Sukses

Ternyata Ini Alasan Pangeran William Tak Pakai Cincin Kawin, Beda dengan Pangeran Harry

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan orang di seluruh dunia menyaksikan Kate Middleton dan Pangeran William menikah pada tahun 2011, namun sepertinya hanya penggemar kerajaan yang memperhatikan bahwa ia hampir tidak pernah mengenakan cincin kawin. Berbeda dengan saudaranya, Pangeran Harry, yang telah memakainya sejak pernikahannya dengan Meghan pada tahun 2018.

Bahwa Pangeran William tidak mengenakan cincin kawin diumumkan bahkan sebelum pernikahan kerajaan dilangsungkan, dan dia tidak diberikan cincin kawin selama upacara yang berlangsung di Westminster Abbey. Ini juga merupakan perbedaan besar pada pernikahan Harry dan Meghan di Windsor, di mana dia menghadiahkannya cincin miliknya sendiri selama kebaktian.

Pada saat itu, hal ini dianggap sebagai "preferensi pribadi" oleh sebuah sumber yang berbicara kepada The Mirror. “Dia bukan orang yang suka perhiasan,” kata sumber itu. “Dia tidak pernah memakai perhiasan apa pun. Dia memutuskan dia tidak ingin memakainya sekarang. Itu semua tergantung pada preferensi pribadi."

Preferensi Pangeran Harry jelas adalah memilih cincin kawin, dan cincin itu terbuat dari platinum dan memiliki sentuhan akhir bertekstur - menurut situs web Keluarga Kerajaan.

Pangeran Philip juga tidak pernah mengenakan cincin kawin, dan faktanya, hal itu sudah menjadi kebiasaan yang relatif modern bagi pria. Menurut BBC, "Perang Dunia II dianggap telah menandai perubahan besar, karena banyak pria Barat yang berperang di luar negeri memilih untuk memakai cincin kawin sebagai pengingat akan istri dan keluarga mereka di kampung halaman."

Namun, para ahli yang berbicara kepada BBC menjelaskan bahwa sebelum pertengahan abad ke-20, hampir tidak ada laki-laki yang mengenakan cincin kawin dan hal ini terjadi karena berbagai alasan, termasuk persepsi tentang pernikahan telah berubah seiring dengan semakin banyaknya hak yang dimiliki perempuan.

Hal ini mungkin telah menimbulkan pergeseran dari gagasan bahwa “cincin kawin hanya dikenakan oleh pengantin wanita karena cincin tersebut kadang-kadang berfungsi untuk mewakili kepemilikan oleh suaminya” menjadi pengertian bahwa “pria dan wanita yang memakai cincin kawin adalah tanda dari lebih banyak kesetaraan - itu seharusnya menjadi sesuatu yang mengikat keduanya dengan cara yang sama".

Baik Meghan Markle maupun Kate mengenakan cincin kawin yang terbuat dari emas Welsh, sebuah tradisi yang sudah ada sejak Ibu Suri, yang, ketika dia menjadi Lady Elizabeth Bowes-Lyons, dihadiahi cincin yang terbuat dari emas Clogau yang langka pada tahun 1923 ketika dia menikah dengan George VI.

Emas Clogau yang sama digunakan untuk cincin kawin Ratu Elizabeth, serta cincin saudara perempuannya Putri Margaret dan cincin kawin Putri Diana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pangeran William Kembali Jalankan Tugas Kerajaan Usai Hadapi Serangkaian Masalah Kesehatan Keluarga

Pangeran William kembali menjalankan aktivitas kerajaan setelah serangkaian gangguan kesehatan yang dialami oleh keluarganya.

Pria uisa 41 itu kembali muncul ke publik pada Rabu (7/2) sejak istrinya, Kate Middleton, kembali ke rumah setelah dirawat di rumah sakit selama 13 hari karena menjalani operasi perut. Hal ini juga menandai dia melanjutkan tugas kerajaan untuk pertama kalinya di tengah berita diagnosis kanker Raja Charles, yang terungkap awal pekan ini.

Melansir People, Pangeran William melakukan penobatan Member of the British Empire (MBE) pada pagi hari di Kastil Windsor atas nama ayahnya. Ia menyerahkan medali kepada individu seperti mantan pemain sepak bola Ellen White dan brigadir Tobias Lambert, yang diangkat menjadi Pejabat Orde Kerajaan Inggris.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Intip Kekayaan Pangeran William yang Gantikan Tugas Raja Charles III

Pangeran William akan menjalankan tugas resmi pertama setelah Raja Charles III mengalami kanker dan istri Pangeran William, Kate Middleton menjalani operasi.

Dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (7/2/2024), Pangeran William (41) akan melakukan upacara penobatan di Kastil Windsor setelah mundur sementara dari tugas kerajaan tiga pekan lalu untuk mengurus istri dan anak-anaknya setelah operasi Kate Middleton.

William juga akan menghadiri jamuan makan malam penggalangan dana untuk London’s Air Ambulance Charity di London, Inggris. Hal ini seiring peran Pangeran William sebagai patron atau pelindung dari organisasi tersebut.

Mengutip France24, ia diharapkan juga akan menjalankan peran lainnya selama sang ayah Raja Charles III dalam perawatan. Ia akan berbagi tugas dengan anggota kerajaan lainnya Putri Anne dan istri Raja Charles III, Ratu Camilla.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.