Sukses

Fakta Menarik Abimana Aryasatya, Mualaf di Usia 13 Tahun dan Kabur dari Rumah Sejak Kecil

Jika kita membicarakan salah satu aktor pria yang paling berbakat di Indonesia, maka nama Abimana Aryasatya akan muncul sebagai salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta Abimana Aryasatya, seorang aktor terkenal yang telah berperan dalam berbagai film layar lebar, menarik perhatian tidak hanya karena bakat aktingnya, tetapi juga karena pesonanya yang masih terjaga, menjadikannya idola generasi saat ini. Lahir pada tahun 1982, Abimana telah meniti karier yang beragam, dari menjadi anggota band hingga akhirnya mencapai ketenaran sebagai seorang aktor. Namun, di balik cemerlangnya karier, Abimana memiliki kisah pribadi yang menarik, terutama perjalanan spiritualnya menuju Islam.

Awalnya dikenal dengan nama Robertino, Abimana memilih untuk mengubah namanya karena merasa bahwa nama tersebut tidak mencerminkan keyakinan agamanya. Keputusan ini mendorongnya untuk memeluk Islam pada usia 13 tahun. Sejak kecil, Abimana telah mengalami masa-masa sulit, terutama setelah orangtuanya bercerai. Kehidupan penuh tantangan ini sering membuatnya meninggalkan rumah dan mencari penghiburan di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Abimana Aryasatya? Berikut beberapa fakta menarik tentang dirinya. Dirangkum Senin (08/04/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Tidak Mendapatkan Kasih Sayang dari Orang Tua

Ternyata, masa kecil Abimana Aryasatya tidak seperti kebanyakan anak pada umumnya. Dia lahir dari ayah berdarah Eropa dan ibu berkebangsaan Indonesia. Ayahnya meninggalkannya sejak kecil dan ibunya tidak pernah memberikan kasih sayang.

3 dari 16 halaman

Melarikan Diri dari Rumah

Karena tidak mendapatkan perhatian dari keluarganya, Abimana sudah sejak kecil hidup di jalanan. Dia meninggalkan rumah dan sering menghabiskan waktunya di Taman Ismail Marzuki (TIM). Selain itu, dia tidak pernah bersekolah di SMA.

4 dari 16 halaman

Menjadikan Bimbim Slank Sebagai Teladan

Setelah kehilangan kedua orangtuanya yang merupakan sosok teladan baginya, Abimana kemudian mengambil Bimbim Slank sebagai contoh. Dia juga memiliki impian untuk mengejar karier di dunia musik. Pada masa itu, dia bergabung dengan band S.O.G sebagai vokalis.  

5 dari 16 halaman

Mengawali Karir Menjadi Kru Lighting

Kemudian, Abimana Aryasatya memasuki dunia perfilman. Dia terkenal karena bekerja sebagai kru pencahayaan. Abimana menyatakan bahwa pada awalnya, dia tidak tertarik dengan akting.

6 dari 16 halaman

Pernah Mengalami Bullying

Abimana belajar seni akting dari mahasiswa dan dosen di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dia menghabiskan banyak waktu di sana pada awalnya. Selain itu, dia juga mengambil pelajaran dari beberapa aktor senior. Dia mengakui bahwa saat itu sering kali dia merasa diintimidasi.  

7 dari 16 halaman

Melangsungkan Pernikahan di Usia Muda

Abimana Aryasatya dan Inong Ayu adalah salah satu pasangan yang kehidupan rumah tangganya jarang terungkap di media. Mereka telah menjalani pernikahan selama 20 tahun dan diberkahi dengan empat anak. Meskipun kelihatannya seperti keluarga yang sempurna, ternyata kehidupan rumah tangga Abimana penuh dengan tantangan.

Terlebih lagi, ia menikahi Inong saat ia baru berusia 20 tahun dan dirinya 19 tahun. Dalam beberapa wawancara, Abimana menceritakan alasan di balik keputusannya untuk menikah muda. Dia mengatakan bahwa dia berani menikah muda karena kesepian dan memiliki perasaan dendam.

Dia ingin membuktikan kepada keluarganya bahwa dia mampu membangun keluarga yang harmonis dan langgeng, meskipun masih muda. Awalnya, Abimana mengalami masalah kepercayaan terhadap pernikahan karena latar belakangnya. Namun, dia terus memperkuat dirinya sendiri dan istri, sehingga mereka dapat melewati segala rintangan dalam kehidupan rumah tangga dengan baik.

8 dari 16 halaman

Sering Mengalami Kegagalan dalam Berbisnis

Abimana, di antara banyak artis yang mencoba peruntungan di dunia bisnis, justru merasa belum berhasil. Meskipun sudah mencoba berbagai bisnis dari bidang kuliner hingga fashion, namun semuanya tidak berhasil. Oleh karena itu, ia yakin bahwa panggilan sejatinya ada di dunia akting.

9 dari 16 halaman

Kepribadian yang Cenderung Introvert

Rupanya, aktor terkenal yang selalu menjadi pusat perhatian kamera adalah seorang introvert. Dia mengakui merasa tidak nyaman bila berada di tengah keramaian dan tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun, ia meninggalkan sifat tersebut ketika harus berakting di depan kamera.  

10 dari 16 halaman

Berhasil Meraih Sejumlah Penghargaan

Selama kariernya di dunia perfilman, Abimana Aryasatya telah menerima berbagai penghargaan atas peran-perannya dalam sejumlah judul film, mulai dari Festival Film Bandung hingga Festival Film Indonesia. Film-film seperti Belenggu (2013), Haji Backpacker (2014), Warkop DKI Reborn (2016), dan Gundala (2019) telah membawanya meraih nominasi sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya yang memukau.

Abimana juga berhasil menghidupkan karakter komedian legendaris, Dono, dalam film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, yang sukses besar di bioskop Indonesia dan mendapat penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Indonesian Box Office Movie Awards 2017. Kesuksesan itu pun berlanjut pada tahun 2018 ketika Abimana kembali memenangkan kategori yang sama untuk perannya dalam film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 dalam acara Indonesian Box Office Movie Awards 2018.

11 dari 16 halaman

Pernah Mengubah Nama

Abimana Aryasatya dilahirkan di Jakarta pada tanggal 24 Oktober 1982 dengan nama asli Robertino. Ia merupakan anak dari pasangan Roberto Candelas Aguinaga dan Le Siu Khiauw. Pada tahun 2011, Abimana mengubah namanya menjadi Abimana Aryasatya karena Robertino adalah nama ayahnya.

12 dari 16 halaman

Apakah Abimana Aryasatya Menikah pada Usia Muda?

Abimana Aryasatya memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya pada usia 19 tahun.

13 dari 16 halaman

Berapa Jumlah Anak yang Dimiliki Abimana?

Abimana Aryasatya, bersama pasangannya Inong Ayu, memiliki empat anak yang telah dewasa.

14 dari 16 halaman

Pada Tahun Berapa Abimana Menikah?

Abimana Aryasatya dan Inong Ayu dikenal sebagai pasangan aktor dan aktris terkenal di Indonesia. Ternyata, mereka sudah menikah selama 23 tahun.

15 dari 16 halaman

Siapakah Nama Istri Abimana?

Nama istri Abimana adalah Nidya Ayu Riandri, yang dikenal dengan sebutan Inong Ayu.

16 dari 16 halaman

Apakah Inong Ayu Seorang Artis?

Meskipun sekarang lebih fokus sebagai ibu rumah tangga, Inong Ayu dulunya adalah seorang artis dan model.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.