Sukses

Anti Gagal, Begini Trik Mudah Vakum Makanan Tanpa Mesin Agar Tahan Lama

Tak harus memiliki mesin vakum agar bisa menyimpan makanan yang lebih tahan lama. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan makanan dengan cara divakum memang mempermudah kehidupan karena bisa lebih praktis dan hemat waktu. Terlebih, bagi yang memiliki bisnis makanan, cara ini tentu akan sangat membantu.

Tak perlu khawatir jika belum memiliki mesin vakum, trik yang dibagikan oleh akun TikTok @renny.antonious ini bisa dijadikan alternatif pengganti mesin vakum, lho!

Simpel dan bisa membuat makanan tahan lama sebagaimana ketika menggunakan mesin vakum, begini cara selengkapnya, dirangkum pada Senin (20/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan dan Alat

Berikut bahan dan peralatan yang perlu disiapkan:

  • Plastik zip lock
  • Setengah baskom air bersih
3 dari 12 halaman

Gunakan Plastik Zip Lock

Langkah pertama, masukkan makanan yang ingin diawetkan ke dalam plastik zip lock. Namun, jangan kunci plastik terlebih dahulu. 

4 dari 12 halaman

Gunakan Setengah Baskom Air

Langkah kedua, rendam plastik ke dalam baskom yang sudah diisi air setengahnya. Sembari direndam, tekan-tekan plastik dari arah bawah ke atas untuk mendorong udara di dalamnya keluar. 

5 dari 12 halaman

Kunci Plastik

Langkah ketiga, sembari memastikan sudah tidak ada udara di dalam plastik dan tidak ada air yang masuk, rekatkan zip lock plastik agar makanan bisa tervakum sempurna.

6 dari 12 halaman

Simpan di Kulkas

Terakhir, simpan makanan yang sudah divakum tersebut di dalam kulkas. Cara ini tak kalah ampuh dari penggunaan mesin vakum untuk mengawetkan makanan. Selama plastik untuk menyimpan makanan tersebut bebas udara, maka perkembangan bakteri dan jamur penyebab makanan cepat basi bisa dihambat.  

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Vakum Makanan

8 dari 12 halaman

Berapa Lama Makanan di Vakum?

Kemasan vakum dihasilkan dengan cara mengeluarkan udara dari dalam kemasan sebelum ditutup dengan tekanan. Proses ini membuat makanan dapat bertahan hingga 15 hari lebih lama.

9 dari 12 halaman

Bisakah Vakum Pakai Plastik Biasa?

Tidak bisa menggunakan plastik biasa. Untuk memvakum bahan yang mengandung air atau sedikit lembap, bisa disiasati dengan cara membekukannya terlebih dahulu.

10 dari 12 halaman

Jenis Plastik Apa yang Digunakan untuk Vakum Packing?

Berbentuk fleksibel dan mampu mengurangi ukuran produk, tidak semua jenis plastik dapat digunakan sebagai kemasan plastik vakum. Plastik nylon adalah jenis yang paling cocok untuk plastik vakum.

11 dari 12 halaman

Apakah Plastik Vakum Tahan Panas?

Plastik vakum ini dirancang dengan material khusus yang menjadikannya tahan terhadap panas, sehingga melindungi produk di dalamnya. Selain itu, karena elastisitas bahannya, plastik ini tidak mudah sobek, memastikan produk yang dikemas tetap aman hingga sampai ke pelanggan.

12 dari 12 halaman

Bagaimana Pengemasan Vakum Dapat Memperpanjang Umur Simpan Bahan yang Dikemas?

Dengan menghilangkan oksigen dari kemasan, hal ini menghambat proses oksidatif yang merusak makanan selama penyimpanan. Sifat penghalang oksigen dari bahan kemasan, serta ketahanannya terhadap minyak, bahan kimia, dan transparansi, membantu mempertahankan kualitas produk yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini