Sukses

4 Cara Mengerikan Mendengkur Bisa Membunuhmu, Termasuk Pecahnya Pembuluh Darah

Berikut beberapa cara mengerikan mendengkur bisa membunuhmu

Liputan6.com, Jakarta Tidur di samping orang yang mendengkur keras bisa menjadi ujian - tetapi mungkin ada sejumlah kondisi kesehatan serius yang terkait dengan kebiasaan ini. Menurut British Snoring and Sleep Apnea Association, sekitar 30 juta orang Inggris mendengkur. 

Namun, dengan kondisi seperti penyakit jantung dan pecahnya pembuluh darah yang terkait dengan kebisingan yang mengganggu, hal ini lebih dari sekedar "gangguan umum" namun merupakan masalah tersendiri yang menyebabkan kadar oksigen lebih rendah.

Mendengkur sering kali merupakan gejala dari kondisi berbahaya, seperti apnea tidur obstruktif, yang menyerang satu dari delapan orang. Hal ini juga dikaitkan dengan beberapa kondisi mematikan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Dihimpun dari Mirror, berikut beberapa cara mendengkur membunuhmu bila tak segera diatasi:

1. Pecahnya pembuluh darah

Ketika komunitas sains melakukan penelitian keras untuk mengungkap semua potensi efek samping dari mendengkur, The Lancet Regional Health mengamati data dari lebih dari 82.000 orang dewasa di Tiongkok. Dengan menganalisis DNA mereka, para ilmuwan mengungkap apakah mereka secara genetik cenderung mendengkur dan bagaimana hal itu berkorelasi dengan jumlah orang yang menderita stroke. 

Pada akhirnya, mereka sampai pada kesimpulan bahwa mendengkur meningkatkan risiko stroke yang disebabkan oleh penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah.

Selama satu dekade, sebanyak 19.623 partisipan menderita stroke, termasuk 11.483 kasus stroke iskemik, yang disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke otak. Selain itu, 5710 menderita stroke hemoragik, yang secara tragis terjadi ketika arteri akhir pekan di otak pecah dan mulai berdarah. Pendengkur lebih mungkin menderita kedua versi stroke tersebut.

Dr Yunqing Zhu dari Universitas Peking mengatakan: “Tidur mendengkur secara konsisten terbukti sebagai faktor penyebab potensial peningkatan risiko stroke total, stroke hemoragik, dan stroke iskemik. Selain itu, hubungan sebab akibat tersebut tetap stabil, tidak bergantung pada pengaruh BMI.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan kekhawatiran besar bagi para pendengkur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akademis, Sleep, menganalisis 2.320 orang dewasa, selama periode sepuluh tahun, dengan usia rata-rata 74 tahun. Para akademisi membagi peserta menjadi tiga kelompok, 'orang yang tidak mendengkur tetapi mengantuk', ' pendengkur yang tidak mengantuk' dan 'pendengkur yang mengantuk'.

Eksperimen mereka menunjukkan bahwa mereka yang mendengkur dan merasa lelah di siang hari, 46% lebih mungkin terkena penyakit jantung. Dr Yohannes Endeshaw dari Morehouse School of Medicine di Atlanta, mencoba meningkatkan kesadaran, dengan menyatakan: “Kami pikir gejala-gejala ini dapat digunakan sebagai metode sederhana dan murah untuk mengidentifikasi orang lanjut usia yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.”

 

3 dari 4 halaman

3. Tekanan darah tinggi

Hubungan antara tekanan darah tinggi dan sleep apnea telah didokumentasikan dengan baik di komunitas sains. Namun, secara mengejutkan, para peneliti hanya melakukan sedikit penelitian tentang dampak mendengkur. 

Namun, Profesor Habibolah Khazaie, dari Universitas Ilmu Kedokteran Kermanshah di Iran, menerbitkan temuannya di Journal of International Medical Research.

Fasilitas akademis memantau dengkuran, apnea, dan tekanan darah pada 181 orang dewasa dengan usia rata-rata 49 tahun. Temuan mereka membuktikan bahwa pendengkur memiliki kemungkinan jauh lebih tinggi menderita tekanan darah tinggi dan kemungkinan besar mengalami kelebihan berat badan. 

Khazaie menjelaskan: “Pasien dengan hipertensi memiliki tingkat mendengkur dan apnea yang lebih tinggi, serta indikator kelebihan berat badan. Mendengkur adalah prediktor hipertensi yang paling kuat.”

 

4 dari 4 halaman

4. Diabetes tipe 2

Ilmuwan Korea Selatan menerbitkan penelitian di Diabetes & Metabolism Journal, yang mengukur dengkuran pada 3.948 orang dewasa yang tidak menderita penyakit jantung. Premis mereka adalah untuk mencari tahu apakah ada hubungan antara mendengkur dan diabetes tipe 2. Dan prediksi mereka terbukti benar.

Berdasarkan pemantauan kadar gula darah, peserta dengan tingkat dengkuran terburuk memiliki kemungkinan 84% lebih tinggi terkena pradiabetes, yang terjadi sebelum diabetes tipe 2. Peluang mereka lebih dari dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak mendengkur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.