Sukses

Selain Jisoo Blackpink, 7 Idol Korea Ini Juga Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah

Jisoo “Blackpink” memutuskan untuk mendonasikan seluruh penghasilan dari kanal YouTube miliknya. Selain Jisoo, 7 artis Korea Selatan ini juga sangat loyal dan gemar berdonasi.

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui, industri hiburan asal Korea Selatan mampu memberikan pengaruh internasional yang cukup besar. Baik dari film maupun KPop, semua dapat diterima oleh banyak orang dari belahan dunia manapun.

Hal ini tentu membawa pengaruh besar bagi artis yang bekerja di dalamnya. Sebagian besar aktor maupun idol Korea dapat meraup puluhan juta won hingga lebih dari setiap proyek mereka. Sehingga tidak heran, mereka dapat memiliki kekayaan yang fantastis. Seperti IU, pada tahun 2021 diketahui memiliki harta sebanyak US$45 juta atau sekitar Rp703,5 miliar.

Tidak hanya berhasil dalam kariernya, banyak pula bintang Korea yang gemar menyumbangkan hartanya untuk membantu sesama. Beberapa dari mereka bahkan tidak hanya berdonasi sekali-dua kali. Setiap ada kesempatan untuk membantu orang yang membutuhkan, mereka tidak ragu untuk mendonasikan uang yang sangat besar.

Seperti yang saat ini sedang ramai dibicarakan, Jisoo Blackpink memutuskan untuk mendonasikan seluruh penghasilan dari kanal YouTube miliknya. Hingga Jumat, 15 Maret 2024, akun dengan 4,99 juta subscriber itu memiliki 11 video yang telah ditonton lebih dari 65 juta kali.

Pelantun Flower ini akan menyalurkan donasinya kepada lembaga amal anak-anak, yaitu Save The Children. Organisasi tersebut memiliki cangkupan internasional dan bertujuan untuk membantu anak-anak mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Selain Jisoo Blackpink, beberapa artis Korea Selatan ini juga sangat loyal dan gemar berdonasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. IU

IU merupakan penyanyi sekaligus aktris Korea Selatan yang sangat terkenal karena kedermawanannya. Tidak tanggung-tanggung, dia pernah masuk dalam salah satu Pahlawan Filantropi Forbes Asia pada tahun 2019 silam.

Rutin melakukan donasi sejak 2011, total donasi IU seumur hidupnya diperkirakan mencapai 1,5 miliar won. Pada saat pandemi Covid-19 melanda, pelantun Celebrity itu sempat menghebohkan penggemarnya karena melakukan donasi sebesar 260 juta won untuk masker dan perlengkapan medis keluarga miskin.

Tidak hanya itu, IU juga membuka awal tahun 2024 ini dengan berdonasi sebesar 200 juta won kepada empat organisasi yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial di Korea Selatan, yaitu kesejahteraan lansia, anak, ibu tunggal, dan penyandang disabilitas.

"Mungkin sulit untuk bahagia setiap hari, tapi saya berharap tahun ini diisi dengan lebih banyak hari yang menyenangkan daripada yang sedih, dan saya berharap semua orang tetap sehat," ucap IU dalam rilis pers kegiatan ini.

3 dari 5 halaman

2. Bae Suzy

Bae Soo Ji atau yang dikenal dengan nama panggungnya Suzy merupakan mantan grup vokal wanita Miss A yang telah beralih profesi menjadi aktris. Dalam hal filantropis, Suzy memiliki tradisi untuk berdonasi kepada Asosiasi Life Share pada setiap hari ulang tahunnya.

Dilansir dari Soompi, organisasi tersebut mengungkapkan bahwa total donasi pelantun Satellite itu telah mencapai kurang lebih 400 juta won. Uang tersebut ditujukan untuk menutupi pengobatan pasien dengan penyakit berat, seperti kanker anak dan leukimia.

3. Kim Woo Bin

Selain IU, aktor Kim Woo Bin juga memulai tahun 2024 ini dengan memberikan sumbangan sebesar 100 juta won atau sekitar Rp1.5 miliar kepada Pusat Medis Asan. Menurut laporan media Korea Selatan, kontribusi ini diberikan untuk kebutuhan kesehatan bagi mereka yang kurang mampu.

Upaya filantropis aktor 34 tahun itu bukan hanya baru dimulai tahun ini. Sebelumnya, Kim Woo Bin juga telah berdonasi kepada 200 anak yang sedang berjuang melawan kanker pada malam Natal. Melalui Pusat Medis Asan, kekasih Shin Min Ah ini memperlihatkan dedikasinya untuk memberikan dampak positif kepada mereka yang membutuhkan.

4 dari 5 halaman

4. Kim Soo Hyun

Sebagai bintang hallyu dengan bayaran tertinggi, Kim Soo Hyun juga menunjukkan kedermawanannya. Pemeran utama Queen of Tears ini pernah mengalokasikan 300 juta won dari dana pribadinya untuk membiayai perawatan psikologis para siswa SMP Danwon. Selain itu, dia turut membangun peringatan bagi korban tragedi Kapal Sewol pada 2014 silam.

Tidak hanya itu, aktor tampan berusia 36 tahun ini juga pernah menyumbangkan 203 juta won di acara amal Gucci di Tiongkok, serta memberikan bantuan 100 juta won untuk membantu warga Korea Selatan pada masa Covid-19.

5. Park Shin Hye

Park Shin Hye adalah anggota ke-36 dari klub filantropi Korea Food for the Hungry International (KFHI). Organisasi bertaraf global tersebut memiliki fokus untuk meningkatkan kesadaran tentang kemiskinan serta memberi makan kepada yang kurang beruntung.

Diketahui Park Shin Hye pernah mendapatkan penghargaan atas sumbangannya sebesar 100 juta won. Dia telah aktif dalam aktivitas ini sejak tahun 2011. Selain itu, ibu satu anak ini juga mendirikan pusat pendidikan anak-anak yang diberi nama Pusat Shin Hye. Saat ini, pusat pendidikan itu telah memiliki cabang di Ghana dan Filipina.

5 dari 5 halaman

6. Kim Yoo Jung

Bintang drakor My Demon, Kim Yoo Jung, turut tak ketinggalan untuk menunjukkan kedermawanan hatinya. Baru-baru ini, dia menyumbangkan dana sebesar 100 juta won atau senilai Rp1.1 miliar untuk sebuah yayasan kanker anak di Korea Selatan.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak yayasan pada 15 Februari 2024 lalu, yang bertepatan dengan Hari Kanker Anak Sedunia. Nantinya, dana yang diberikan oleh aktris cantik ini akan digunakan untuk pengobatan anak yang terkena kanker seperti leukimia maupun penyakit langka lainnya.

7. Shin Min Ah

Pada tahun 2016 silam, Shin Min Ah pernah membuat heboh lantaran telah menyumbangkan uang yang sangat besar secara rahasia. Hal tersebut dia lakukan selama lebih dari 10 tahun kepada salah satu badan amal di Korea Selatan. Pada saat itu, total total sumbangannya diketahui telah mencapai 1.4 miliar won.

Uang tersebut sebagian besar digunakan untuk menyokong pendidikan serta perawatan kesehatan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Selain itu, kekasih Kim Woo Bin ini juga memberikan biaya pemanas untuk orang tua yang tinggal sendiri, serta dukungan untuk perempuan dan anak di antara pengungsi dari Korea Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.