Sukses

4 Gerakan Peregangan Terbaik untuk Sakit Punggung, Bisa Dicoba di Mana Saja

Berikut ini beberapa gerakan peregangan yang baik untuk sakit punggung

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita akan menderita sakit punggung pada suatu saat. Salah satu penyebab utama kondisi ini adalah gaya hidup modern yang terlalu banyak duduk sehingga kurang bergerak.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah timbulnya nyeri punggung adalah dengan menjaga kebiasaan bergerak, cukup dengan meregangkan punggung dari sisi ke sisi dan memutar dari pinggang dapat membantu. Melakukan rutinitas pergerakan adalah cara yang baik untuk tetap sehat.

Ada latihan dan peregangan khusus yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi nyeri punggung bawah. Namun hentikan jika rasa sakit Anda semakin parah dan temui dokter umum untuk meminta nasihat.

Hampir semua latihan yang memperkuat otot perut dan punggung bawah akan membantu - tetapi kuncinya adalah melakukan setiap latihan dengan postur yang baik dan core yang kencang untuk memperkuat kebiasaan baik dan meningkatkan efektivitas setiap gerakan.

Berikut empat latihan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan punggung seperti dihimpun dari Mirror.

1. Arch hold

Mulailah dengan posisi tiduran di perut dengan kaki lurus dan lengan diluruskan ke atas. Angkat kaki dan dada Anda untuk membuat bentuk melengkung dengan tubuh Anda.

Tahanlah dan rentangkan bisep Anda di dekat telinga Anda. Kencangkan pantat Anda untuk menciptakan kekuatan dan ketegangan di sepanjang tubuh bagian belakang. Tahan posisi ini selama 30 detik, istirahat lalu ulangi 2–3 kali lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Swimmer kicks

Dari posisi di atas, mulailah membuat “tendangan” kecil dengan lengan (ke depan, sejajar dengan tanah) dan kaki (ke belakang dan sejajar dengan tanah). Latihan-latihan ini menambah gerakan dinamis pada posisi lengkung. Selesaikan 50 repetisi gerakan ini. Ini juga merupakan latihan otot bokong yang bagus.

3. Forearm plank

Dari posisi push-up, atau posisi plank, turunkan ke lengan bawah Anda. Dorong lengan bawah Anda ke lantai saat Anda menarik pusar ke arah tulang belakang. Libatkan kaki Anda dan kencangkan pantat Anda. Tahan posisi ini selama satu menit, istirahat, lalu ulangi dua kali lagi.

4. Bird dog

Dari posisi push-up dengan tangan di bawah bahu dan kaki Anda kuat serta kencang, rentangkan lengan kanan ke depan saat Anda mengangkat kaki kiri dari lantai.

Kembali ke plank lalu rentangkan lengan kiri ke depan dan angkat kaki kanan ke atas. Kembali ke plank. Terus bergantian bolak-balik antar sisi selama satu menit. Istirahat, lalu ulangi dua kali lagi.

3 dari 4 halaman

Latihan Kardio dan Angkat Beban, Mana yang Sebaiknya Lebih Dulu Dilakukan?

Latihan kardio dan angkat beban merupakan komponen utama dalam program fitnes apa pun, baik untuk menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, atau unggul dalam kompetisi atletik. Tapi apakah baik untuk menggabungkan keduanya dalam satu sesi olahraga? Berikut ialah jawabannya.

Bagi banyak orang, apakah Anda melakukan latihan kekuatan dan kardio dalam satu sesi, sesi yang berbeda pada hari yang sama, atau pada hari yang berbeda dalam seminggu tidaklah begitu penting.

Yang terpenting adalah memiliki rutinitas yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Jika Anda dapat menemukan pola latihan yang dapat Anda lakukan secara konsisten, Anda akan lebih sukses daripada orang yang terus mencoba dan gagal mencapai apa yang dianggap sebagai "optimal".

Namun, berikut adalah beberapa tips umum mengenai hal tersebut:

· Jika Anda mencoba untuk maksimal dalam satu jenis olahraga, latihan yang Anda anggap paling penting harus mendapatkan waktu khusus untuk melakukannya.

· Latihan kekuatan dan kardio dapat sedikit mengganggu satu sama lain jika Anda melakukannya dalam sesi yang sama. Jika Anda memiliki anggaran waktu untuk dua kali latihan dalam sehari, Anda mungkin ingin melakukan satu latihan di pagi hari dan latihan lainnya di malam hari, daripada mencoba melakukan keduanya dalam waktu yang bersamaan.

· Jika Anda bercita-cita menjadi ahli dalam jenis kebugaran yang menggabungkan kekuatan dan kardio, seperti Crossfit atau olahraga tim lainnya, maka mengombinasikan keduanya adalah hal yang wajar. Meskipun demikian, Anda mungkin tetap ingin melakukan sesi latihan angkat beban atau kardio yang lebih terfokus secara berkala.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

7 Resep Jus yang Bisa Bikin Rambut Panjang dan Sehat, Mudah Dibuat di Rumah

Memiliki rambut sehat dan indah merupakan impian semua orang, terutama perempuan yang gemar memiliki rambut panjang. Untuk itu, seseorang perlu melakukan serangkaian perawatan untuk rambut mereka.

Selain perawatan rambut dari luar, kunci penting memiliki rambut yang panjang dan sehat juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan yang sehat pula. Terutama makanan yang memang memiliki pengaruh kepada rambut seperti berbagai buah dan sayuran.

Tidak harus diolah menjadi masakan, buah dan sayur juga bisa diubah menjadi segelas jus yang enak dan menyehatkan. Jus untuk rambut ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membuat rambut kamu menjadi lebih kuat, berkilau, dan indah.

Jus dapat bermanfaat bagi rambut sebab bisa menjadi pasokan nutrisi, menghidrasi, memiliki sifat antioksidan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan kulit kepala, memproduksi kolagen, serta mencegah rambut rontok.

Berikut 7 resep jus yang bisa membantu menjadi rambut lebih panjang dan sehat.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.