Sukses

Bukan Pakai Oli Bekas, Begini Cara Mudah Hilangkan Noda Retak pada Speedometer

Kebanyakan orang membersihkan noda retak di speedometer menggunakan oli. Namun ternyata, satu bahan dapur ini bisa dijadikan pengganti oli untuk mengatasi masalah noda retak apda speedometer. Yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Mika Speedometer yang buram dan retak-retak seringkali mengganggu perjalanan. Pasalnya, beberapa tanda penting yang ada di speedometer jadi tidak terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, masalah ini tentu tidak bisa dibiarkan lama-lama.

Jika biasanya oli jadi bahan pembersih speedometer yang banyak dipilih, minyak goreng nyatanya bisa jadi gantinya. Minyak goreng tak kalah ampuh membersihkan noda retak dan buram pada speedometer motor. 

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah membersihkan speedometer menggunakan minyak goreng, dirangkum dari akun TikTok @arman_tm pada Kamis (2/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Adapun bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Minyak goreng
  • 1 sachet sampo
  • Mangkuk kecil
  • Sikat gigi
3 dari 11 halaman

2. Larutkan Bahan-bahan Pembersih

Tuang sampo ke dalam mangkuk. Lalu tambahkan minyak. Selanjutnya, aduk hingga kedua bahan larut dan bercampur dengan sempurna. 

4 dari 11 halaman

3. Oleskan Larutan Pembersih ke Permukaan Speedometer

Langkah selanjutnya, oleskan campuran pembersih tadi ke permukaan speedometer. Gosok perlahan dengan sikat gigi, dan diamkan beberapa saat hingga mengering.

5 dari 11 halaman

4. Lap Permukaan Speedometer dengan

Cairan pembersih yang mengering di mika speedometer bisa dibersihkan dengan lap basah. Noda retak pada kaca speedometer pun hilang dan terlihat lebih bersih.

6 dari 11 halaman

5. Penyebab Noda Retak pada Speedometer

Selain disebabkan oleh debu dan polusi, noda retak yang muncul di permukaan mika speedometer motor, biasanya disebabkan oleh paparan panas matahari. Panas yang langsung mengenai permukaan mika akan membuatnya memuai. Sehingga, mika yang bereaksi terhadap paparan panas matahari akan mengkerut dan membentuk garis-garis seperti retak di permukaan speedometer. 

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Speedometer Motor

8 dari 11 halaman

Apa Penyebab Speedometer Sepeda Motor Rusak?

Ada dua faktor yang menyebabkan masalah: korosi dan putusnya koneksi saat melepaskan LCD pada motor.

9 dari 11 halaman

Apakah Speedometer Sunburn Bisa Diperbaiki?

Memperbaiki speedometer digital yang terbakar matahari harus dilakukan, tetapi tidaklah sederhana. Alternatif lain adalah menggantinya dengan yang segar. Namun, tentu saja hal itu tidak akan murah.

10 dari 11 halaman

Apa Itu Sunburn Speedometer?

Sunburn pada speedometer diinterpretasikan sebagai alat pengukur kecepatan pada sepeda motor yang terpapar sinar matahari.

11 dari 11 halaman

Apakah Odol Bisa Menghilangkan Goresan pada Motor?

Walaupun laman produsen motor menyediakan panduan untuk menghilangkan goresan dengan odol, sebaiknya odol hanya dijadikan pilihan kedua. Lebih baik menggunakan compound dan wax untuk mengatasi goresan jika memungkinkan. Compound dalam bentuk odol juga telah tersedia di pasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.