Sukses

Khasiat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker hingga Penyakit Jantung

Tak kalah dari daunnya, bunga pepaya juga punya segudang manfaat untuk membantu mencegah berbagai macam penyakit. Yuk simak apa saja manfaatnya untuk kesehatan!

Liputan6.com, Jakarta Bunga pepaya ternyata tak hanya semata-mata bunga penghias tumbuhan bernama latin carica papaya L. Selain bisa dikonsumsi sebagaimana buah dan daunnya, bunga pepaya ternyata juga memiliki khasiat kesehatan yang tak kalah menakjubkan.

Baik untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit, konsumsi bunga pepaya bisa menjadi alternatif makanan sehat sehari-hari. Namun demikian, bunga pepaya masih jarang diminati karena rasanya yang pahit. 

Berikut ini sederet manfaat kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi bunga pepaya, dirangkum pada Senin (15/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Bunga pepaya diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang cukup ini akan melindungi tubuh dari serangan berbagai risiko penyakit dan virus.

3 dari 11 halaman

2. Membantu Melancarkan Pencernaan

Dilansir dari Beni-Suef University Journal of Basic and Applied Science, diantara manfaat dari konsumsi bunga pepaya adalah menyehatkan dan membantu memperbaiki sistem pencernaan. Untuk itu, bagi yang mengalami masalah pencernaan seperti diare, sembelit, ataupun perut kembung, konsumsi daun pepaya bisa jadi alternatif pilihan untuk mengatasi masalah tersebut sebelum memutuskan konsumsi obat-obatan kimia.

4 dari 11 halaman

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Tinggi akan kandungan flavonoid, bunga pepaya berkhasiat mencegah paparan buruk radikal bebas yang berisiko memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Namun demikian, tetap penting untuk dibarengi dengan pola hidup yang sehat. 

5 dari 11 halaman

4. Menurunkan Risiko Asma

Asma biasanya timbul akibat saluran nafas yang meradang sehingga terjadi bengkak dan muncul banyak lendir. Agar peradangan tidak semakin parah, hal ini bisa dicegah dengan konsumsi bunga pepaya yang mana memiliki sifat anti-inflamasi (anti-radang). Dilansir dari klikdokter.com, daun dan bunga pepaya memiliki efek yang mirip dengan obat kortikosteroid sejenis metilprednisolone. 

6 dari 11 halaman

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan beta karoten dalam bunga pepaya membuatnya efektif membantu menjaga kesehatan jantung. Melansir dari klikdokter.com, kandungan beta karoten ini akan berperan sebagai antioksidan, dan membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol di pembuluh darah. Dengan kata lain, konsumsi bunga pepaya efektif menurunkan kolesterol jahat (LDL). 

7 dari 11 halaman

Apakah Bunga Pepaya Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Tumbuhan ini memiliki kemampuan untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, mencegah tidak hanya penyakit jantung tetapi juga berbagai penyakit lainnya.

8 dari 11 halaman

Bunga Pepaya untuk Penyakit Apa?

Sifat alami anti-inflamasi yang dimiliki oleh bunga pepaya mampu mengurangi peradangan pada tubuh secara efektif. Manfaatnya sangat berguna terutama untuk individu yang menderita arthritis atau gangguan inflamasi usus.

9 dari 11 halaman

Apakah Bunga Pepaya Aman untuk Penderita Asam Urat?

Terdapat berbagai manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari bunga pepaya. Bunga ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah dengan kolesterol atau asam urat yang tinggi.

10 dari 11 halaman

Batang Pepaya untuk Obat Apa?

Khasiat batang pepaya terletak pada dukungannya terhadap metabolisme tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan protein di dalamnya yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperlancar proses metabolisme, sehingga tubuh menjadi lebih tahan terhadap penyakit.

11 dari 11 halaman

Biji Buah Pepaya untuk Obat Apa?

Serat yang terdapat dalam biji pepaya, baik itu larut maupun tidak larut, bermanfaat bagi menjaga kesehatan sistem pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini