Sukses

Tak Sangka, Minyak Biji Semangka Ternyata Bisa Bikin Rambut Lebih Indah

Siapa sangka, minyak biji semangka mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Yuk, ketahui faktanya lebih dalam di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Di saat cuaca yang panas terik di siang hari, makan semangka pasti bikin terasa segar! Namun, siapa sangka bahwa tidak hanya rasanya yang lezat, semangka juga kaya akan beberapa nutrisi seperti magnesium, protein, serat, dan kalsium.

Bahkan biji semangka yang biasanya kita buang pun sebenarnya sangat menyehatkan. Terutama untuk rambut Anda. Berdasarkan informasi dari Healthshots, Senin (29/4/2024), biji semangka yang sudah diproses menjadi minyak biji semangka (watermelon seed oil) bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut.

Nah, pastinya Anda pun bertanya-tanya, bagaimana manfaat dan cara penggunaannya demi kesehatan rambut? Untuk itu, baca lebih lengkap penjelasannya seperti di bawah ini! 

Faktanya, biji semangka mengandung zinc, magnesium, potasium, dan beberapa nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala, menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food and Nutritional Science.

Berikut beberapa manfaat penting biji semangka untuk rambut kuat dan berkilau, seperti dijelaskan oleh ahli kecantikan dan trichologist, Dr. Meera Adhikari.

1. Memberikan kelembapan

Minyak biji semangka adalah obat perawatan rambut luar biasa yang menghidrasi rambut Anda. Di mana setelah diaplikasikan di rambut, dapat menembus ke dalam batang rambut, menutrisi dan meremajakan rambut kering dan rusak.

Selain itu, juga kaya akan asam lemak esensial, vitamin, dan mineral. Dengan penggunaan masker rambut minyak biji semangka ini bisa menjadi cara alami untuk mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut yang hilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Membantu memperkuat rambut

Selain itu, minyak biji semangka merupakan sumber asam lemak esensial yang baik. Seperti asam linoleat, yang berperan penting dalam menjaga struktur rambut dan mencegah kerusakan. Dengan penggunaan yang konsisten, ini dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan kuat.

3. Mengurangi rambut kusut

Tidak hanya asam linoleat, minyak biji semangka juga mengandung sifat emolien yang membantu menutrisi kutikula rambut, meminimalisasikan rambut kusut, dan membuat tampilan lebih rapi. Hasilnya, rambut mungkin menjadi lebih mudah diatur dan halus.

4. Memberikan kilau alami pada rambut Anda

Menggunakan masker rambut biji semangka secara rutin dapat membantu Anda mendapatkan rambut berkilau. Tidak hanya berkilau, tetapi juga meningkatkan penampilan rambut Anda secara keseluruhan.

3 dari 5 halaman

5. Memberikan nutrisi pada kulit kepala

Masker rambut minyak biji semangka membantu mendukung kulit kepala yang sehat dan menutrisi folikel rambut bila dioleskan. Hal ini mungkin mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

6. Teksturnya ringan

Minyak biji semangka memiliki tekstur yang ringan dan tidak berminyak sehingga cocok digunakan sebagai bahan produk perawatan rambut. Tidak seperti minyak yang lebih berat, seperti minyak kelapa atau minyak jarak, minyak biji semangka menembus batang rambut dengan cepat dan dalam, menghidrasi dan menutrisi rambut dari dalam.

Selain itu, minyak biji semangka juga kaya akan asam lemak esensial, vitamin, dan mineral, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

7. Mencegah kerusakan rambut

Kualitas minyak yang melembapkan dan mengkondisikan membantu mencegah rambut kering dan mudah patah. Terutama jika penataan rambut menggunakan bahan kimia atau panas sering dilakukan.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Semangka untuk Rambut

Berikut beberapa masker rambut semangka yang mudah dan efektif untuk rambut kuat dan berkilau:

1. Masker rambut dari semangka dan yoghurt

Bahan-bahan:

  • Beberapa kubus semangka
  • 1 sendok makan yoghurt
  • 1 sendok makan minyak biji semangka

Proses:

  • Ambil beberapa kubus semangka dan 1 sendok makan minyak biji semangka.
  • Hancurkan dengan garpu dan masukkan satu sendok makan yoghurt.
  • Campur semuanya hingga menjadi pasta kental.
  • Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan akar rambut.
  • Setelah didiamkan selama setengah jam, bilas dengan sampo lembut.
5 dari 5 halaman

2. Masker rambut dari minyak biji semangka

Bahan:

Beberapa sendok makan minyak biji semangka tergantung panjang rambut Anda.

Proses:

  • Cuci rambut terlebih dahulu.
  • Panaskan beberapa sendok teh minyak biji semangka dalam microwave.
  • Sebelum digunakan, pastikan oli tidak terlalu panas dengan cara mengeceknya.
  • Pijat kulit kepala dengan minyak hangat, dan biarkan selama minimal 20 menit.
  • Oleskan masker untuk dampak maksimal.
  • Bilas minyak dari rambut Anda setelah 15 hingga 20 menit, lalu gunakan kondisioner favorit Anda.

Apakah ada efek samping dari penggunaan masker rambut minyak biji semangka?

Walaupun masker rambut minyak biji semangka umumnya aman, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum mencoba masker rambut ini ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.