Sukses

Mati Satu Tumbuh Seribu, Itulah Indonesia Ku

Ada banyak alasan kenapa kita harus mencintai Indonesia. Salah satunya adalah masyarakat Indonesia memiliki semangat yang tinggi.

Citizen6, Sulawesi Selatan: Berbicara tentang Indonesia merupakan suatu hal yang tidak ada habis-habisnya. Ibaratnya 'Mati Satu Tumbuh Seribu', itulah kata yang cocok apabila kita membahas negara yang sangat kita cintai ini.

Indonesia adalah tempatku dilahirkan serta tempat di mana saya mendapatkan banyak pengalaman. Di mana setiap harinya bertemu dengan ribuan bahkan jutaan manusia dengan berbagai latar belakang.

Walaupun demikian telah ditanamkan dalam benak pada semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Maksud dari semboyan tersebut adalah dari Sabang sampai Merauke tidak ada perbedaan dari setiap masyakat (perbedaan bukan segalanya), yang terpenting bagaimana kita membangun Indonesia secara bahu-membahu dan saling berpegangan tangan serta tidak mengutamakan keegoisan.

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan anugrah yang luar biasa kepadaku serta kepada tanah airku Indonesia dengan berbagai potensi.

Adapun 6 alasan aku cinta Indonesia antara lain sebagai berikut:

1. Kekayaan budaya, bahasa, suku, dan pulau

Mengambil sebuah lirik lagu "dari Sabang sampa Merauke berjajar pulau-pulau". Yah lirik tersebut menggambarkan keadaan indonesia. Indonesia kaya akan budaya, suku, bahasa, pulau yang mengelilinginya, dan gunung yang menjulang tinggi. Sehingga dapat dikatakan di dunia ini, negara Indonesia tidak ada yang tandingi oleh negara lain.

2. Semangat yang tinggi

Semangat yang tinggi selalu ditanamkan oleh masyarakatnya. Tidak ada kata menyerah dalam diri. Seperti lagu yang berjudul "Maju Tak Gentar". Demikianlah kata yang cocok untuk orang Indonesia. Contohnya: generasi muda dalam melakukan sebuah pertandingan, baik pertandingan sepak bola, bulutangkis maupun olimpiade yang lain. Walaupun jatuh berulang kali namun mereka tetap bangkit karena mereka yakin bendera merah putih akan berjaya di langit.

3. Kreatif

Karena banyaknya potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia maka dapat dikembangkan menjadi sebuah seni yang bernilai di mata dunia. Seperti angklung yang terbuat dari bambu dan masih banyak lagi.

4. Sifat persatuan

Sifat persatuan dari masyarakat Indonesia sangatlah kental karena dapat dibuktikan pada sebuah kehidupan pedesaan yang selalu mengutamakan kerjasama. Seperti halnya gotong-royong serta bermusyawarah merupakan suatu ciri khas yang dimiliki oleh negara Indonesia.

5. Persaudaraan

Adanya sifat persaudaraan merupakan faktor terpenting yang dimiliki oleh negara Indonesia karena dengan adanya hal tersebut tidak akan terjadi sekat-sekat pembatas antara 5 agama serta tidak ada perbedaan antara yang berkulit putih dan berkulit hitam. Dalam hal ini status sosial disamakan.

6. Banyak memiliki masalah

Selain kelebihan ada pula kekurangan yang dimiliki oleh Indonesia. kekurangan tersebut adalah Indonesia memiliki banyak permasalahan. Permasalahan yang mendominasi adalah sistem pemerintahan yang tidak baik. Seperti halnya dalam kasus korupsi. Walaupun demikian, saya tetap bangga menjadi warga negara Indonesia. Indonesia bisa! (Arsali Markaboshi/mar)

Arsali Markaboshi adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.