Sukses

Ini yang Terjadi Pada Kulit Jika Anda Memakai Makeup Saat Berolahraga

Sebuah studi baru menunjukkan memakai foundation saat berolahraga dapat menyebabkan perubahan pada kulit dan pori-porinya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap perempuan pasti ingin terlihat cantik dan fresh kapan pun dan di mana pun. Termasuk saat berolahraga. Siapa yang setuju?

Maka tidak mengherankan, dalam masalah perawatan kulit, Anda tentu sangat memahami bahwa menghapus makeup sebelum tidur harus menjadi ritual yang cukup penting. Fungsinya untuk mencegah pori-pori tersebut, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Termasuk karena menggunakan makeup setelah berolahraga.

Namun sayangnya, memakai makeup ketika berolahraga bisa menimbulkan masalah tersendiri, lho. Seperti dilansir dari Healthline, Selasa (19/3/2024), menurut sebuah penelitian baru, memakai makeup, seperti foundation selama latihan aerobik mempengaruhi kulit dan pori-porinya. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology.

Peneliti memeriksa 43 mahasiswa yang sehat termasuk 20 laki-laki dan 23 perempuan. Lalu, foundation cream dioleskan pada dahi dan pipi bagian atas pada separuh wajah. Sementara itu, separuh lainnya dibiarkan begitu saja.

Hasil menunjukkan peningkatan kelembapan pasca-olahraga di seluruh wajah. Namun lebih banyak kelembapan di area yang terkena riasan.

Setelah berolahraga, ukuran pori-pori kulit meningkat pada sisi wajah yang tidak menggunakan makeup. Namun, tidak sebesar pada sisi riasan. Jumlah minyak meningkat di area non-makeup dan menurun di area makeup.

“Ada tren peningkatan orang yang memakai makeup saat berolahraga,” kata penulis Dongsun Park, PhD, dari Korea National University of Education, kepada Healthline. “Penelitian ini menunjukkan pentingnya mempelajari perubahan kondisi kulit individu yang memakai riasan saat berolahraga.”

Park melanjutkan, “Menurut penelitian ini, memakai makeup tebal seperti foundation cream saat berolahraga berpotensi menyebabkan masalah kulit seperti pori-pori tersumbat akibat penumpukan keringat. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih makeup yang lebih ringan atau produk bebas minyak untuk menjaga kesehatan kulit selama berolahraga.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenapa Makeup Dapat Merusak Kulit Anda?

Makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peningkatan kekeringan pada kulit, kata para ahli.

“Alasan disarankan untuk menghapus makeup sebelum tidur adalah karena dapat bercampur dengan minyak dan sel kulit mati sehingga menyumbat pori-pori dan mendorong pembentukan jerawat,” kata Dr. Brendan Camp, dokter kulit yang berbasis di New York. “Hal yang sama berlaku untuk memakai riasan saat berolahraga. Studi terbaru ini juga menunjukkan bahwa memakai riasan saat berolahraga dapat membuat kulit semakin kering.”

Penelitian ini fokus terutama pada foundation. Akan tetapi sebenarnya masih banyak jenis makeup lainnya.

“Maskara, eyeliner, dan lipstik mungkin tidak terlalu menjadi masalah saat berolahraga karena tidak diaplikasikan ke seluruh wajah,” jelas Camp.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat dampak jenis riasan tertentu pada kulit selama berolahraga.

3 dari 4 halaman

Alternatif Pengganti Foundation untuk Berolahraga

Apakah Anda merasa minder jika tidak menggunakan makeup? Termasuk saat berolahraga di tempat umum seperti sport center? Jika iya, ada sebuah kabar baik. Di mana, menurut para ahli, ada pilihan yang lebih sehat daripada foundation yang bisa memberikan perlindungan.

“Alternatif foundation adalah BB, atau beauty balm,” kata Camp. “BB cream merupakan perpaduan antara foundation dan juga produk skincare. Produk-produk tersebut sering kali diformulasikan sebagai non-komedogenik dan dimaksudkan untuk memperbaiki warna kulit dan penampilan kulit secara keseluruhan. CC atau krim color-correcting ditujukan untuk mengurangi kemerahan atau warna kulit tidak merata. Konsistensinya mungkin lebih ringan dibandingkan BB cream.”

4 dari 4 halaman

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Berolahraga

“Setelah berolahraga bersihkan kulit wajah dan tubuh untuk menghilangkan minyak berlebih, keringat, bakteri, dan sisa produk yang dapat menyebabkan jerawat atau folikulitis,” jelas Camp.

Selain itu, saat berolahraga di luar ruangan, ingatlah untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Gunakan SPF minimal 30, kacamata hitam, topi, dan jangan lupa oleskan tabir surya pada telinga, leher, dan bibir.

Selanjutnya, Camp juga mengatakan untuk minumlah air saat berolahraga, yang akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi tetapi juga menjaga keseimbangan air di tubuh Anda.

Sebenarnya, dermatologis menyarankan untuk tidak memakai alas bedak saat berolahraga karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Namun, jika Anda tetap ingin mengenakan makeup sebaiknya ikuti tips yang sudah diungkapkan sebelumnya, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.