Sukses

11 Bunga Termahal di Dunia Tahun 2024, Harganya Fantastis dan Bikin Melongo

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bunga menjadi mahal harganya. Berikut ini adalah jenis-jenis bunga dengan harga termahal.

Liputan6.com, Jakarta Selama perjalanan sejarah, bunga telah dikenal sebagai lambang cinta, simpati, atau bahkan perdamaian. Terkadang, seseorang memberikan bunga sebagai ungkapan rasa syukur atas sesuatu yang baik telah terjadi.

Jika kalian hendak membeli bunga untuk seseorang, mungkin akan melihat bahwa ada bunga yang terjangkau dan ada yang lebih mahal. Ada beberapa alasan mengapa harga bunga tersebut tinggi.

Berikut adalah 11 jenis bunga termahal di dunia pada tahun 2024, merujuk pada informasi dari A-Z Animals pada (15/03).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Hydrangea

Menanam tanaman bunga hydrangea ini menjadi tugas yang menantang, inilah mengapa bunga hydrangea yang juga dikenal sebagai hortensia memiliki harga yang tinggi.

Bunga ini dapat ditemukan dalam beragam warna, mulai dari merah muda, putih, biru, hingga ungu. Harganya mencapai sekitar 6 hingga 7 dolar AS per tangkai atau setara dengan sekitar Rp94.000 per tangkai.    

3 dari 12 halaman

Gloriosa

Terdapat sejumlah sebutan untuk gloriosa (Gloriosa) yang dikenal, antara lain bunga bakung api, bunga lili kemuliaan, dan sebagainya.

Tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi, dengan harga sekitar $10 per tangkai atau sekitar Rp156.500 per batangnya. Hal ini disebabkan oleh kelangkaan bunga ini serta kesulitan dalam proses panen dan pembungaan.

4 dari 12 halaman

Lisianthus

Kombinasi warna-warni bunga ini terkenal akan harganya yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh perlunya perawatan yang intensif agar bunga-bunga ini dapat berkembang dan mekar dengan indah.

Tiap rangkaian biasanya terdiri dari 7 hingga 10 tangkai sehingga total biayanya bisa mencapai sekitar $100. Dengan begitu, harga per tangkai berkisar antara Rp156.000 hingga Rp200.000.

5 dari 12 halaman

Lily of The Valley

Keindahan bunga lily lembah (Convallaria majalis) membuatnya menjadi pilihan mahal karena memerlukan perawatan yang rumit. Selain itu, umur bunga ini sangat singkat sehingga perawatannya memerlukan perhatian ekstra.

Buket yang berisi bunga lily lembah dijual dengan harga sekitar $100 atau sekitar $15 untuk setiap tangkainya. Harganya setara dengan sekitar Rp234.000 per tangkai bila dihitung dalam mata uang rupiah. Sungguh mengagumkan!    

6 dari 12 halaman

Gardenia

Bunga Gardenia memiliki harga yang cukup tinggi. Diperlukan pembelian seluruh tanaman, tidak bisa hanya satu batang saja.

Kisaran harga yang harus dibayar berkisar antara $20 hingga $50 per tanaman. Jika dihitung dalam rupiah, nilai tanaman ini mencapai Rp313.000 hingga Rp782.000 per tanaman.

7 dari 12 halaman

Tulip

Tulip dianggap sebagai bunga nasional Belanda karena keberadaan ladang tulip di negara tersebut.

Saat ini, harga tulip menjadi lebih terjangkau, di mana sebuah buket berisi 15 tulip dapat dibeli seharga sekitar $30, yang berarti satu batangnya sekitar $2 atau setara dengan sekitar Rp31.000.    

8 dari 12 halaman

Saffron Crocus

Kunyit bunga yang secara ilmiah dikenal sebagai Crocus sativus merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki harga tinggi di dunia. Penyebab utama dari nilai tingginya adalah karena bagian kepala putiknya yang diekstraksi untuk menghasilkan rempah-rempah kunyit.

Bunga kunyit ini sering kali disebut sebagai "emas merah" dan diperlukan sekitar 150.000 bunga kunyit untuk menghasilkan satu kilogramnya.

Harga satu gram kunyit bunga ini diperkirakan sekitar $10 atau setara dengan sekitar Rp156.000.

9 dari 12 halaman

Gold of Kinabalu Orchid

Ditemukan pada tahun 1987, karena keeksotisan bunganya yang mencolok, orang-orang berupaya untuk menyelundupkan tanaman anggrek ini ke luar negeri.

Ternyata, satu tanaman dapat diperjualbelikan dengan harga $5 atau sekitar Rp78.000. Anggrek Emas Kinabalu (Paphiopedilum rothschildianum) juga dikenal sebagai anggrek Rothschild dan memerlukan beberapa tahun untuk mekar sepenuhnya.

10 dari 12 halaman

Shenzhen Nongke Orchid

Tanaman anggrek ini sepenuhnya buatan manusia. Diproduksi di fasilitas laboratorium di Cina oleh perusahaan Shenzhen Nongke Group, proses pengembangannya melalui tahap yang sangat kompleks dan memakan waktu delapan tahun untuk menghasilkan keindahan anggrek ini.

Ketika dilelang pada tahun 2005, anggrek tersebut terjual dengan angka fantastis mencapai $200.000 atau setara dengan Rp3,1 miliar. Bayangkan, nilai sebesar itu sama dengan harga sebuah rumah.

11 dari 12 halaman

Juliet Rose

Juliet Rose, sebuah varietas mawar yang luar biasa, dikembangkan oleh David Austin. Proses pengembangannya memakan waktu selama sepuluh tahun sebelum akhirnya ditampilkan di Chelsea Flower Show pada tahun 2006.

Meskipun Austin mengeluarkan biaya sekitar $4,3 juta untuk pengembangannya, kini mawar ini tersedia untuk dibeli di situs webnya dengan harga sekitar $26 per tangkai atau sekitar Rp406.000.    

12 dari 12 halaman

Kadupul Flower atau Bunga Wijaya Kusuma

Bunga langka ini hanya mekar sekali dalam setahun saat malam tiba. Namun, keindahannya hanya bisa dinikmati sebelum fajar menyapa, karena bunga itu layu begitu pagi tiba.

Inilah keistimewaan bunga kaktus yang begitu memukau, namun hanya bisa dinikmati sebentar.

Hal inilah yang membuat bunga Kadupul menjadi begitu berharga. Meskipun banyak yang mencoba untuk mengambilnya dari tempat asalnya, saat dipetik, bunga itu tak akan mekar dan akan layu seketika.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini