Sukses

Pelajar, Yuk Mulai Menabung Demi Masa Depan dengan 7 Tips Ini!

Membiasakan diri menabung tidak hanya mengajarkan disiplin finansial, tetapi juga membantu mempersiapkan masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Menabung merupakan salah satu keterampilan keuangan yang penting bagi para pelajar. Membiasakan diri menabung tidak hanya mengajarkan disiplin finansial, tetapi juga membantu mempersiapkan masa depan. 

Seperti diketahui, mayoritas pelajar belum memiliki penghasilan sendiri. Biasanya mereka dibekali uang jajan harian hingga mingguan oleh kedua orang tuanya. Nah, dari sinilah sebenarnya pelajar bisa menyisihkan sedikit demi sedikit untuk menciptakan kebiasaan menabung sejak dini.

Sayangnya, tidak sedikit pelajar yang menganggap menabung untuk masa depan tidak urgent karena masih dibiayai orang tuanya. Padahal, ini bisa menjadi bekal awal untuk kebutuhan pribadimu. Walaupun nominalnya tidak banyak, tapi setidaknya kamu akan memiliki kebiasaan positif yang bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

Supaya tabungan cepat terkumpul, berikut adalah delapan cara sederhana bagi para pelajar untuk mulai menabung:

1. Buat Goals dan Tujuan

Tentukan tujuan atau target tabungan yang ingin kamu capai, baik dalam waktu dekat atau jangka panjang. Sebagai contoh, untuk membeli barang tertentu, merencanakan liburan, atau sesimpel mempersiapkan masa depan. Tujuan yang jelas akan memberimu motivasi lebih untuk menabung.

2. Rutin Menyisihkan Uang Jajan

Jika kamu adalah seorang siswa atau pelajar, kamu pasti akan diberikan uang saku untuk kebutuhan harian. Nah, ketika kamu memiliki tujuan menabung, coba untuk menyisihkan sebagian uang jajan tersebut. Perlu diingat bahwa ini hanya sekadar menyisihkan, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakannya sama sekali.

3. Bawa Bekal dari Rumah

Membawa bekal dari rumah menjadi bagian penting bagi pelajar yang ingin menabung. Dengan mengaplikasikan hal ini, otomatis pengeluaran uang saku juga ikut berkurang. Namun, jangan sampai melewatkan waktu makan demi berhemat, ya. Kamu tetap harus menjaga pola makan teratur agar kesehatan tetap terjaga.

4. Kurangi Nongkrong Karena FOMO

Siswa remaja seringkali menghabiskan waktu di tempat nongkrong bersama teman-temannya, mulai dari kafe hingga tempat hits lainnya. Sayangnya, aktivitas ini bisa menghambat upaya menabung, terutama jika nongkrong di tempat yang terbilang mahal. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi frekuensi nongkrong dan alihkan uang tersebut untuk ditabung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Catat Pengeluaran Harian

Supaya perjalanan menabung lebih tertata, saatnya kamu membuat catatan pengeluaran harian. Hal ini akan membuat kamu cenderung disiplin dalam menabung, sehingga perjuanganmu lebih efektif. Catatan ini bisa berupa tabel dengan kolom-kolom yang mencantumkan detail dan jumlah pengeluaran harian. Setelahnya, kamu dapat dengan mudah melacak perkembangan tabungan secara teratur.

6. Tentukan Prioritas Pengeluaran

Selanjutnya, coba untuk membuat list prioritas pengeluaran. Kebutuhan prioritas ini merupakan beberapa hal yang benar-benar dibutuhkan sebagai pelajar. Seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sangat disayangkan jika kamu banyak menghabiskan uang pada keinginan yang belum tentu bermanfaat.

7. Jadikan Menabung sebagai Kewajiban

Coba tanamkan pada mindset bahwa menabung adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan. Cara ini akan membuat kamu memiliki tanggung jawab yang lebih terhadap keuangan. Mungkin awalnya terasa sulit, namun seiring berjalannya waktu kamu akan lebih terbiasa.

Setelah memahami beberapa tips di atas, menabung menjadi langkah bijak yang bisa dilakukan pelajar untuk mempersiapkan masa depan yang stabil finansial. Meskipun sering dianggap tantangan, menabung bisa dilakukan dengan mudah jika disertai tekad dan disiplin.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini