Sukses

5 Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah dalam Al-Qur'an

Ada beberapa keutamaan membaca surat al-baqarah yang dapat kamu pelajari. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Baqarah, yang memiliki makna sapi betina, merupakan surat kedua dari 114 surat dalam Al-Qur'an. Membaca surat ini memiliki manfaat dan keutamaan yang penting bagi umat Muslim, baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, membaca surat Al-Baqarah saat bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT.

Surat Al-Baqarah dianggap istimewa dalam Alquran karena setiap ayatnya mengandung karunia besar yang dikehendaki oleh Allah. Surat ini termasuk dalam golongan surah Madaniyyah, yang turun di Kota Madinah. Al-Baqarah mencakup sekitar 2-5 juz dan memiliki total 286 ayat, menjadikannya surat terpanjang dalam Al-Qur'an.

Dalam hadis yang dikutip dari Almanhaj, Ustaz Abdullah bin Taslim al-Buthoni MA menjelaskan keutamaan membaca surat Al-Baqarah.

عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: اقْرَؤُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلا يَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ   رواه مسلم

Dari Abu Umâmah al-Bâhili Radhiyallahu anhu dia berkata, “Aku pernah mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Bacalah surah al-Baqarah, karena sesungguhnya selalu menetapinya mendatangkan keberkahan, sedangkan meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan, dan para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya. [HR. Muslim]

Hadis tersebut menyatakan bahwa membaca surat ini selalu mendatangkan keberkahan, sedangkan meninggalkannya akan menimbulkan penyesalan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Keutaman Surat Al-Baqarah

Beberapa faidah yang dapat diambil dari hadis ini adalah merutinkan membaca, memahami, dan mengamalkan surat Al-Baqarah. Meninggalkannya akan menyebabkan penyesalan dan kerugian karena kehilangan pahala dan keutamaan yang besar. Para tukang sihir tidak mampu menghafal atau mengganggu orang yang selalu membaca surat ini.

Dalam hadits-hadits shahih yang lain banyak dijelaskan keutamaan surah al-Baqarah atau keutamaan ayat-ayat tertentu di dalam surah ini, di antaranya:

1. Menjauhkan rumah dan anggota keluarga dari keburukan dan tipu daya setan.

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ

Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Qur’an di dalamnya), sesungguhnya syaitan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah

Dalam lafazh riwayat at-Tirmidzi: “…Sesungguhnya syaitan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah”

 

3 dari 6 halaman

2. Di dalam surah ini terdapat ayat al-Kursi yang merupakan ayat paling agung dalam al-Qur’an

Dari Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (kepadaku):

يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيَّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللهِ مَعَكَ أَعْظَمُ قَالَ قُلْتُ اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ قَالَ فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ وَاللهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

Wahai Abul Mundzir, apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam a-Qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?”. Maka aku berkata: “(Ayat al-Kursi) Allah tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan menegakkan makhluk-Nya…” (al-Baqarah: 255). Maka Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam menepuk dadaku dan bersabda: “Demi Allah, ilmu akan menjadi kesenangan bagimu, wahai Abul Mundzir!”

4 dari 6 halaman

3. Dua ayat terakhir yang memiliki banyak kebaikan

Dua ayat terakhir dari surah ini merupakan sebab dicukupkannya seorang hamba dari segala keburukan dan dimudahkan baginya banyak kebaikan.

Dari Abu Mas’ud al-Badri Radhiyallahu anhu bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barangsiapa yang membacanya di malam hari maka dua ayat tersebut akan mencukupi baginya.”

5 dari 6 halaman

4. Terbebas dari Sifat Munafik

Salah satu keutamaan membaca surat Al-Baqarah adalah bahwa kita akan terhindar dari sifat munafik. Kisah yang diriwayatkan oleh sahabat Said bin Abdil Aziz at-Tanukhi mengenai sahabat Yazid bin al-Aswad al Jarosyi, memberikan gambaran tentang hal ini. Dalam ceritanya, Yazid bin al-Aswad al Jarosyi mengatakan bahwa siapa pun yang membaca surat Al-Baqarah dan Ali Imran di malam hari akan terbebas dari sifat kemunafikan hingga pagi tiba.

Ini adalah sebuah keistimewaan yang luar biasa. Mengapa membaca surat Al-Baqarah dapat membuat kita terhindar dari sifat munafik? Surat Al-Baqarah adalah salah satu surat terpanjang dalam Al-Quran dan berisi banyak ajaran penting. Dalam surat ini, Allah memberikan petunjuk tentang bagaimana kita harus hidup dengan jujur dan tulus. Dengan membaca surat ini, kita akan terus diingatkan untuk menjadi orang yang konsisten dan tulus dalam iman kita.

 

6 dari 6 halaman

5. Menjadi pembela di Hari Kiamat

Salah satu keutamaan membaca surat Al-Baqarah adalah bahwa surat tersebut akan menjadi pembela bagi orang yang membacanya di hari kiamat.

Sebagai bukti, sahabat Abi Umamah al Bahili meriwayatkan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, "Janganlah lupa untuk membaca Al-Qur'an! Karena di hari kiamat, Al-Qur'an akan memberikan pertolongan kepada pemiliknya atau pembacanya. Bacalah dua surat yang sangat erat hubungannya, yaitu Al-Baqarah dan Ali Imran, karena keduanya akan hadir di hari kiamat dalam bentuk dua awan besar atau dua mendunga. Atau mungkin surat-surat tersebut akan berubah menjadi dua kelompok burung yang membentangkan sayapnya, yang akan membela pemiliknya. Janganlah lupa untuk membaca surat Al-Baqarah, karena membacanya akan membawa keberkahan, sedangkan meninggalkannya akan menyebabkan kerugian. Bahkan, orang-orang jahat atau tukang sihir tidak akan mampu menembus kekuatannya."

Dengan demikian, kita dapat melihat betapa pentingnya membaca surat Al-Baqarah dalam kehidupan kita. Selain mendapatkan pertolongan di hari kiamat, membaca surat tersebut juga memberikan keberkahan dan melindungi kita dari kejahatan. Jadi, mari kita tingkatkan kebiasaan membaca Al-Qur'an, terutama surat Al-Baqarah, agar kita dapat merasakan manfaatnya dan mendapatkan pembelaan di hari kiamat nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini