Sukses

Cara Cepat Rebus Daun Singkong Agar Empuk dan Tetap Hijau Tanpa Direndam Air Es

Jika direbus dengan tiga bahan ini, daun singkong dijamin cepat empuk dan tetap hijau. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain lezat, daun singkong juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan seperti menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan hingga membantu mengurangi rematik.

Daun singkong kerap kali dijadikan pelengkap berbagai masakan seperti lalapan atau gulai agar semakin nikmat. Namun apapun olahannya, daun singkong harus direbus terlebih dahulu agar bisa dikonsumsi.

Jika direbus dengan tepat, daun singkong akan sangat empuk dan berwarna hijau cantik sehingga akan semakin lezat. Meski demikian, beberapa orang masih gagal dalam merebus daun singkong karena beberapa alasan, sehingga hasilnya tidak sesuai harapan.

Padahal, merebus daun singkong tidak begitu sulit, seperti yang dilakukan oleh warganet TikTok @nafiiis.22. Dalam tutorial yang dibagikan, ia hanya menggunakan tiga bahan dapur saja agar daun singkong tetap hijau dan empuk.

Jadi, bahan apa saja yang ia gunakan? Cari tahu jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Senin (06/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Air Sampai Mendidih

Siapkan panci rebus, lalu tuang air ke dalam panci dengan takaran yang kira-kira cukup untuk merendam daun singkong. Nyalakan kompor untuk direbus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, jangan matikan kompor dan lakukan langkah berikutnya.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Minyak dan Garam

Tambahkan sekitar satu sendok makan minyak goreng dan sedikit garam ke dalam rebusan yang sudah mendidih. Garam di sini berfungsi agar daun singkong yang direbus nanti bisa cepat matang.

4 dari 11 halaman

Tambahkan Baking Soda

Bahan ketiga yang perlu ditambahkan adalah setengah sendok teh baking soda. Baking soda sendiri berfungsi dalam mempertahankan senyawa klorofil pada sayuran, sehingga daun singkong akan tetap hijau.

Jika baking soda sudah dimasukkan, aduk-aduk rebusan agar ketiga bahan tadi tercampur merata.

5 dari 11 halaman

Rebus Daun SIngkong

Masukkan daun singkong yang sudah dicuci bersih ke dalam rebusan, lalu aduk hingga merata. Tunggu dan biarkan daun singkong direbus selama tiga sampai lima menit.

Setelah lima menit, matikan kompor lalu angkat dan tiriskan daun singkong. Sekarang daun singkong sudah empuk dan tetap hijau sehingga siap untuk diolah jadi hidangan yang lezat

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daun Singkong

7 dari 11 halaman

Bagaimana Merebus Daun Singkong?

Letakkan dahulu daun singkong yang sudah lebih tua ke dalam panci. Taruhlah sendok di atasnya, pastikan benar-benar tenggelam di dalam air. Rebus selama sekitar 5 menit. Kemudian, tambahkan daun singkong yang masih muda dan letakkan lagi sendok dengan posisi terbalik.

8 dari 11 halaman

Kenapa Daun Singkong Harus Direbus Dulu?

Cara menjaga agar daun singkong tetap enak adalah dengan merebusnya agar tidak terasa pahit. Selain itu, daun singkong juga mengandung zat asam sianida yang berbahaya sehingga harus direbus sebelum dikonsumsi.

9 dari 11 halaman

Apa Manfaat Air Rebusan Daun Singkong?

Rebusan daun singkong memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi infeksi dengan efektif.

10 dari 11 halaman

Mengapa Lebih Baik Menambahkan Garam Saat Merebus Daun Singkong?

Setelah meletakkan daun singkong ke dalam panci berisi air mendidih, campurkan satu sendok makan garam dan satu sendok makan soda kue ke dalamnya. Kedua bahan ini bertujuan untuk mempercepat proses empuknya daun singkong serta menghilangkan rasa pahitnya.

11 dari 11 halaman

Bolehkah Daun Singkong Disimpan di Kulkas?

Daun singkong yang telah direbus dapat dijadikan stok dalam kulkas, menghindari keharusan merebusnya setiap kali mau dimakan. Dengan disimpan di dalam kulkas, daun singkong rebus dapat bertahan berbulan-bulan, asalkan metode penyimpanannya tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini