Sukses

Indonesia, Tempat dengan `Sejuta` Keindahan Alam

Salah satu alasan kenapa saya bangga tinggal di Indonesia karena keindahan alamnya yang tidak perlu disangsikan lagi.

Citizen6, Bandung: Jika ditanya tempat mana yang ingin dikunjungi, jawabannya mungkin beragam, tapi bagi saya cukup di Indonesia. Karena begitu banyak hal yang dapat digali di sini, di tanah air dengan negeri beribu pulau.

Suatu kebanggaan bisa tinggal di Indonesia. Inilah beberapa alasan mengapa Indonesia selalu menjadi pilihan:

1. Tempat kelahiranku dan tempat tumbuh kembang

Indonesia memberikan satu tempat untuk menghirup udara dan menjalankan aktivitas sejak saya dilahirkan dan bertumbuh kembang. Itulah alasan nyata mengapa saya harus mencintai Indonesia.

2. Tempat bekerja dan mencurahkan kebahagiaan dengan keluarga

Sebagai insan pekerja, rasanya bangga bisa bekerja di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di sini adalah tempat yang sangat cocok untuk mengerahkan tenaga serta pikiran. Hingga pada akhirnya tujuan hidup adalah untuk keluarga, yang sama-sama menikmati luasnya Indonesia untuk dijelajahi.

3. Tempat dengan sejuta keindahan alam

Keindahan alam Indonesia tidak perlu disangsikan. Berjuta keindahan, baik itu pantai, gunung, hutan, dan lautan dapat ditemukan di sini. Maka tidak salah jika Indonesia dijuluki Zamrud Khatulistiwa. Jika berbicara pengalaman tentang keindahan alam, Gili trawangan tidak kalah indahnya dengan Bali. Biru kehijauan warna lautnya sangat memanjakan mata yang haus akan pesona. Jadi, buat apa pergi ke luar negeri, karena kita pun punya pulau-pulau surga.

4. Budaya Indonesia mengagumkan dunia

Jika berbicara budaya Indonesia, sudah terlalu banyak penghargaan akan budaya Indonesia. Tak sedikit yang bangga akan budaya Indonesia. Batik, tari-tarian, alat musik tradisional adalah representasi kebanggaan dan kecintaan kita akan Indonesia. Bukan kita saja, masyarakat dunia pun sampai ada yang mencintainya. Sempat terenyuh, ketika melihat tayangan televisi menyaksikan orang luar negeri sedang belajar main gamelan, bermain angklung bahkan ada yang sampai mempelajari lagu daerah. Luar biasa.

5. Sifat kegotongroyongan dan kekeluargaan

Ini adalah yang telah mendarah daging pada jiwa-jiwa bangsa Indonesia. Sifat saling ingin membantu, gotong-royong adalah menjadi kebiasaan yang senantiasa kita saksikan di kehidupan sehari-hari. Makna ini sangat mendasar karena budaya ketimuran adalah ketika kita tunduk pada adat istiadat untuk menghargai dan membantu orang lain. Karena kekhasan inilah yang membuat Indonesia patut dicintai.

6. Indonesia adalah surga untuk menikmati makanan-makanan khas dan lezat

Tidak perlu diragukan lagi, Indonesia menyimpan berbagai makanan yang khas, lezat, dan penuh dengan berbagai makanan dengan cita rasa tinggi. Setiap daerah punya kekhasan makanan. Dari ujung barat hingga bagian timur Indonesia adalah gudang beribu makanan dengan keunikan tersendiri. Mulai dari Mie Aceh hingga Sop-sop khas Makasar adalah sebagian kecil makanan yang akan memanjakan lidah kita. Mungkin sulit kita temui di bagian belahan dunia lain. Ini yang akan membuat kita selalu rindu Indonesia dimanapun kita berada.

Tulisan ini, tidak akan cukup menggambarkan Indonesia dengan berbagai keindahannya. Jadi mengapa ragu, dan malu menjadi Warga Negara Indonesia. Indonesia luar biasa. (Mochamad Ridwan Satya Nurhakim/mar)

Mochamad Ridwan Satya Nurhakim adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini