Sukses

Sumarak Literasi Dharmasraya 2023 Sukses Pecahkan Rekor MURI

Program ini telah berhasil memfasilitasi lebih dari 10.000 siswa dan guru dari 197 sekolah, mulai jenjang SD/sederajat dan SMP/sederajat di Kabupaten Dharmasraya.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, bekerja sama dengan Nyalanesia sukses menyelenggarakan Sumarak Literasi Dharmasraya 2023. Program ini telah berhasil memfasilitasi lebih dari 10.000 siswa dan guru dari 197 sekolah, mulai jenjang SD/sederajat dan SMP/sederajat di Kabupaten Dharmasraya.

Selain penulisan karya dan penerbitan buku antologi sekolah, program ini juga memfasilitasi para peserta dengan pelatihan di awal program. Hingga akhirnya, lebih dari 10.000 karya siswa dan guru telah berhasil tercipta melalui program ini.

Program Sumarak Literasi Dharmasraya ini sukses memecahkan Rekor MURI dalam Kategori “Pelatihan Menulis Karya Puisi dan Cerpen Kepada Siswa Terbanyak.”

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, selaku Bupati Dharmasraya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat atas suksesnya pelaksanaan program dan capaian Rekor MURI ini.

“Acara ini benar-benar luar biasa dengan pencapaian membanggakan. Pemecahan rekor MURI dengan Pelatihan Menulis Karya Puisi dan Cerpen Kepada Siswa Terbanyak adalah suatu prestasi yang luar biasa dan menggambarkan semangat literasi yang tumbuh untuk belajar di kalangan siswa-siswi di Dharmasraya,” ujarnya.

Sebagai apresiasi bagi seluruh pihak yang terlibat dan ikut menyukseskan program ini, maka diselenggarakan Puncak Acara Sumarak Literasi Dharmasraya dengan tema “Kabupaten Dharmasraya: Rancak Literasinyo, Santiang Generasi Mudonyo!” di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

Puncak acara ini menjadi spesial, karena diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 10 dan 13 November 2023. Puncak acara dimulai pada tanggal 10 November 2023 dengan sesi pelatihan NyalaTalks bagi ratusan kepala sekolah dan guru yang dibawakan oleh Ivan Lanin, selaku Pendiri @narabahasa.

Dalam sesi ini, Ivan Lanin membawakan topik “Memulai dan Merawat Budaya Literasi di Sekolah.” Ivan Lanin di antaranya menyampaikan tentang perubahan keterampilan literasi dan berbahasa, hingga langkah menghadapi perubahan dari sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesi penyerahan piagam Muri

Pada tanggal 13 November 2023, diselenggarakan sesi penganugerahan para juara dan penyerahan Piagam Rekor MURI. Acara ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh ribuan peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa, pegiat literasi, hingga jajaran pemerintahan. Selain dihadiri oleh Bupati Dharmasraya, acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya dan Direktur Program Nyalanesia.

Khabib Bima Setiyawan, selaku Direktur Program Nyalanesia, merasa sangat bahagia dan bangga dapat hadir di tengah-tengah peserta dan tamu undangan dalam puncak acara Sumarak Literasi Dharmasraya 2023.

“Ini adalah momen yang sangat spesial, karena kita berkumpul untuk merayakan dan menghargai pencapaian besar dalam bidang literasi di Dharmasraya. Terlebih, kami merasa sungguh yakin bahwa Dharmasraya memiliki potensi besar untuk menjadi daerah percontohan dalam mengembangkan literasi di Sumatera Barat,” ujar Khabib dalam sambutan acara ini.

“Prestasi yang kita raih hari ini, sebagai hasil program Sumarak Literasi Dharmasraya, membuktikan komitmen dan semangat yang kuat dalam mendukung budaya literasi di daerah ini,” imbuhnya.

Keberhasilan atas terciptanya ribuan karya ini juga tidak lepas dari peran Penggerak Literasi Kabupaten Dharmasraya, yaitu Gemini Mursela Putri, selaku koordinator program ini. Dalam acara ini, ia juga dinobatkan sebagai Duta Literasi Dharmasraya 2023, karena telah menginisiasi penyelenggaraan program yang berhasil memfasilitasi 197 sekolah untuk menjadi Sekolah Aktif Literasi di Kabupaten Dharmasraya.

 

 

3 dari 3 halaman

Penganugerahan Tokoh Penggerak Literasi

Selain itu, diselenggarakan juga Penganugerahan Tokoh Penggerak Literasi yang diberikan kepada Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Dharmasraya, Bobby P Riza atas dedikasinya dalam meningkatkan literasi daerah dengan memfasilitasi 10.241 siswa untuk berkarya melalui Sumarak Literasi Dharmasraya.

Dalam puncak acara ini, dilaksanakan juga sesi Penganugerahan Juara Karya Terbaik Siswa kategori Cerpen dan Puisi Jenjang SD/Sederajat dan SMP/Sederajat, serta Tim Literasi Sekolah Terbaik TIngkat Daerah, untuk mengapresiasi kreativitas dan bakat literasi dari siswa dan Tim Literasi Sekolah di Dharmasraya.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam keberhasilan Sumarak Literasi Dharmasraya 2023. Terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Penggerak Literasi, sekolah-sekolah, guru-guru dan siswa-siswi di Kabupaten Dharmasraya,” pungkas Khabib Bima.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini