Sukses

Tugas Pertama Pangeran William Usai Gantikan Raja Charles III yang Jalani Perawatan Kanker

Raja Charles telah menunda untuk kembali ke tugas publik setelah didiagnosis kanker, Pangeran William kini menanggung tugas Raja.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William terlihat untuk pertama kalinya bertugas menggantikan ayahnya, sejak Raja Charles III diberitakan menderita kanker. Disebutkan Raja akan menunda bekerja kembali untuk tugas publiknya.

Mengutiup dari laman The Sun, Rabu, 7 Februari 2024, sebelumnya William sempat cuti untuk merawat Kate Middleton dan ketiga anak mereka setelah Kate Middleton menjalani operasi perut bulan lalu. Dia berencana untuk menjauh dari tugas kerajaan selama tiga setengah minggu, tetapi dia justru menerima tamu di Kastil Windsor Rabu pagi tadi. 

Foto-foto menunjukkan William tersenyum dan bercanda selama acara dengan tamu-tamunya. Penulis asal Inggris, Ellen White termasuk di antara mereka, mengobrol dengan William saat dia menganugerahinya gelar MBE. 

Pada malam harinya, William menghadiri gala penggalangan dana London Air Ambulance di Raffles Hotel London. The Times melaporkan bahwa mantan London Air Ambulance ingin William meyakinkan masyarakat ikut ambil bagian.

Dia diharapkan memberikan pidato yang menyentuh hati sesuai dengan perjuangan kesehatan Charles di pesta tersebut. Namun Pangeran William tidak akan menyebutkan kunjungan saudaranya ke Inggris, kata sumber tersebut.

Semua anggota keluarga kerajaan lainnya yang bekerja diketahui terus melanjutkan kegiatan publik selama Raja tidak ada. Namun Putri Wales kemungkinan tidak akan terlihat melaksanakan tugas garis depan apa pun sampai setelah Paskah, lanjut sumber. tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

William Berbagi Tugas dengan Ratu Camilla

Tak lama setelah Raja Charles didiagnosis mengidap penyakit kanker, Pangeran Harry pun bergegas ke bandara di LA untuk terbang pulang untuk mengunjungi ayahnya.

Tapi kabarnya Meghan Markle akan tetap di California bersama anak-anak mereka. Raja secara pribadi menelepon saudara-saudaranya dan anak-anaknya untuk memberi tahu mereka tentang diagnosisnya.

Charles menerima perawatan ahli dari dokter spesialis, Ia kembali dari Sandringham ke London untuk memulai pengobatan. Dokter menyarankan Charles untuk menunda tugas Kerajaan yang berhubungan dengan publik.

Camilla dan William akan berbagi beban tugas Raja selama perawatannya. Situasi itu membuat Charles dan William menjadi sangat dekat dalam beberapa bulan terakhir. 

Raja secara rutin menginap di Kastil Windsor pada Minggu malam untuk menghabiskan waktu bersama putra sulungnya dan pewaris takhta kerajaan. Pangeran Harry dikatakan terbuka untuk reuni dengan William, tetapi dilaporkan bermalam di hotel karena saudaranya tidak berencana untuk menemuinya. 

Raja Charles III menyempatkan bertemu Pangeran Harry setelah dia terbang jauh dari Los Angeles ke Inggris pada Selasa, 6 Februari 2024. Pertemuan berlangsung selama 30 menit itu menjadi pertemuan Charles dan Harry yang pertama dalam 16 bulan terakhir.

3 dari 4 halaman

Raja Charles III Kembali Bertemu Harry

Pangeran Harry dan Raja Charles III kembali bertemu di Clarence House. Namun Harry diperkirakan tidak akan bertemu saudaranya Pangeran William dalam perjalanan tersebut.

Orang dalam mengatakan William (41), tidak berencana mengunjungi saudaranya Harry. Sumber yang dekat dengan Harry mengatakan dia akan bertemu William "jika ada kesempatan". Harry tidak bermalam di istana kerajaan dan diperkirakan malah menginap di hotel.​

Mengutip The Sun, Rabu (7/2/2024), Harry mendarat di Bandara Heathrow Inggris saat jam makan siang setelah menempuh perjalanan 10,5 jam. Ia segera berangkat ke London saat sang ayah menunda penerbangannya ke Sandringham dengan helikopter.

Charles membiarkan helikopternya menunggu agar dia bisa secara pribadi menyambut Harry di Clarence House, London.  Pertemuan mereka diperkirakan berlangsung kurang lebih setengah jam, dengan Pangeran Harry dan rombongan meninggalkan Clarence House sekitar 45 menit setelah tiba. Ini pertama kalinya dia dan Charles bertemu secara pribadi sejak Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022, meski mereka tetap melakukan kontak telepon.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi Raja Charles III

Charles terlihat bahagia dengan reuni tersebut saat ia difoto untuk pertama kalinya sejak Istana mengumumkan diagnosis kankernya, Senin, 5 Februari 2024. Dia tampak tersenyum di samping Camilla di belakang State Bentley ketika mereka melambai kepada orang banyak dalam perjalanan singkat antara Clarence House dan Istana Buckingham.

Raja dan Ratu akhirnya menaiki helikopter mereka dari taman Istana satu jam lebih lambat dari yang direncanakan. Sumber-sumber di istana mengungkapkan dia akan membagi waktu di kediamannya di pedesaan dan kembali ke London untuk pertemuan, urusan bisnis, dan pengobatan rawat jalan untuk kanker yang dideritanya.

Seorang sumber mengatakan, "Charles selalu memiliki jadwal yang ketat dan memiliki rencana perjalanan meninggalkan London untuk beristirahat dan memulihkan diri di Norfolk." 

Raja Charles mengatakan kondisinya 'sangat baik' dan 'sepenuhnya normal'. Seorang teman yang menyaksikan Charles mengatakan, "Bila kamu tidak tahu ada yang salah dengannya kamu tidak akan tahu."

Sumber istana lain mengungkapkan bahwa Raja 'dalam kondisi baik' dan 'hanya sedikit frustasi karena kondisinya tidak hanya memengaruhi rencananya tetapi juga berdampak pada yang lain'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini