Sukses

Camilan Belalang Goreng Gunungkidul yang Nikmat

Warga Gunungkidul menggunakan belalang goreng sebagai lauk. Sangat nikmat jika dipadu dengan nasi tiwul, ditambah sambal dan lalapan.

Citizen6, Yogyakarta: Gunungkidul, merupakan salah satu kabupaten di Daerah IStimewa Yogyakarta dan selama ini dikenal tandus serta daerah yang sulit untuk mendapatkan air. Tapi itu dulu, saat ini berbagai proyek pengangkatan air dari sumber bawah tanah sudah dilakukan.

Bagaimana dengan oleh-oleh khasnya? Ada banyak oleh-oleh dari daerah saya ini. Makanan dari singkong seperti tiwul dan gatot sangat populer bagi para pelancong yang mampir di Gunungkidul. Namun, saya ingin cerita tentang oleh-oleh lain yang terbilang "ekstrim", yaitu belalang goreng dan bacem.

Belalang Goreng dan Bacem

Belalang merupakan binatang yang hidup musiman. Populasinya banyak ketika musim hujan. Biasanya warga menangkat belalang dengan cara di lem atau pancing terbang dari tempatnya lalu dikejar bersama-sama. Cara kedua ini sangat populer ketika musim hujan, yang juga sekaligus sebagai hiburan bagi rakyat.

Belalang yang sudah matang tidak sulit untuk mendapatkannya. Belalang matang ini dijual di toko-toko sepanjang jalan di kota Wonosari. Ada dua ukuran pengepakannya. Ukuran besar dijual dengan harga Rp 35 ribu, sedangkan yang kecil seharga Rp 15 ribu.

Sebagai lauk atau camilan

Warga Gunungkidul menggunakan belalang goreng sebagai lauk. Sangat nikmat jika dipadu dengan nasi tiwul atau juga bisa dengan nasi putih, ditambah sambal dan lalapan. Selain itu, belalang goreng juga bisa dijadikan camilan sambil minum teh. Pada musimnya, belalalang mentah sangat mudah didapatkan dengan harga yang cukup mahal. Belalang juga berkontribusi pada kegiatan ekonomi di Gunungkidul. (Purwoko/Mar)

Purwoko adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.