Sukses

5 Pola Hidup Sehat untuk Menstabilkan Kolesterol Tanpa Konsumsi Obat-Obatan

Ada lima gaya hidup yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali tanpa harus mengandalkan penggunaan obat-obatan.

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol adalah suatu zat yang diperlukan oleh tubuh, namun terkadang terjadi kelebihan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Untuk menjaga kesehatan jantung, penting bagi kita untuk mengurangi ketergantungan pada obat-obatan dan lebih memfokuskan pada perubahan gaya hidup.

Dengan memperbaiki gaya hidup dan memberikan perhatian pada kesehatan, kita dapat menjaga kadar kolesterol tetap stabil tanpa harus terlalu mengandalkan obat-obatan.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim pada Jumat (19/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Batasilah Konsumsi Alkohol dan Lakukan Kegiatan Olahraga

Berhenti atau mengurangi konsumsi alkohol merupakan langkah yang krusial dalam mendukung kesehatan tubuh. Alkohol dapat memberikan dampak negatif terutama pada organ hati dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan membatasi jumlah alkohol yang dikonsumsi, kita dapat menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah kemungkinan timbulnya masalah kesehatan.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk menjalani kegiatan olahraga secara teratur dalam rutinitas harian, contohnya, dengan berjalan cepat setidaknya selama 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik seperti berjalan cepat tidak hanya membantu meningkatkan kadar HDL, yang dikenal sebagai kolesterol baik, tetapi juga dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

3 dari 11 halaman

2. Berhenti Kebiasaan Merokok

Menghindari kebiasaan merokok merupakan langkah yang krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. Merokok tidak hanya berdampak pada sistem pernapasan, melainkan juga memberikan kontribusi negatif terhadap keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Secara spesifik, merokok dapat meningkatkan kapabilitas kolesterol LDL untuk masuk ke dalam sel-sel arteri, menciptakan dasar bagi potensi risiko masalah kesehatan yang lebih serius.

Tidak hanya berpengaruh terhadap penurunan kolesterol baik, melainkan juga mampu membuat pembuluh darah menjadi kaku, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4 dari 11 halaman

3. Singkirkan Kelebihan Lemak dalam Tubuh

Menghilangkan kelebihan lemak dalam tubuh menjadi tindakan yang sangat krusial dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh. Tidak hanya menyangkut aspek penampilan, kondisi kelebihan berat badan juga dapat berdampak negatif pada tingkat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kelebihan berat badan dapat memicu peningkatan trigliserida dan kadar LDL (Low-Density Lipoprotein), yang dikenal sebagai kolesterol jahat, dalam darah. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan tinggi lemak, seperti makanan yang digoreng.

5 dari 11 halaman

4. Kontrol Kadar Gula Darah

Mengontrol tingkat gula darah menjadi suatu hal yang esensial, terutama bagi mereka yang mengidap diabetes. Kenaikan kadar gula darah berkaitan erat dengan peningkatan risiko aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding arteri, serta peningkatan risiko terhadap serangan jantung dan stroke.

Oleh karena itu, usaha untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah bukanlah hanya tanggung jawab semata, tetapi juga merupakan suatu investasi penting dalam kesejahteraan dan masa depan kesehatan Anda.

6 dari 11 halaman

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat tidak hanya memberikan dampak positif pada kesehatan fisik, tetapi juga memiliki peran yang signifikan dalam kesejahteraan mental. Pentingnya memilih jenis makanan dengan bijak dapat menjadi kunci untuk menciptakan gaya hidup sehat dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis.

Oleh karena itu, untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, berikut adalah beberapa pilihan jenis makanan yang sebaiknya diambil:

  1. Meningkatkan jumlah dan ragam buah segar, sayuran, dan gandum.
  2. Memilih produk susu rendah atau rendah lemak, yoghurt, dan produk susu lainnya atau menambahkan minuman kedelai dapat meningkatkan asupan kalsium.
  3. Memilih daging yang rendah lemak (daging yang telah dihilangkan lemaknya).
  4. Batasilah asupan daging berlemak, termasuk sosis dan salami, serta pilihlah daging sandwich yang lebih sehat, seperti dada kalkun atau ayam tanpa lemak yang dimasak hingga matang. 
  5. Upayakan untuk mengkonsumsi ikan, baik yang segar maupun dalam kaleng, setidaknya dua kali dalam seminggu.
  6. Gantilah mentega dengan margarin yang mengandung lemak tak jenuh ganda. 
  7. Sertakan cemilan kaya serat larut dan lemak sehat dalam pola makan harian, seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian.
  8. Batasilah konsumsi keju dan es krim hanya dua kali dalam seminggu.
7 dari 11 halaman

Berapa Lama Kolesterol Turun Tanpa Obat?

Dengan pengaturan pola makan yang disiplin, tingkat kolesterol dalam darah biasanya akan mengalami penurunan secara perlahan-lahan dalam rentang waktu 1 hingga 3 bulan.

8 dari 11 halaman

Berapa Bulan Sekali Harus Cek Kolesterol?

Menurut The American Heart Association, pemeriksaan kadar kolesterol darah sebaiknya dilakukan setiap lima tahun setelah seseorang mencapai usia 20 tahun. Tetapi, apabila kadar kolesterol dalam tubuh melewati angka 200 mg/dL, sebaiknya pemeriksaan kolesterol dijalankan setiap tiga bulan hingga kadar kolesterol kembali dalam batas normal.

9 dari 11 halaman

Apakah Kolesterol Bisa Sembuh Total?

Menurut Dr. Nitish Naik, seorang spesialis jantung dari All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, India, penyakit kolesterol tinggi tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, tetapi dapat dikendalikan. Dr. Naik menyatakan bahwa tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan kolesterol tinggi secara permanen.

10 dari 11 halaman

Buah Apa yang Bagus untuk Kolesterol?

Selain mengkonsumsi buah pisang, Anda juga dapat mengkonsumsi satu buah apel sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kolesterol.

11 dari 11 halaman

Air Rebusan Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Air Rebusan Daun Sirih. Minuman ini bermanfaat kolesterol total, trigliserida, dan LDL. Tak hanya menurunkan kolesterol tinggi, air rebusan daun sirih bisa menstabilkan kolesterol baik dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini