Sukses

4 Dampak Buruk Main Ponsel Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Menggunakan ponsel tepat sebelum tidur akan berdampak buruk pada kesehatanmu daripada yang Anda sadari.

Liputan6.com, Jakarta - Kemungkinan besar Anda pernah berjanji pada diri sendiri untuk tidur lebih awal agar tidak menelusuri media sosial. Namun, rasanya sulit untuk meninggalkan ponselmu, apalagi saat sedang bersantai. 

Padahal menggunakan ponsel tepat sebelum tidur akan berdampak buruk pada kesehatanmu daripada yang Anda sadari. 

Oleh karena itu, ketahui dampak buruk jika Anda menggunakan ponsel tepat sebelum tidur, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (14/2024).

1. Kulit menua lebih cepat

Anda mungkin menghabiskan banyak uang untuk membeli perawatan kulit yang mahal, tetapi sesuatu yang sederhana seperti menggunakan ponsel di tempat tidur akan menyabotase semua upayamu. 

Saat Anda melihat ponsel, hal itu menyebabkan timbulnya garis dan lipatan di leher, yang pada akhirnya bisa membuatmu menua lebih cepat.

2. Nyeri leher 

Jika Anda terbiasa dengan sensasi nyeri leher yang mengganggu, menggunakan ponsel di tempat tidur bisa memperburuk kondisi yang ada. 

Saat Anda memiringkan kepala ke depan untuk melihat layar, di beberapa tempat terjadi ketegangan pada otot di leher sehingga menyebabkan nyeri. 

Jika Anda tidak bisa membayangkan tidur tanpa memeriksa ponsel, coba pegang ponsel setinggi mata untuk menghindari ketegangan otot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengganggu tidur

Saat Anda akhirnya tertidur di penghujung hari yang melelahkan, Anda akan tergoda untuk meluangkan lebih banyak waktu memeriksa pesan atau membaca berita.

Namun kebiasaan ini tidak berbahaya seperti yang terlihat dan menggunakan ponsel menjelang waktu tidur akan membuatmu tidak bisa tidur nyenyak.

Cahaya biru dari gadgetmu tidak hanya memengaruhi penglihatanmu, namun juga bisa mengganggu siklus tidur-bangunmu, yang pada akhirnya bisa menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

 

3 dari 3 halaman

4. Menyakiti mata

Jika Anda pernah merasa penglihatanmu tiba-tiba kabur setelah menghabiskan waktu berjam-jam menelusuri media sosial, Anda pasti tidak sendirian. 

Saat Anda mengejan saat menggunakan ponsel cerdas, hal ini bisa menyebabkan kelelahan mata, atau mata lelah.

Untuk melindungi matamu, cobalah menurunkan kecerahan layar dan hindari menggunakan ponsel terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.