Sukses

5 Olahraga yang Bikin Paha Ramping, Bisa Dilakukan Di Rumah

Olahraga pertama yang dipercaya efektif untuk mengecilkan paha adalah naik turun kursi. Latihan ini sangat sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus.

Liputan6.com, Jakarta Paha yang bergelambir seringkali menjadi titik insecure seseorang. Sebaliknya, paha yang kecil jadi dambaan karena bisa meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil. Pada paha yang bergelambir menandakan kalau tubuh menghasilkan banyak kalori daripada kalori yang dibakar menjadi energi. Akibatnya, lemak pada tubuh menumpuk di satu bagian tersebut.

Seperti yang diketahui, lemak yang menumpuk dan berlebih juga menjadi masalah kesehatan dan menurunkan rasa percaya diri. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan permasalahan paha berlemak adalah gen, usia, stres, dan pola hidup yang tidak aktif bergerak.

Nah, dalam upaya mengatasinya, ada sejumlah aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan di rumah. Berikut adalah beberapa pilihan olahraga mengecilkan:

1. Naik Turun Kursi

Olahraga pertama yang dipercaya efektif untuk mengecilkan paha adalah naik turun kursi. Latihan ini sangat sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus. Kamu hanya perlu melakukan gerakan naik dan turun dari bangku beberapa kali. Supaya lebih efektif dan terasa hasilnya, coba ulangi gerakan ini selama 5-10 menit. Dengan cara ini, paha dapat menjadi lebih langsing dan otot akan menjadi lebih kuat.

2. Mountain Climbing

Seperti namanya, olahraga mountain climbing dilakukan seperti kamu mendaki gunung. Ini menjadi olahraga yang efektif untuk mengecilkan paha sekaligus perut. Selain itu, ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh. Mulailah dengan mengambil posisi seperti push up, lanjutkan dengan menekuk lutut secara bergantian ke arah dada seolah sedang menanjak. Ulangi gerakan ini sebanyak 8–12 kali untuk setiap kaki untuk hasil yang maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Squat

Efektif untuk merampingkan paha, squat menjadi olahraga yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain paha, olahraga ini juga membantu mengencangkan bagian tubuh lainnya seperti bokong dan betis. Langkah awal yang harus dilakukan adalah buka kaki selebar bahu dan panjangkan tangan ke depan. Selanjutnya, turunkan tubuh dengan menekuk lutut seolah-olah akan duduk di kursi, pastikan punggung tidak melengkung, ya. Ulangi gerakan ini sebanyak 8-12 kali.

4. Naik Turun Tangga

Olahraga naik turun tangga adalah cara yang efektif untuk mengecilkan paha. Hal ini bisa membantu mengencangkan area tersebut karena berfokus pada otot paha dan kaki. Ini juga merupakan latihan kardiovaskular yang baik untuk membakar kalori dan lemak sehingga membantu kamu mencapai tubuh yang lebih sehat dan ramping. Segala aktivitas ini tidak akan berhasil jika tidak dijalani dengan konsistensi.

 

3 dari 3 halaman

5. Plank

Bagi seseorang yang baru mencoba plank, hal ini akan terasa sulit dan tak semudah kelihatannya. Plank adalah salah satu latihan yang sangat efektif untuk mengecilkan serta melatih otot perut dan paha secara bersamaan. Tidak hanya itu, plank juga mampu meningkatkan kekuatan otot lengan, punggung bagian bawah, dan bokong. 

Nah, untuk melakukan plank, mulai dengan tengkurap seperti posisi push up. Selanjutnya, angkat tubuh secara perlahan dengan menggunakan tumpuan pada lengan bawah dan jari kaki. Pastikan agar tubuh Anda berada dalam posisi sejajar atau membentuk garis lurus mulai dari kepala hingga ujung kaki. Tahan posisi ini selama 20-60 detik, ulangi sebanyak 3-5 kali.

Itulah beberapa olahraga yang bisa membantu mengurangi gelambir dan lemak berlebih pada paha. Supaya menambah efektivitas, sebaiknya hal ini juga dibarengi dengan kardio. Ini meliputi lari, jogging, atau jalan cepat. Latihan ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi 20-45 menit setiap harinya. 

Sebagai contoh, saat pergi bekerja kamu bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Hal ini karena jalan kaki lebih banyak ditempuh saat menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Selain itu, kamu bisa naik turun tangga sebagai pembakar kalori dibanding menggunakan lift. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari sekaligus membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini