Sukses

Apakah Ada Sabun Batang untuk Kulit Kering? Jangan Sampai Salah Pilih Produk

Penggunaan sabun yang tepat menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik kulit kering. Namun, adakah sabun batang khusus untuk kulit kering? Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering merupakan masalah umum yang sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti gatal, kencang, atau bahkan pecah-pecah. Kondisi ini bisa diperparah oleh penggunaan sabun batang yang tidak tepat, yang dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya semakin kering. 

Oleh karena itu, memilih sabun batang khusus untuk kulit kering menjadi langkah penting dalam perawatan kulit sehari-hari. Namun, banyak orang mungkin masih bertanya-tanya, apakah benar ada sabun batang yang diformulasikan khusus untuk kulit kering? 

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya perawatan kulit, banyak produsen kini menawarkan sabun batang dengan bahan-bahan yang dirancang khusus untuk menjaga kelembaban kulit.

Untuk mengetahui lanjut tentang penggunaan sabun batang dan cara memilihnya, simak artikel di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (20/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Apakah Ada Sabun Batang yang Dapat Mengatasi Kulit Kering?

Salah satu alasan mengapa sabun mandi batang cukup populer adalah karena harganya yang ekonomis. Tersedia juga dalam berbagai jenis, mulai dari yang beraroma segar hingga yang memiliki kandungan pelembab untuk kulit.

Kulit kering pada dasarnya kekurangan pelindung yang menjaga kelembaban, sehingga lebih rentan terhadap ruam dan rasa gatal. Kulit kering bisa disebabkan oleh faktor genetika, seperti penuaan. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kulit kering, di antaranya:

  • Faktor lingkungan dan cuaca, misalnya sering berada di ruangan ber-AC yang memiliki kelembaban rendah.
  • Gaya hidup, seperti kurangnya asupan air putih yang menyebabkan kulit kurang terhidrasi.
  • Mandi terlalu lama dengan air hangat atau terlalu panas.
  • Pemilihan produk perawatan tubuh dan wajah yang tidak tepat, termasuk sabun mandi.

Lalu, kondisi seperti apa yang bisa disebut sebagai kulit kering? Beberapa ciri kulit kering meliputi:

  • Kulit terasa kering atau kasar saat diraba, atau bahkan keduanya.
  • Setelah mandi, tubuh dan wajah terasa tidak nyaman, seperti kulit tertarik, kaku, bersisik, dan lain-lain.
  • Kulit kusam, beberapa area terkelupas, pecah-pecah, atau berkerak.

Beragamnya penyebab dan tipe kulit kering membuat pemilihan produk perawatan kulit harus dilakukan dengan hati-hati. Ini juga berlaku dalam memilih sabun mandi batang. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan lebih detail tentang pemilihan sabun mandi yang cocok untuk kulit kering.

3 dari 12 halaman

Cara Memilih Sabun Batang untuk Kulit Kering

Terdapat banyak sabun mandi batang untuk kulit kering yang tersedia di pasaran. Namun, bukan berarti bisa memilih sabun tersebut secara sembarangan. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih sabun mandi, antara lain:

4 dari 12 halaman

1. Utamakan Sabun yang Mengandung Bahan-bahan Alami

Produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak dan menimbulkan berbagai masalah kulit akibat pori-pori yang tersumbat, seperti jerawat dan komedo. 

Sebaliknya, jika produksi sebum terlalu rendah, kulit bisa menjadi kering, kasar, dan bersisik. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kandungan dalam sabun yang dipilih.

Saat memilih sabun mandi batang untuk kulit kering, pertimbangkan bahan-bahan alami. Pilih sabun yang mengandung lipid alami, gliserin, vitamin E, atau vitamin B5. Jika memungkinkan, pilihlah produk dengan bahan organik. Beberapa bahan alami yang cocok untuk kulit kering termasuk:

  • Minyak zaitun yang kaya akan antioksidan dan asam lemak, sangat baik untuk kulit kering karena memiliki efek menenangkan. 
  • Jojoba oil juga memberikan efek serupa. 
  • Untuk kulit yang meradang dan kemerahan, sabun dengan kandungan minyak almond manis sangat dianjurkan.
  • Cocoa butter dapat membantu menjaga kelembaban, memberi nutrisi, dan membuat kulit lebih kenyal. 
  • Shea butter juga efektif untuk melembabkan kulit.
  • Aloe vera atau lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang dapat menguatkan pelindung kulit dan membuatnya lebih lembab.

Meskipun sabun dengan pelembab alami sangat dianjurkan, hindarilah produk yang mengandung wewangian intens, karena bisa menyebabkan alergi pada kulit yang sensitif.

5 dari 12 halaman

2. Pilih Sabun yang Mengandung Bahan Pelembab

Selain memilih sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami, hal penting lainnya adalah memilih sabun yang mengandung bahan pelembab. Kulit kering sangat membutuhkan bahan-bahan yang dapat melembabkan dan menjaga kelembaban kulit. Beberapa bahan pelembab yang biasa digunakan dalam sabun mandi meliputi:

  • Gliserin atau gliserol, yang berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Asam hialuronat, yang bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban kulit.
  • Minyak argan atau minyak kelapa murni, yang berperan sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan menjaga kelembaban kulit.
  • Ceramide, yang berguna untuk menjaga lapisan pelindung kulit.
6 dari 12 halaman

3. Hindari Sabun yang Mengandung Bahan Penyebab Iritasi Kulit

Selanjutnya, pastikan bahan pelembab yang dipilih tidak menimbulkan iritasi pada kulit kering. Sebaiknya hindari beberapa bahan pewarna sintetis seperti Blue 1, Red 33, Yellow 5, dan titanium dioxide karena dapat membahayakan lapisan dermis kulit. Selain itu juga hindari alkohol, paraben, asam salisilat, dan bahan aditif lainnya karena dapat membuat kulit semakin kering.

Meskipun memiliki aroma yang menarik, parfum sintetis bisa membuat kulit lebih kering dan dalam beberapa kasus, menyebabkan alergi dan sensitivitas kulit. Sebagai alternatif, pilihlah sabun yang mengandung minyak esensial organik.

Bahan lain yang perlu dihindari yaitu SLS. SLS adalah detergen yang berfungsi sebagai bahan pembersih dan surfaktan. Namun, karena merupakan surfaktan sintetis, SLS tidak cocok untuk kulit kering. Tingkat pembersihan yang tinggi dapat menghilangkan sebum alami kulit, membuatnya semakin kering.

Selain itu, pastikan sabun mandi batang yang dipilih sudah terdaftar di BPOM atau instansi terkait untuk keamanannya. Jika sedang hamil atau menyusui, pastikan produk yang dipilih berlabel aman untuk ibu hamil dan menyusui.

7 dari 12 halaman

4. Pertimbangkan Sabun Mandi yang Bisa Digunakan untuk Wajah

Pemilik kulit kering kini tidak perlu bingung lagi dalam memilih sabun batang yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh. Saat ini, ada sabun mandi batang yang diklaim memiliki fungsi ganda, sehingga bisa digunakan untuk tubuh dan wajah sekaligus. Bahkan, beberapa sabun batang diklaim bisa digunakan untuk wajah, tubuh, dan keramas.

Namun, sebaiknya gunakan sabun batang sesuai penggunaannya. Hal ini penting karena kondisi kulit di setiap bagian tubuh tidak selalu sama. Misalnya, wajah mungkin berjerawat sementara kulit tubuh kering.

8 dari 12 halaman

Sabun Apa yang Cocok untuk Kulit Kering?

Ketika memilih sabun untuk kulit kering, baik untuk wajah maupun tubuh, sebaiknya pilihlah sabun dalam bentuk gel atau shower gel serta body wash. Sabun jenis ini lebih lembut dan mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan, seperti aloe vera, shea butter, dan mango butter.

9 dari 12 halaman

Kenapa Sabun Batang Membuat Kulit Kering?

Sabun yang mengandung bahan kimia keras bisa mengurangi sebum atau minyak alami di kulit, menyebabkan kehilangan kelembapan dan menjadikan kulit kering.

10 dari 12 halaman

Apakah Sabun Lifebuoy Bisa untuk Kulit Kering?

Untuk mengatasi masalah kulit kering, Anda dapat mencoba menggunakan sabun mandi Lifebuoy Mild Care. Diformulasikan dengan bahan alami seperti susu dan oat, sabun ini membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus.

11 dari 12 halaman

Apakah Sabun Shinzui Cocok untuk Kulit Kering?

Meskipun terkenal karena efek pemutihan kulit, sabun Shinzui juga memiliki manfaat bagi kulit kering. Kandungan minyak matsu dalamnya dapat memberikan tambahan vitamin dan melambatkan perubahan warna kulit.

12 dari 12 halaman

Kalau Kulit Kering Pakai Apa?

Untuk mereka yang memiliki kulit kering, menggunakan pelembap secara teratur sangatlah penting untuk menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap yang mengandung ceramide untuk meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.