Sukses

Jatuh Cinta dengan Indonesia? Sudah Pasti

Indonesia, salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan populasi penduduk terbesar ketiga di dunia setelah India dan Cina.

Citizen6, Sumedang: Indonesia, salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan populasi penduduk terbesar ketiga di dunia setelah India dan Cina, Yaitu sekitar 250 juta jiwa.

Indonesia, salah satu negara demokrasi dengan lambang negaranya Burung Garuda dan bendera merah putih.  Merah artinya gagah berani dan putih itu suci.

Indonesia, dikenal juga dengan sebutan sebagai negara kepulauan, negara maritim, negara tropis, dan negara dengan letak pada posisi strategis. Layaknya sebuah negara, Indonesia akan berdiri dengan kokoh apabila warga negaranya memberikan dukungan dan setia walau bagaimanapun kondisi negaranya saat ini.

Selai itu, Indonesia juga sangat membutuhkan dukungan dari warga negaranya. Dukungan yang seperti apa? Dukungan untuk terus menjadi warga negara yang baik serta dukungan cinta kasih untuk negeri ini. Kecintaan warga negara Indonesia akan terus ada karena alasan-alasan yang membuat kita tak berhenti untuk mencintai negara ini.

Ada banyak alasan kenapa Indonesia harus dicintai dan didukung oleh warga negaranya. Ada 6 hal yang membuat negara ini layak dicintai dan terus diagungkan oleh warga negaranya sendiri. Keenam hal tersebut adalah:

1. Keanekaragaman Budaya

Indonesia memiliki sekitar 7.000 pulau yang terbentang luas dari Sabang-Merauke. Di Indonesia terdapat sekitar 1.340 suku bangsa menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010. Berarti di setiap pulau yang terdiri atas beberapa provinsi memiliki suku dan bahasa yang berbeda-beda. Sungguh sangat luar biasa keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Bayangkan saja, setiap suku memunyai adat istiadat tertentu, bahasa, makanan khas, pakaian, sampai rumah adat masing-masing, belum lagi lagu daerah. Akan tetapi, hal yang lebih luar biasa lagi adalah semua budaya tersebut dapat disatukan dengan satu bahasa, Bahasa Indonesia.

Walaupun berasal dari daerah dan menganut budaya masing-masing, masyarakat Indonesia tetap dapat saling berkomunikasi karena bahasa pemersatu ini. Apalagi hal tersebut didukung oleh semboyan negara, Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Keanekaragaman budaya di Indonesia tidak membuat bangsa ini terpecah belah karena banyak hal yang dapat mempersatukannya.

Keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu kekayaan budaya yang harus dan wajib terus dilestarikan. Karena jika bukan pemiliknya, siapa lagi yang akan melestarikannya? Budaya yang beragam membuat Indonesia menjadi sangat kaya dan menarik perhatian dunia internasional. Sungguh merupakan suatu anugerah. Karena itulah, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengan Indonesiaku ini?

2. Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA)

Indonesia negara yang memiliki SDA yang sangat kaya dan tanah yang subur.  Bahkan ada istilah, lempar benih apapun di tanah Indonesia maka akan tumbuh, luar biasa. Kekayaan SDA yang dimiliki Indonesia bukan hanya dibidang pertanian, perkebunan, perikanan tapi juga meliputi kekayaan tambang, seperti minyak bumi, gas alam, timah, emas, dan lainnya. Semua tersebar dari Sabang-Merauke.

Dari semua kekayaan SDA ini, masyarakat Indonesia dapat memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari dan juga untuk peningkatan perekonomian Indonesia.

Masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan semua kekayaan SDA ini untuk keperluan dan salah satunya juga untuk peningkatan perekonomian Indonesia. Kekayaan SDA Indonesia sangat luar biasa, melimpah apabila dibandingkan dengan negara lain. Sebut saja untuk kawasan Asia Tenggara, jelas Indonesia pemenangnya. Karena itulah, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengan Indonesiaku ini?  

3. Pesona Alam Indonesia

Kaya budaya, kaya SDA, dan sekarang kaya dengan panorama alam yang luar biasa, itulah Indonesia. Alam Indonesia, seperti pantai, laut, gunung, danau, tersebar di mana-mana dengan panorama indah, layaknya surga dunia. Warga negara Indonesia mana yang tidak mengenal Bali, Lombok, Raja Ampat atau Bunaken? Keindahan alam yang dimiliki daerah-daerah tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan turis asing pun mungkin sudah pernah berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Indonesia menjadi salah satu negara tujuan wisata karena pesona alam yang dimilikinya. Jelas sangat memberi keuntungan, salah satunya pemasukan devisa negara melalui pariwisata. Selain itu, keuntungan lain yang didapat adalah semakin dikenalnya Indonesia di dunia internasional karena alamnya yang mempesona. Karena itulah, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengan Indonesiaku ini?

4. Keanekaragaman Kuliner

Indonesia berkat SDA yang melimpah menjadi salah satu negara yang kaya akan sumber rempah-rempah dan sumber makanan. Karena itu, masakan Indonesia sangat beragam dan semuanya memiliki cita rasa enak untuk disantap. Makanan Indonesia yang beragam, baik makanan tradisional atau makanan modern membuat Indonesia terkenal dengan wisata kulinernya. Wisata alam dipadukan dengan wisata kuliner, jelas sangat menarik bukan?

Wisata kuliner menjadi salah satu ciri khas Indonesia, berkat makanan beragam jenis dengan paduan bumbu khas yang dimiliki. Orang Indonesia mana yang tidak mengenal rendang, soto, sate, gado-gado, lontong kari, nasi uduk atau pecel? Semua jenis makanan ini sungguh sangat menggugah selera. Bahkan rendang, makanan yang berasal dari Sumatera Barat, pernah dinobatkan sebagai makanan dengan cita rasa enak dari salah satu kuliner internasional.

Masyarakat Indonesia pun sangat kreatif untuk mengolah sumber bahan makanan dan bumbu rempah menjadi makanan enak, bahkan ada istilah makanan dengan resep turun-temurun. Jenis makanan yang beragam dengan cita rasa enak untuk disantap dimiliki oleh Indonesia dan tak perlu diragukan lagi. Karena itulah, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengan Indonesiaku ini?

5. Sifat Ramah Mayarakat Indonesia

Orang Indonesia dikenal dengan sifat ramah tamahnya. Senyum, sapa, dan salam identik dengan sikap orang Indonesia. Orang Indonesia terbuka dan mudah berinteraksi dengan siapa saja, baik orang yang datang dari daerah lain maupun orang asing. Keramahan yang dilakukan oleh orang Indonesia dikarenakan mereka ingin setiap pendatang yang baru memasuki wilayah mereka merasa nyaman selama berada di tempat tersebut.

Keramahtamahan yang dimiliki oleh orang Indonesia menjadi andalan negara ini untuk bidang pariwisata. Sikap ramah orang Indonesia menjadi hal positif yang disukai oleh orang asing, karena mereka merasa sangat diterima di Indonesia, misalnya ketika berlibur untuk menikmati panorama alam Indonesia. Sangat tidak salah memiliki sifat ramah karena akan membuat orang lain merasa nyaman berinteraksi dan menjadi alasan untuk betah apabila sedang mengunjungi daerah yang ada di Indonesia. Karena itulah, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengan Indonesiaku ini?

6. Sejarah Bangsa Indonesia dan Perjuangan Pahlawan Indonesia

Alasan keenam ini menjadi hal penting menurut saya sebagai alasan mengapa jatuh cinta dengan negara ini. Sejarah bangsa Indonesia ketika memperjuangkan dan merebut kemerdekaan, sangat luar biasa. Bagaimana tidak? Para pahlawan kita dari Sabang sampai Merauke bersama-sama dengan pekik semangat merdeka dan menggunakan bambu runcing berjuang untuk mengusir para penjajah.

Mengusir negara-negara asing yang ingin menguasai wilayah Indonesia dan memperbudak masyarakatnya. Kegigihan dan semangat juang yang mereka lakukan di medan tempur atau di meja perundingan sungguh sangat layak menerima apresiasi dari kita. Karena pengorbanan mereka yang luar biasa, sekarang kita dapat menikmati SDA, pesona alam, kuliner, dan hal lainnya. Jelas sangat tidak mungkin dapat kita rasakan apabila negara ini masih di bawah kekuasaan negara penjajah.

Para pahlawan telah menggoreskan sejarah Indonesia dengan panjang yang dapat dipelajari dan dijadikan pengalaman nasional sekarang ini. Setuju dengan apa yang dikatakan oleh Sang Proklamator kita, Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah bangsanya dan menghargai jasa para pahlawannya.

Kemerdekaan yang diraih dengan perjuangan sampai titik darah penghabisan, sangat luar biasa dan mengagumkan. Sangat berbeda dari negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura bahkan India yang menerima kemerdekaan tanpa perjuangan dan menjadi bagian dari persemakmuran Inggris. Dengan kata lain, masih di bawah bayang-bayang negara yang menjajahnya.

Sejarah bangsa Indonesia telah digoreskan dan menjadi catatan nasional yang menarik, menimbulkan kekaguman, dan ucapan syukur atas gigihnya semangat juang para pahlawan tersebut. Sehingga saya, Anda, Kita dapat menikmati kebebasan sekarang ini. Karena itulah, bagaimana saya tidak jatuh cinta dengan Indonesiaku ini?

Enam alasan ini bahkan masih ada banyak alasan lainnya yang tetap membuat saya jatuh cinta dengan Indonesia. Indonesia negara tempat saya lahir dan dibesarkan, tempat saya memakai dan menikmati semua fasilitas dan kekayaan negara sampai sekarang ini. Terlepas dari kekurangan dan hal-hal negatif yang sedang menimpa Indonesia, masih banyak hal positif lainnya yang akan membuat kita semakin cinta, cinta, dan cinta dengan negeri ini.

Masih banyak hal positif lainnya yang dapat kita berikan untuk Indonesia, misalnya menjadi warga negara yang baik, mematuhi semua aturan sebagai warga negara, dan ikut memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa ini.

Seperti yang diungkapkan oleh mantan Presiden Amerika, John F. Kennedy, "Jangan tanyakan apa yang negara harus berikan kepadamu tapi tanyakanlah apa yang telah kau berikan kepada negara."

Pernyataan yang menarik dan memang sudah sepatutnya sebagai warga negara memberikan sesuatu untuk negaranya, karena negara sudah memberikan sangat banyak. Berbuat sesuatulah untuk Indonesia dengan jiwa nasionalis yang akan membuat saya, Anda, kita semakin mencintai dan mencintai Indonesia, sebagai tanah air, tanah tumpah darah kita. (Odelia Sinaga/mar)

Odelia Sinaga adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini