Sukses

6 Drakor Coming of Age yang Membangkitkan Nostalgia, Mana Favoritmu?

Beberapa drakor di bawah ini akan membangkitkan kenanganmu saat remaja dulu. Apa saja daftarnya? Yuk, cek selengkapnya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki usia dewasa, rasanya menjadi salah satu fase tersulit dalam hidup seseorang yang ditandai dengan berbagai banyak masalah hingga berusaha susah payah untuk menyelesaikannya satu per satu. Hal ini juga menjadi salah satu masa peralihan dari masa remaja yang begitu menyenangkan.

Di mana masa-masa tersebut menjadi kehidupan yang penuh warna, emosi, dan pastinya ada banyak nostalgia yang tercipta dari pertemanan hingga urusan asmara. Namun sayangnya, waktu itu adalah di mana kita sering tidak mengetahui apa yang diinginkan dalam hidup, apa pekerjaan impian yang harus dilakukan, dan bagaimana cara bertahan hidup dalam dunia nyata.

Meskipun begitu, jika bisa mengulang kehidupan saat remaja apakah Anda ingin mengulangnya lagi? Walau waktu sendiri tidak bisa berulang, setidaknya ada banyak genre film atau serial yang mengambil tema ini.

Termasuk beberapa drama Korea (drakor) yang sudah dilansir dari Movieweb, Senin (5/2/2024), berikut. Di mana ada drama Korea yang mengambil tema coming of age atau drama yang mengisahkan perjalanan seseorang dalam mencari jati diri saat dewasa.

Mulai dari cerita tentang cinta pertama, persahabatan, hingga perjuangan hidup yang keras, yuk, simak lebih lengkap ulasannya rekomendasi drakor di bawah ini! Siapa tahu akan membawa membawamu kembali mengingat masa-masa indah dulu.

1. Cheese in the Trap

Drama Korea pertama yaitu Cheese in the Trap diangkat dari webtoon yang memiliki judul yang sama. Ini berlatarkan sebuah universitas dan berfokus pada hubungan yang sangat sulit antara seorang mahasiswa penerima beasiswa, Hong Seol (Kim Go Eun), dan seniornya, Yoo Jung (Park Hae Jin).

Jung adalah seseorang yang memiliki karakter yang kejam dan manipulatif. Ia sendiri populer karena kekayaan keluarganya, yang memperlakukan Seol dengan tidak adil, sehingga dia mengambil cuti dari studinya.

Sekembalinya, dia tampak baik padanya, bahkan mengajaknya berkencan. Akibatnya hubungan mereka sangat canggung. Hal ini semakin diperumit oleh saudara kandung Baek In Ho (Seo Kang Joon), dan Baek In Ha (Lee Sung Kyung), teman masa kecil Jung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. My ID is Gangnam Beauty

My ID is Gangnam Beauty juga merupakan drama yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama. Ini menceritakan kisah seorang mahasiswa baru yang menjalani operasi kosmetik sebelum memulai fase baru dalam hidupnya.

Alih-alih lolos dari perundungan yang ia alami di sekolah, ia malah dihadapkan pada ejekan karena penampilannya yang dibuat-buat. Drama yang dibuat tahun 2018 lalu, menjadi sebuah gambaran yang baik tentang beberapa masalah sosial yang mengganggu masyarakat Korea sehubungan dengan standar kecantikan yang tidak wajar dan diskriminasi yang dialami orang-orang karena penampilan fisik mereka.

Inilah salah satu alasan kenapa Anda wajib untuk menontonnya.

3 dari 6 halaman

3. Reply 1988

Reply 1988 berlatar tahun 1988, dan berkembang dengan cara seperti anekdot yang menelusuri kehidupan lima orang teman yang tinggal di lingkungan yang sama di Ssangmun-dong, Distrik Dobong, Seoul. Ini hampir merupakan studi etnografi tentang kehidupan remaja Korea di akhir tahun 80-an.

Penggambaran detail yang menarik tentang persaingan antar saudara kandung, cinta tidak berbalasa, kehidupan sekolah, diselingi dengan ekonomi Korea, dan Olimpiade Seoul, serta banyak tema lainnya tercakup dalam drama Korea ini.

Maka tidak mengherankan bila drama ini menjadi sangat populer sehingga menjadi drama dengan rating tertinggi kelima di televisi kabel Korea. Selain itu, menjadi drama dengan rating tertinggi selama masa penayangannya.​

4 dari 6 halaman

4. To the Beautiful You

To the Beautiful You didasarkan pada manga berjudul For You in Full Blossom. Ini berkisah tentang protagonis wanita, Goo Jae Hee (Sulli), seorang gadis Korea yang tinggal di Amerika Serikat.

Saat menonton kompetisi atletik di televisi, dia merasa tertarik pada seorang atlet, Kang Tae Joon (Choi Min Ho). Setelah kejadian ini, dia termotivasi untuk menjadi seorang atlet juga dan akhirnya pindah ke sekolah Tae Joon.

Namun, ada kendala yang tidak bisa memuluskan rencananya. Di mana sekolah Tae Joon merupakan sekolah khusus laki-laki. Pada akhirnya, untuk belajar dan berlatih di samping idolanya, dia berpura-pura menjadi laki-laki.

5 dari 6 halaman

5. Fight for My Way

Fight for My Way meliput kehidupan yang tidak diunggulkan tentang orang dewasa muda dengan impian yang tidak terpenuhi dan kurangnya tujuan. Menceritakan tentang Go Dong Man (Park Seo Joon) dan Choi Ae Ra (Kim Ji Won) yang merupakan sahabat masa kecil.

Go Dong Man adalah pemain taekwondo populer yang meninggalkan profesinya karena sesuatu yang terjadi ketika ia masih muda. Sementara Choi Ae Ra membuat pengumuman di sebuah department store sambil bermimpi menjadi penyiar televisi.

Keduanya mempertahankan pertengkaran kekanak-kanakan saat mencoba melewati perjuangan hidup, untuk mencapai atau merebut kembali impian mereka.

6 dari 6 halaman

6. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Rekomendasi drakor terakhir ada Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Drama Korea ini berkisah tentang seorang atlet angkat besi wanita, Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung), yang ingin bergabung dengan universitas olahraga untuk mengejar tujuan kariernya.

Ceritanya berkisar pada permasalahan yang ia hadapi sebagai seorang atlet wanita dari masyarakat luas saat menjalani latihan yang berat. Cara dia menangani masalah yang menghadangnya dan bagaimana masalah tersebut menambah pertumbuhannya sebagai karakter patut untuk diikuti.

Jadi, dari enam drakor yang sudah disebutkan tadi, adakah favorit Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.