Sukses

6 Fakta Helikopter Bell 212 yang Menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Berikut beberapa fakta terkait helikopter Bell 212 yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi yang kemudian kecelakaan

Liputan6.com, Jakarta Helikopter yang jatuh di Iran pada hari Minggu, menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negeri Iran dalam kabut pegunungan, adalah model Bell 212, demikian media pemerintah Iran melaporkan.

Versi sipil dari UH-1N "Twin Huey" era Perang Vietnam, helikopter tersebut digunakan secara luas secara global oleh pemerintah dan operator swasta. Berikut beberapa fakta terkait helikopter yang dinaiki Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya yang kemudian jatuh dan menyebabkan para penumpang tewas. Dihimpun dari Reuters, ini dia.

Bagaimana asal-usul helikopter tersebut?

Bell Helicopter (sekarang Bell Textron, sebuah divisi dari Textron Inc (TXT.N)) mengembangkan pesawat untuk militer Kanada pada akhir 1960-an sebagai peningkatan dari UH-1 Iroquois yang asli. Desain baru ini menggunakan dua mesin turboshaft, bukan satu, sehingga memberikan daya dukung yang lebih besar. Helikopter ini diperkenalkan pada tahun 1971 dan dengan cepat diadopsi oleh Amerika Serikat dan Kanada, menurut dokumen pelatihan militer AS.

Apa kegunaan helikopter tersebut?

Sebagai helikopter utilitas – UH dalam sebutan militer mewakili kata-kata tersebut – Bell 212 dimaksudkan agar dapat beradaptasi dengan segala macam situasi, termasuk membawa orang, mengerahkan peralatan pemadam kebakaran udara, mengangkut kargo dan memasang senjata.

Model Iran yang jatuh pada hari Minggu dikonfigurasi untuk mengangkut penumpang pemerintah. Bell Helicopter mengiklankan versi terbaru, Subaru Bell 412, untuk penggunaan polisi, transportasi medis, transportasi pasukan, industri energi, dan pemadam kebakaran. Menurut dokumen sertifikasi jenisnya dengan Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa, pesawat ini dapat membawa 15 orang, termasuk awaknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Organisasi mana yang dapat menerbangkan helikopter tersebut?

Organisasi non-militer yang menerbangkan Bell 212 termasuk Penjaga Pantai Jepang; lembaga penegak hukum dan pemadam kebakaran di Amerika Serikat; polisi nasional Thailand; dan banyak lagi. Tidak jelas berapa banyak pemerintahan Iran yang beroperasi, tetapi angkatan udara dan angkatan lautnya berjumlah 10, menurut direktori Angkatan Udara Dunia 2024 FlightGlobal.

Iran adalah pembeli utama helikopter Bell dan Agusta di bawah pemerintahan Shah, dan menjadi kekuatan helikopter militer terbesar di Timur Tengah, menurut laporan Barat.

Armada Iran saat ini mencakup versi angkatan laut buatan Italia, Agusta Bell AB-212, menurut IISS.Asal muasal helikopter yang terlibat dalam kecelakaan itu belum dapat dikonfirmasi, namun sumber di Iran mengatakan bahwa helikopter tersebut terkait dengan Masyarakat Bulan Sabit Merah Republik Islam. Para ahli mengatakan beberapa rincian yang tersedia menunjukkan bahwa usianya mungkin 40 hingga 50 tahun.

 

3 dari 4 halaman

Apakah ada insiden lain terkait Bell 212?

Kecelakaan fatal terbaru dari Bell 212 terjadi pada September 2023, ketika sebuah pesawat milik swasta jatuh di lepas pantai Uni Emirat Arab, menurut Flight Safety Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada keselamatan penerbangan.

Kecelakaan terbaru di Iran terjadi pada tahun 2018, menewaskan empat orang, menurut database organisasi tersebut. Pada tahun 2015, database yang sama mengutip laporan bahwa sebuah helikopter yang diyakini sebagai AB-212 jatuh di dekat Kashan, menewaskan tiga orang.

 

Bagaimana kondisi armada penerbangan Iran?

Iran tetap mempertahankan armada penerbangan sipil dan militernya selama isolasi sejak revolusi tahun 1979 melalui kombinasi penyelundupan suku cadang dan rekayasa balik, menurut analis Barat dan orang-orang yang berbicara tentang perdagangan tersebut setelah perjanjian nuklir yang kemudian ditinggalkan oleh Washington.

Perusahaan layanan dan renovasi helikopter milik negara, yang dikenal sebagai PANHA, telah menampilkan model-model dalam negeri yang menurut para analis Barat didasarkan pada pesawat Bell yang direkayasa ulang, meskipun 212 bukan salah satu model yang dikatakan terlibat.

“Iran mempunyai reputasi atas kompetensi teknis yang kuat dalam hal penerbangan,” kata analis Cirium Ascend, Paul Hayes.

 

4 dari 4 halaman

Apakah ada investigasi terhadap kecelakaan tersebut?

Sebagai penerbangan negara domestik, kecelakaan tersebut tidak secara otomatis termasuk dalam aturan global untuk penyelidikan kecelakaan udara.Analis Timur Tengah dan keselamatan penerbangan mengatakan kecil kemungkinan Iran akan meminta bantuan dari luar untuk mengatasi masalah sensitif politik di wilayahnya sendiri.

Iran mengirimkan kotak hitam ke Prancis setelah jatuhnya sebuah pesawat Ukraina pada tahun 2020, namun peran BEA Prancis terbatas pada membaca rekaman dan bukan melakukan investigasi atau analisis.

"Saya ragu apakah akan ada penyelidikan," kata Hayes, mengingat sensitifnya masalah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.