. Semuanya serba murah

Agaknya, bila dibandingkan dengan negara lain, Indonesia tergolong negara yang murah. Murah di sini maksudnya adalah biaya hidup yang harus dikeluarkan selama tinggal di Indonesia. Segala sesuatunya mudah didapatkan hanya dengan merogoh kocek tak begitu dalam. Diskon-diskon seringkali diadakan oleh pusat perbelanjaan. Pedagang tradisional bahkan telah menggunakan konsep diskon namun dengan cara yang berbeda. Pembelilah yang menawar harga hingga harga tersebut dapat menjadi lebih murah daripada harga semula. Sandang, pangan, dan papan di Indonesia bisa tercukupi dengan harga bersaing namun kualitas yang tak kalah dengan harga yang lebih mahal.

6. Mudah dijangkau

Jika Anda berniat mengunjungi daerah-daerah di Indonesia, maka Anda tak perlu takut mengalami kesulitan. Berbagai angkutan tersedia. Dari angkutan darat, laut, dan udara. Semuanya bisa mengangkut dan membawa kita menuju tempat tujuan. Semuanya tersedia dalam berbagai pilihan. Anda tinggal pilih untuk menyewanya secara pribadi, menaiki angkutan umum yang masal, atau menumpangi kendaraan pribadi Anda. Sekalipun Anda menjangkau tempat tersebut dengan jalan kaki, Anda tentu akan menemukan kepuasan tersendiri. Biro-biro travel pastinya akan sangat senang membantu Anda menyusuri setiap jengkal kearifan yang dimiliki Indonesia.

Bagi kalian yang warga Indonesia, jangan sekalipun tergerak untuk berpaling dari Indonesia. Justru tugas kita sebagai warga negara Indonesia adalah menggugah warga negara Indonesia yang lain untuk menyebarkan dan mendukung Indonesia kian memukau. Selamat menikmati Indonesia. Indonesia terbuka lebar bagi siapapun yang ingin berkiprah. (Shela Kusumaningtyas/mar)

Shela Kusumaningtyas adalah Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang dan pewarta warga yang bisa di lewat akun Twittee: @celcolcil dan email: kusumacel@gmail.com

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.