Sukses

Tidak Perlu Keluar Rumah, Ikuti Deretan Ide Kencan Indoor yang Romantis Bareng Pasangan

Malas keluar rumah karena macet dan gerah? Coba lakukan beberapa ide kencan indoor ini bersama pasangan, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah merencanakan untuk kencan bersama kekasih atau orang yang diskusi dengan berjalan-jalan di kota, nonton konser, dan aktivitas outdoor lainnya? Memang sih kencan di tempat terbuka memang mengasyikkan, tapi beda ceritanya jika cuaca sedang panas dan tiba-tiba bisa hujan seperti saat ini. Alhasil, semua bisa batal tiba-tiba.

Atau mungkin, Anda sudah merencanakan kencan romantis dengan pasangan Anda. Namun sayangnya, saat sudah di hari H, Anda berdua merasa tidak enak badan atau tidak tertarik untuk menghabiskan banyak uang di akhir pekan ini.

Apa pun situasinya, untungnya, ada banyak ide kencan di dalam ruangan yang tetap nyaman, menyenangkan, dan bermakna. Hal ini pun bisa semakin mempererat hubungan asmara kalian berdua

“Kencan malam sangat penting untuk kebahagiaan dan kegembiraan dalam hubungan apa pun,” kata Nikki Coleman, PhD, psikolog klinis dan terapis seks yang berbasis di Houston seperti yang dilansir dari Women's Health, Senin (13/11/2023).

Menjadwalkan waktu berkualitas penting bagi siapa pun yang ingin mempertahankan ikatan romantis yang bermakna, katanya. Terutama jika Anda sudah menjalin hubungan cukup lama.

“Hidup ini sibuk dan penuh tekanan, [yang berarti] pasangan terlalu fokus pada tanggung jawab hidup mereka daripada hubungan dan keintiman yang mereka butuhkan dan pantas mereka dapatkan,” jelas Coleman. “Energi yang sama yang disatukan oleh pasangan bisa melemah seiring berjalannya waktu. Kencan adalah kesempatan untuk berinvestasi dalam membangkitkan rasa ingin tahu, kegembiraan, gairah, godaan, dan energi menarik yang ada di awal hubungan.”

Butuh sedikit inspirasi? Berikut adalah beberapa tips kencan di dalam ruangan yang bisa kalian berrdua coba bersama.

1. Masak bersama-sama

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memasak makan siang atau makan malam bersama untuk kencan indoor Anda. Pilih resep baru atau hidangan favorit Anda berdua, dan masak bersama. Anda juga dapat mengatur suasana agar menjadi istimewa.

Selain itu, aksi memasak bersama bisa jadi sangat intim. Nyalakan lilin, tata meja dengan rapi, dan nikmati makanan buatan sendiri.

Memasak bersama mungkin terasa menakutkan jika Anda belum mengenal satu sama lain dengan baik, atau jika ini adalah kencan pertama Anda dengan orang baru. Namun sisi baiknya, memasak bersama dapat mengajarkan Anda tentang orang yang bersama Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bermain game bersama

Bermain game bersama bisa menjadi pilihan bagus saat Anda terjebak di dalam ruangan, kata Kelsey Latimer, PhD, psikolog berlisensi, perawat terdaftar, dan pendiri KML Psychological Services.

“Tidak ada yang menandingi permainan konyol dan duduk mengelilingi meja sambil menikmati makanan ringan yang menyenangkan dan melepaskannya,” jelasnya. “Orang-orang mulai berhubungan dengan inner child mereka, dan tawa itu bisa menular.”

Jika dua pemain tidak cukup untuk permainan yang Anda pikirkan, Anda juga dapat mengundang teman dan menjadikannya malam permainan kelompok, atau kencan ganda yang menyenangkan.

“Ini adalah pilihan fantastis bagi pasangan yang perlu bersenang-senang dan terhubung dengan orang lain,” kata Latimer. “Yang juga hebat dari hal ini adalah hal ini memungkinkan siapa pun yang mungkin memiliki kecemasan sosial memiliki kesempatan untuk mengalihkan perhatian, alih-alih fokus hanya pada percakapan.”

3 dari 5 halaman

3. Rencanakan movie night

Agar suasana lebih seru dan tidak kaku, cobalah sesekali rencanakan movie night. Salah satunya masing-masing memilih film atau serial yang ingin ditonton. Anda bisa mencoba dengan menonton film klasik jadi temukan film favorit Anda dan nikmati kencan manis bersama.

“Buat home theater mini dengan selimut dan bantal yang nyaman,” saran Jamie Genatt, LCSW, psikoterapis dan pemilik Realistic Remedies. “Pilih beberapa film favorit Anda atau tonton sesuatu yang Anda berdua ingin tonton. Jangan lupa popcorn-nya!”

4. Buat piknik indoor

Jika Anda berharap untuk makan makanan enak di taman hari ini tetapi cuacanya kurang ideal, berkreasilah dan lakukan piknik ala-ala di dalam ruangan. Taruh selimut piknik di ruang tamu Anda, siapkan makanan kecil, dan piknik di dalam ruangan.

Anda bahkan dapat memutar musik lembut sebagai latar belakang untuk mengatur suasana hati.

4 dari 5 halaman

5. Belajar bahasa baru

Pernahkah Anda ingin belajar bahasa baru? Ya, kencan indoor bisa jadi alasan sempurna untuk mengejar impian multibahasa tersebut. Unduh aplikasi pembelajaran bahasa seperti Duolingo dan tantang pasangan Anda untuk melihat berapa banyak kata baru yang dapat dipelajari pada kencan kali ini.

Jika Anda sangat ingin bepergian ke negara tertentu bersama-sama, pilih bahasa tersebut untuk mendapatkan inspirasi tambahan. Anda akan siap berkomunikasi dengan penduduk setempat dalam waktu singkat!

6. Membuat scrapbook atau kolase kenangan

Baik Anda suka membuat scrapbook atau baru mengenalnya, cobalah ide kencan nostalgia ini untuk menelusuri jalan kenangan. 

Belilah lembar memo, lalu ambil beberapa bahan seperti kertas, pena, spidol, selotip atau lem, gunting, stiker, dan stiker, dan bergiliran mendekorasi halaman-halamannya bersama-sama. 

Menurut Latimer, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk bernostalgia dan menjalin keintiman emosional dengan pasangan.

“Saat Anda mulai mengeluarkan album foto lama, baik digital maupun cetak, sungguh menakjubkan apa yang terjadi pada otak,” katanya. “Anda mungkin ingat saat-saat menyenangkan dan pengalaman yang telah Anda lupakan sepenuhnya. Ini bisa menjadi keajaiban bagi pasangan yang sudah lupa berapa banyak pengalaman yang mereka alami bersama."

5 dari 5 halaman

7. Berkaraoke berdua

Lain kali Anda membutuhkan inspirasi kencan indoor, cobalah mengadakan karaoke. Bernyanyilah sepuasnya dengan mesin karaoke atau aplikasi karaoke.

Ini adalah cara yang menyenangkan dan ringan untuk menjalin ikatan dan menikmati kebersamaan satu sama lain. Jika menyanyi bukan kesukaan Anda, Anda tetap dapat menikmati musik bersama dengan membuat playlist satu sama lain atau memutar lagu favorit bersama di rumah.

8. Streaming nonton konser

Jika Anda seorang pencinta musik, penonton teater, atau pecinta seni secara umum, cobalah streaming pertunjukan untuk kencan di rumah Anda berikutnya. Lihat-lihat di YouTube dan temukan artis favorit Anda, lalu streaming konser lama atau video musik mereka di TV.

Bisa juga dengan menggali drama atau musikal yang Anda sukai dan tunjukkan pada pasangan Anda. Meskipun Anda tidak dapat menghadiri acara artis favorit Anda secara langsung, streaming musik mereka dari rumah akan menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan dan mempelajari selera satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.