Sukses

Kaca Helm Mulai Buram, Begini Cara Mudah Bersihkan Pakai 1 Bahan Dapur

Tidak perlu bingung lagi bagaimana cara membersihkan kaca helm yang mulai buram. Dengan memanfaatkan satu bahan yang sering dijumpai di dapur ini, kaca helm bisa kinclong kembali. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Kaca helm yang buram tentu sangat mengganggu perjalanan ketika sedang berkendara karena bisa menghalangi jarak pandang. Terlebih, hal ini juga bisa saja berisiko menimbulkan kecelakaan. 

Karenanya, kaca helm yang buram perlu segera dibersihkan dengan cara yang tepat, agar bisa bening kembali. Namun, sayangnya tak sedikit yang masih bingung bagaimana cara mengembalikan kejernihan pada kaca helm ini. Padahal, cukup gunakan sabun cuci piring, maka buram pada kaca helm bisa teratasi.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada Kamis (2/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Lepaskan Kaca Helm

Sebelum mulai mencuci, lepaskan terlebih dahulu kaca helm dari kerangkanya. Caranya, putar sekrup di kedua sisi helm sampai longgar, lalu tarik kaca perlahan hingga lepas.

3 dari 13 halaman

2. Rendam Kaca Helm

Langkah selanjutnya, rendam terlebih dahulu kaca helm menggunakan air biasa. Biarkan kaca terendam air selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk melunakkan kotoran membandel di kaca sehingga mempermudah proses mencuci nantinya. 

4 dari 13 halaman

3. Gunakan Sabun Cuci Piring

Masuk ke tahap mencuci, oleskan dan ratakan sabun cuci piring ke seluruh permukaan kaca. Kemudian, seperti mencuci piring, gosok permukaan kaca helm menggunakan spon atau kain yang lembut, agar tidak menimbulkan goresan pada kaca.

5 dari 13 halaman

4. Lap Kaca dengan Kanebo atau Tisu

Selesai dicuci, lap permukaan kaca helm yang masih basah menggunakan tisu atau kanebo kering. Hal ini berguna untuk menghindari munculnya bintik-bintik bekas air yang mengering di permukaan kaca. 

6 dari 13 halaman

5. Gunakan Cairan Pembersih Kaca

Untuk membuat kaca helm semakin kinclong, bisa juga digunakan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca, kemudian lap. Kaca helm pun kembali bersih dan jernih kembali.

7 dari 13 halaman

6. Cara Buat Pewangi Helm

Akibat sering terkena keringat ketika digunakan, helm biasanya jadi apek dan berbau kurang sedap. Untuk mengatasi masalah ini, berikut cara membuat pewangi helm.

Bahan-bahan:

  • Kulit jeruk atau lemon
  • Kayu manis atau batang vanili
  • Daun mint
  • Air
  • Garam

Cara Membuat:

  1. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci
  2. Kemudian panaskan dengan api kecil hingga mendidih
  3. Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan rebusan tersebut dingin dengan sendirinya di dalam panci
  4. Jika sudah dingin, saring dan masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot
  5. Pewangi helm siap digunakan. Semprotkan secukupnya ke helm jika dirasa bau tidak sedap mulai muncul.
8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Membersihkan Kaca Helm

9 dari 13 halaman

Apakah Odol Bisa Membersihkan Kaca Helm?

Tidak hanya untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca helm. Caranya sederhana, cukup oleskan pasta gigi ke bagian dalam helm, lalu lap dengan kain basah sampai bersih.

10 dari 13 halaman

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Membersihkan Kaca Helm?

Gunakan minyak kayu putih pada helm yang terkotor. Usap kaca dengan tisu hingga bersih. Akibatnya, kaca helm akan tampak bersih dan transparan, perbedaannya dapat diamati secara visual.

11 dari 13 halaman

Apakah Sitrun Bisa untuk Membersihkan Kaca?

Untuk membersihkan kaca, dapat memanfaatkan larutan berbahan asam seperti cairan pembersih porselen, cuka, atau jus lemon.

12 dari 13 halaman

Apa Penyebab Kaca Buram?

Kaca mobil bisa menjadi buram karena air hujan atau embun yang terkumpul di atasnya. Ketika air tersebut menguap dengan sendirinya, bisa meninggalkan bekas dan sisa mineral yang sulit dibersihkan. Terutama di wilayah dengan kandungan mineral tinggi dalam airnya, perawatan kaca mobil menjadi lebih penting.

13 dari 13 halaman

Apakah Bayclin Bisa Membersihkan Kaca?

Cairan pemutih seperti bayclin tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga dapat berperan sebagai agen pembersih jamur pada kaca mobil. Langkah pertama adalah merendam kain lembut dalam cairan pemutih, kemudian gunakan untuk membersihkan kaca mobil secara merata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini