Sukses

Dukung Kampanye Kesehatan Mental, Avian Brands Luncurkan 24 Koleksi Healing Colours

Avian Brands mendukung kampanye kesehatan mental dengan meluncurkan koleksi healing colours

Liputan6.com, Jakarta Survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 memaparkan bahwa ada lebih dari 19 juta penduduk Indonesia usia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta orang di usia yang sama mengalami depresi.

Malahan, menurut psikolog Chitra Ananda Mulia, M.Psi, satu dari dua orang di Indonesia dan satu dari tiga remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental.

Faktanya, masalah kesehatan mental tidak boleh dianggap remeh. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan masalah mental adalah melakukan terapi, misalnya dengan terapi warna.

Avian Brands melihat isu kesehatan mental sebagai sesuatu yang penting untuk dipedulikan. Sebab, tidak hanya anak muda, tapi orang tua juga dapat terpengaruh oleh isu-isu kesehatan mental.

"Kami menghadirkan koleksi warna yang dapat menghadirkan kesan menenangkan. Ada stress release colours dan mood booster colours. Dengan memilih warna-warna yang membawa ketenangan di rumah, ini memberikan manfaat bagi para pejuang kesehatan mental," ungkap Marketing Manager Avian Brands Mely Yanti saat konferensi pers di Bintaro, Selasa (10/10/2023).

Ia menambahkan bahwa pemilihan kelompok warna tersebut telah melalui riset yang terbukti mampu membantu memberikan nuansa yang lebih menenangkan. Koleksi warna yang termasuk dalam 'healing colours' tersebut dapat Anda temukan di produk unggulan Sunguard All-In-One dan Supersilk Anti Noda.

Terdapat dua pilihan kelompok healing colours, yaitu Mood Booster Collection (warna cerah) dengan 12 koleksi warna, yaitu Close to You, Red Jumper, Red Rhytm, Bright Spot, Travelling Somewhere, Arizona Sunset, Smile for Me, Cheerful Heart, Midnight Sun, Lime Light, Think Green, dan Maze Runner.

Sementara yang termasuk Stress Release Collection (warna lembut/pastel) adalah Heart & Soul, Here for You, Aqua Healing, Cool Me Down, Joyful Soul, Precious Time, Healing Power, Rest & Relax, Slow & Easy, Free Your Mind, Timeless Moment, dan Musical Therapy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat penggunaan warna untuk kesehatan mental

Terkait manfaat warna-warna tertentu bagi proses pencegahan dan penyembuhan gangguan kesehatan mental, Founder SehatMental.id Ade Binarko mengatakan bahwa dari pengalaman pribadi dan sharing dengan member komunitasnya, warna-warna tertentu ternyata sangat membantu meningkatkan mood dan melepaskan stres.

"Ini tentu menjadi faktor yang mempercepat proses perbaikan mereka yang memiliki mental health issue," ungkap dia.

Hal tersebut diamini oleh Psikolog Chitra Ananda Mulia. Menurut dia, dalam hal terapi masalah kesehatan mental terkait warna, ada yang namanya art therapy.

"Dengan melakukan aktivitas seni memberi kita ruang untuk mengatur ritme dan menggali lebih jauh permasalahan apa yang kita miliki. Pemilihan warna juga bisa memengaruhi hal tersebut," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Joe Taslim peduli kesehatan mental

Sementara itu, Aktor Joe Taslim turut menyatakan keprihatinannya terhadap masalah kesehatan mental terutama bullying yang harus dihadapi oleh anak.

"Sebagai ayah dari anak yang sedang tumbuh dan berkembang, saya turut merasa prihatin dengan kondisi anak dan remaja saat ini yang berjibaku dengan kesehatan mental."

Menurut dia, orang tua wajib memberikan perlindungan dan perhatian yang cukup untuk anak, sehingga anak mendapatkan rasa aman dan nyaman dari rumah. Tidak sekadar menyediakan waktu, tapi juga kebutuhan dasar seperti tempat tinggal yang nyaman.

"Dari belajar soal bullying terhadap anak ini, menurutku yang paling penting itu komunikasi. Komunikasi jadi kunci, aku berusaha jadi teman mereka. Jadi mereka bisa berbicara apa saja denganku sebagai orang tua," pungkas dia.

Dukungan Avian Brands terhadap gerakan 'Support Mental Health with Healing Colours' juga kelak dituangkan lewat sarana bimbingan dan konsultasi dari tenaga ahli profesional secara gratis, yang akan dilakukan di beberapa lokasi di area Jawa.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan menjadi kegiatan berkelanjutan yang akan terus digaungkan untuk menggugah kepedulian lebih banyak pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini