Sukses

Tanpa Baking Soda, Ini Cara Cepat Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Empuk

Daun singkong kini bisa direbus tanpa baking soda dan warnanya tetap hijau. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang sering makan masakan padang, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun singkong. Biasanya daun singkong juga disajikan dengan sayuran lain seperti lengkuas.

Salah satu cara untuk mengolah daun singkong agar tetap nikmat adalah dengan direbus supaya tidak pahit. Tak hanya itu, daun singkong juga mengandung asam sianida yang beracun sehingga harus direbus terlebih dahulu.

Meski begitu, merebus daun singkong ternyata membutuhkan waktu yang sangat lama, yakni bisa mencapai setengah jam agar bisa empuk. Selain itu, agar warna daun singkong tetap hijau juga memerlukan bahan khusus seperti soda kue.

Namun jangan khawatir, karena salah satu kanal YouTube bernama Nak Kusuka telah membagikan cara merebus daun singkong dengan cepat serta tetap hijau dan empuk.

Penasaran cara dan bahan apa yang digunakan? Dirangkum pada Rabu (27/03/2024), berikut adalah langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Cuci Daun Singkong

Siapkan daun singkong yang masih muda yang terletak pada bagian ujung batang. Petik daun singkong yang masih muda satu per satu lalu sisihkan dalam baskom. Setelah itu, cuci daun singkong dengan air mengalir.

3 dari 10 halaman

Rebus Daun Singkong

Pertama-tama, rebus air terlebih dahulu sampai mendidih agar daun singkong bisa empuk. Jika sudah mendidih, tambahkan 2 sdm garam dan minyak sayur. Garam sendiri berfungsi untuk meningkatkan titik didih rebusan.

Sesudah itu, masukkan daun singkong muda yang sudah dipotong-potong ke dalam rebusan. Jangan tutup panci saat merebus agar daun singkong bisa tetap hijau. Bolak-balik daun singkong agar semua bagian terkena air rebusan.

4 dari 10 halaman

Angkat dan Tiriskan

Jika daun singkong sudah agak layu dan matang, matikan kompor lalu angkat dan tiriskan. Daun singkong bisa disiram air dingin lagi. Namun jika ingin langsung dimakan, cukup biarkan saja sampai dingin.

5 dari 10 halaman

Daun SIngkong Tetap Hijau

Jika sudah lumayan dingin, daun singkong bisa langsung dipindahkan ke atas piring untuk disajikan. Bisa dilihat, warna daun singkong tetap hijau pekat dan tidak berubah secara signifikan.

6 dari 10 halaman

Apakah Merebus Daun Singkong Bisa Pakai Baking Powder?

Untuk menjaga warna hijau cerah daun singkong saat direbus, diperlukan tambahan bahan dapur lain, yaitu baking powder. Baking powder berfungsi sebagai penjaga warna hijau cerah pada daun singkong yang direbus.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Merebus Daun Singkong?

Banyak orang mengalami kesulitan saat merebus daun singkong karena teksturnya yang keras. Untuk mendapatkan hasil yang empuk, diperlukan metode yang tepat dalam merebus singkong. Jika menggunakan panci standar, waktu yang dibutuhkan untuk merebusnya adalah minimal 30 menit.

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan?

Terdapat beberapa manfaat dari daun singkong. Salah satunya adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah diare. Selain itu, daun singkong juga bermanfaat bagi ibu hamil serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuannya dalam mengatasi radang sendi dan meningkatkan kekuatan tulang juga tak bisa diabaikan. Selain itu, daun singkong juga berperan dalam mengontrol berat badan dan mencegah infeksi bakteri.

9 dari 10 halaman

Kenapa Daun Singkong Harus Direbus Dulu?

Setelah dipilah serta dicuci, daun singkong cukup direbus dalam air yang mendidih. Air yang direbus ini akan menyebabkan daun singkong menjadi layu dan lebih lunak.

10 dari 10 halaman

Apakah Daun Singkong Bisa Disimpan di Kulkas?

Daun singkong yang direbus bisa dijadikan stok di kulkas, sehingga tidak perlu merebusnya setiap kali ingin makan. Penyimpanan yang tepat membuat daun singkong rebus bisa awet berbulan-bulan meskipun disimpan di dalam kulkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini