Sukses

Bikin Kelihatan Macho, Ini 5 Model Rambut Cepak TNI yang Bisa Ditiru

Model potongan rambut cepak yang rapi ala militer bisa menunjang penampilan jadi semakin terlihat manly dan tegas. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu gaya rambut yang praktis dan disukai oleh banyak pria adalah potongan rambut cepak atau pendek. Model potongan rambut ini umumnya dibuat menggunakan mesin cukur listrik yang biasa digunakan oleh personel militer dari berbagai negara, termasuk TNI. 

Tidak mengherankan, banyak orang menamai gaya rambut cepak sebagai potongan rambut ala TNI. Potongan rambut cepak sering dianggap lebih nyaman karena membuat kepala terasa lebih ringan, memberikan kesan awet muda, perawatannya mudah, hingga mengurangi masalah rambut rontok. 

Sekilas terlihat serupa, namun potongan rambut pendek pria nyatanya juga memiliki beragam variasi. Berikut adalah beberapa model rambut pendek ala TNI yang bisa ditiru, dirangkum pada Senin (8/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Model Rambut Cepak Buzz Cut

Model potongan rambut ala militer ini cocok untuk segala tipe rambut, termasuk yang lurus, ikal, dan bergelombang. Teknik mencukur seluruh rambut dan menyisakan 1-2 cm untuk volume inilah yang memberikan kesan yang simpel dan rapi. Agar sesuai dengan bentuk wajah,  disarankan untuk berkonsultasi dengan tukang cukur terlebih dahulu. Keunggulan rambut model buzz cut adalah nyaman di berbagai kondisi cuaca, terutama panas, karena tidak membuat gerah.

3 dari 11 halaman

2. Model Rambut Cepak Line Up Haircut

Model rambut TNI berikutnya ada dari Zayn Malik. Highlight model rambut ini terlihat pada garis yang tegas dan tipis, khususnya di sisi dan bagian bawahnya yang sengaja dibentuk demikian. Proses penataan model rambut ini juga sangatlah praktis, karena tidak memerlukan penataan poni atau pengaturan belahan rambut secara khusus.

4 dari 11 halaman

3. Model Rambut Cepak Butch Cut

Rambut cepak butch cut ini sering dikenakan oleh TNI, terutama para tentara muda yang baru saja bergabung dengan akademi. Umumnya, Look dari butch cut ini adalah dengan potongan yang sangat pendek dan tipis. Meskipun mirip, butch cut sebenarnya terlihat lebih pendek daripada buzz cut. Model rambut yang sering disebut sebagai jarhead ini juga masuk di berbagai bentuk wajah.

5 dari 11 halaman

4. Model Rambut Cepak Caesar Cut

Mirip dengan gaya potongan French crop, bedanya model caesar cut ini memiliki poni yang sangat pendek. Gaya potongan caesar cut cenderung merata, namun tetap cocok untuk segala tipe rambut. Penipisan di bagian samping rambut juga lebih drastis dibandingkan dengan French crop.

6 dari 11 halaman

5. Model Rambut Cepak High and Tight Haircut

Gaya potongan rambut model high and tight banyak dipakai oleh para prajurit Angkatan Laut Amerika. Penampakan High and tight ini adalah tipis dari bagian samping dan sedikit rambut di bagian atas. Beberapa bagian rambut bahkan hampir tidak terlihat, terutama di bagian belakang dan samping kepala.

7 dari 11 halaman

Kenapa TNI Harus Cepak?

Potongan rambut pendek dapat mendukung stabilitas sirkulasi udara serta menjaga suhu kepala agar tetap sejuk, memungkinkan prajurit untuk membuat keputusan yang tepat bahkan dalam situasi yang menantang.

8 dari 11 halaman

Berapa cm Cukur Buzz Cut?

Potongan rambut yang dikenal dengan sebutan buzz cut adalah gaya rambut yang sangat pendek, dihasilkan dengan menggunakan mesin pencukur. Umumnya, panjangnya tidak melebihi 2 sentimeter (cm).

9 dari 11 halaman

Apa Nama Tukang Cukur Rambut?

Di salon, orang yang memotong rambut disebut Kapster atau Hairdresser, sementara di barbershop, mereka dikenal sebagai Barber.

10 dari 11 halaman

Kenapa Disebut Barbershop?

Barber berasal dari bahasa Latin, yaitu "barba" yang artinya adalah janggut. Seorang barber, umumnya merupakan pria, memiliki profesi untuk memotong berbagai jenis rambut dan juga merapikan serta memangkas janggut dan kumis bagi para lelaki.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Rambut Tumbuh 1 cm?

Apabila keadaan tubuhmu dalam keadaan normal, pertumbuhan rambutmu umumnya mencapai panjang sekitar 1 cm tiap bulannya. Dalam waktu satu tahun, rambut akan bertambah panjang sekitar 15 cm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini