Sukses

Pangeran William Kembali Jalankan Tugas Kerajaan Usai Hadapi Serangkaian Masalah Kesehatan Keluarga

Pangeran William kembali muncul ke publik pada Rabu (7/2) sejak istrinya, Kate Middleton, kembali ke rumah setelah dirawat di rumah sakit selama 13 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William kembali menjalankan aktivitas kerajaan setelah serangkaian gangguan kesehatan yang dialami oleh keluarganya.

Pria uisa 41 itu kembali muncul ke publik pada Rabu (7/2) sejak istrinya, Kate Middleton, kembali ke rumah setelah dirawat di rumah sakit selama 13 hari karena menjalani operasi perut. Hal ini juga menandai dia melanjutkan tugas kerajaan untuk pertama kalinya di tengah berita diagnosis kanker Raja Charles, yang terungkap awal pekan ini.

Melansir People, Pangeran William melakukan penobatan Member of the British Empire (MBE) pada pagi hari di Kastil Windsor atas nama ayahnya. Ia menyerahkan medali kepada individu seperti mantan pemain sepak bola Ellen White dan brigadir Tobias Lambert, yang diangkat menjadi Pejabat Orde Kerajaan Inggris.

Penyerahan medali MBE ini merupakan pengakuan terhadap pencapaian, keberanian pribadi, atau jasa luar biasa kepada Inggris. Dan upacara tersebut diadakan sepanjang tahun untuk merayakan mereka yang masuk dalam Daftar Penghargaan Tahun Baru atau daftar Penghargaan Ulang Tahun negara.

Putri Anne menjadi tuan rumah upacara penobatan gelar MBE pertama minggu ini pada hari Selasa, menyerahkan medali kepada tenor opera Nicholas Spence, wasit rugbi Sara Cox, pemain rugbi kursi roda James Simpson dan banyak lagi di Kastil Windsor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Kosongkan Jadwal untuk Temani Sang Istri

Sebelumnya, Pangeran William mengosongkan jadwalnya ketika Putri Kate menjalani "rencana operasi perut" pada 17 Januari.

Pangeran William diperkirakan baru melanjutkan tugas publiknya beberapa hari setelah Kate pulang dari rumah sakit. 

"Putri Kate keluar dari rumah sakit pada 29 Januari dan Pangeran William keluar untuk penobatan di Kastil Windsor sembilan hari kemudian," mengutip People, Kamis (8/2/2024).

3 dari 4 halaman

Putri Kate Tengah Jalankan Pemulihan

Rumah Pangeran William dan keluarganya di Adelaide Cottage berada di dalam kawasan Windsor seluas 655 hektar. Ini adalah tempat yang nyaman untuk Putri Kate terus memulihkan diri.

Istana Kensington mengatakan pada 17 Januari bahwa Putri Kate akan memulihkan diri di rumah setelah dirawat di rumah sakit usai operasi.

Menurut saran dokter, Kate tidak mungkin kembali melakukan tugas publik sampai setelah Paskah. 

4 dari 4 halaman

Raja Charles Jalani Perawatan Kanker

Kembalinya Pangeran William bekerja pada hari Rabu akan menjadi hari tugas ganda, karena Pangeran Wales juga dijadwalkan menghadiri jamuan makan malam bersama London’s Air Ambulance Charity pada hari berikutnya.

Acara ini penting bagi Pangeran William, karena ia pernah menjadi pilot ambulans udara selama sekitar dua tahun di East Anglia dan menjabat sebagai pelindung organisasi tersebut.

Sebelumnya, Pangeran William dipastikan akan kembali bekerja sebelum Istana Buckingham mengumumkan Raja Charles didiagnosis menderita kanker. Pernyataan itu muncul tak lama setelah Raja Charles dirawat karena pembesaran prostat tapi belum sampai pada diagnosis kanker.

“Selama prosedur pembesaran prostat jinak yang dilakukan Raja baru-baru ini di rumah sakit, ada masalah terpisah yang menjadi perhatian. Tes diagnostik selanjutnya telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker,” kata Istana Buckingham dalam pernyataannya pada Senin.

"Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat yang mereka lakukan, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini. Dia tetap positif mengenai perawatannya dan berharap dapat kembali menjalankan tugas publik sesegera mungkin," tambah pernyataan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.