Sukses

Penyebab Kecemasan Meningkat Saat Anda Menstruasi, Salah Satunya karena PMDD

Bahkan jika Anda memiliki gangguan kecemasan, gejala Anda mungkin bertambah buruk pada waktu-waktu tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Entah dari mana awalnya, jantung Anda bisa tiba-tiba mulai berdebar kencang. Lalu, otak Anda terasa seperti ada yang menekan sehingga pikiran melayang ke tempat yang begitu gelap, sehingga Anda mulai tidak enak badan. 

Walaupun demikian, kecemasan yang dialami mungkin terkait dengan penyebab tertentu atau perasaan negatif yang bisa muncul begitu saja. Kemudian, setelah dipikir-pikir dan dicek kembali ternyata ini salah satu tanda-tanda menstruasi akan segera datang. 

Biasanya, masalah kesehatan mental ini tampaknya dimulai dari satu atau dua mingu sebelum menstruasi tiba. Namun, tidak usah khawatir. Anda sebenarnya bukan kehilangan kendali atas diri Anda. 

Sebab, menurut informasi dari Everyday Health, Senin (22/4/2024), Anda bisa mengalami lonjakan kecemasan (anxiety) yang sangat umum akibat fluktuasi hormonal. Memang tidak bisa dipungkiri kalau terkadang pergeseran hormon bisa menyebabkan Anda mengalami premenstrual syndrome (PMS) atau bahkan premenstrual dysphoric disorder (PMDD).

“Sekitar 85 persen wanita menstruasi melaporkan mengalami satu atau lebih gejala pramenstruasi, dan 2 hingga 10 persen melaporkan gejala-gejala yang melumpuhkan," menurut American Family Physician.

Kaitan Antara Kecemasan dan Menstruasi

Menurut Anxiety & Depression Association of America, wanita berusia antara 14 hingga 50 tahun berisiko dua kali lipat mengalami kecemasan dibandingkan pria.

"Salah satu alasannya mungkin karena perubahan hormonal dalam siklus menstruasi," kata Yael Nillni, PhD, asisten profesor di Boston University School of Medicine dan psikolog penelitian klinis di National Center for PTSD di VA Boston Health Care System.

“Tepat sebelum menstruasi Anda dimulai, estradiol dan progesteron menurun dengan cepat,” jelas Dr. Nillni.

“Para peneliti berspekulasi bahwa penghentian hormon secara cepat mungkin mendasari gejala-gejala tersebut. Namun, reaksi terhadap perubahan hormon normal ini bersifat unik; beberapa wanita mengalami perubahan suasana hati selama siklus menstruasi mereka, sementara beberapa wanita mengalami sedikit perubahan suasana hati terkait siklus menstruasi mereka,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Merasa Cemas Saat Menstruasi Itu Normal?

Bagi sebagian wanita, kecemasan adalah hal yang wajar. “Sebagian besar wanita akan merasakan perubahan suasana hati atau pengaruh sebelum menstruasi. Ini belum tentu merupakan kecemasan, bisa juga berupa perasaan lebih mudah tersinggung, sedih, atau suasana hati yang berubah-ubah," kata Nillni.

Atau Anda mungkin tidak merasakan perbedaan sama sekali. Hanya sebagian kecil wanita, sekitar 3 hingga 8 persen, yang mengalami perubahan suasana hati selama siklus menstruasi yang menyebabkan gangguan signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah Kecemasan Bagian dari PMS dan PMDD?

“Beberapa wanita dengan masalah kecemasan mungkin mengalami gejala kecemasan pramenstruasi yang semakin parah. Selain itu, beberapa faktor yang memprediksi masalah terkait kecemasan juga memprediksi PMS, sehingga menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara kedua masalah ini,” ungkap Nillni.

Dia menambahkan bahwa untuk diagnosis PMDD, Anda perlu memiliki satu atau lebih gejala suasana hati berikut:

  • Perubahan suasana hati.
  • Suasana hati tertekan.
  • Kecemasan, atau mudah tersinggung.
  • Gejala fisik lainnya seperti kelelahan, nafsu makan, dan perubahan tidur.

Selain itu, gejala-gejala ini pasti terjadi pada sebagian besar siklus menstruasi dan menyebabkan tekanan atau gangguan yang signifikan.

3 dari 4 halaman

Tips untuk Mengatasi Kecemasan Selama Menstruasi

Apakah Anda mengalami PMS atau PMDD? Nillni mengatakan, Anda harus bertanya pada diri sendiri seberapa menyedihkan atau mengganggu gejalanya.

"Seperti apakah gejala tersebut mengganggu kemampuan Anda untuk bekerja atau bersekolah, melakukan hobi, berinteraksi dengan keluarga dan teman, atau bersosialisasi? Itu adalah tanda-tanda bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dan Anda harus mencari bantuan," ucap Nillni.

Adapun ahli lainnya yaitu Laurie Steelsmith, ND, seorang dokter naturopati, ahli akupunktur, dan penulis Natural Choices for Women’s Health merekomendasikan strategi perawatan diri berikut:

1. Olahraga

Anda tidak harus pergi ke gym. Menari di rumah, berjalan-jalan atau berlari. Bergerak ke segala arah, tidak hanya ke atas dan ke bawah.

“Anda meningkatkan asupan dan sirkulasi oksigen melalui gerakan, yang meningkatkan aliran darah ke hati Anda. Ini membantu hati Anda memecah hormon Anda,” kata Dr. Steelsmith.

4 dari 4 halaman

2. Yoga

Latihan ini menempatkan Anda dalam keadaan parasimpatis (tenang). “Ini membawa Anda keluar dari perasaan cemas melawan-atau-lari,” katanya.

3. Hindari kafein

Stimulan ini dapat menyebabkan jantung Anda berdebar kencang, mirip dengan serangan panik.

4. Konsumsi magnesium

Mineral penting ini dapat membantu menyeimbangkan neurotransmiterglutamat dan GABA (gamma aminobutyric acid). Yang pertama adalah neurotransmitter yang merangsang atau bahan kimia otak; yang kedua adalah yang menenangkan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda menambahkan ini atau suplemen apa pun ke dalam konsumsi rutin Anda.

5. Vitamin B6

Menurut National Institutes of Health, ada beberapa data awal yang menunjukkan bahwa vitamin B ini dapat membantu mengatasi gejala PMS. Namun penelitian lain menunjukkan bahwa vitamin B6 mungkin tidak efektif.

6. L-theanine

Ditemukan dalam teh hijau, asam amino ini telah terbukti menenangkan pikiran tanpa membuat Anda mengantuk, menurut sebuah penelitian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.