Sukses

Studi: Minum Secangkir Teh Tiap Hari Kurangi Risiko Penyakit Diabetes

Studi menunjukkan minum secangkir teh hitam tiap hari mengurangi risiko diabetes

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan bahwa secangkir teh setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes yang paling umum.

Peminum teh mengurangi peluang mereka terkena tipe 2 diabetes setidaknya 28 persen dan mengurangi risiko pradiabetes sebesar 15 persen. Minuman panas dikatakan dapat meningkatkan ekskresi glukosa urin, meningkatkan resistensi insulin dan, oleh karena itu, mengontrol gula darah.

Kelemahan dalam penelitian di Tiongkok adalah kebanyakan orang meminum “teh hitam” yang lebih sehat, dibandingkan teh hitam bergula yang kebanyakan kita konsumsi. Namun tim peneliti yakin manfaat serupa mungkin datang dari keduanya.

Rekan pemimpin studi, Profesor Tongzhi Wu, dari Universitas Adelaide, mengatakan seperti dilaporkan oleh Mirror: “Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah.” 

Pakar tersebut menambahkan: “Manfaat besar teh bagi kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, telah dilaporkan dalam beberapa penelitian selama beberapa tahun terakhir, namun mekanisme yang mendasari manfaat ini masih belum jelas."

“Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah melalui peningkatan ekskresi glukosa dalam urin, peningkatan resistensi insulin dan dengan demikian kontrol gula darah yang lebih baik. Manfaat ini paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari.”

Temuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Hamburg, Jerman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selain HUT TNI, Tanggal 5 Oktober Diperingati Sebagai Hari Apa?

Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Latar sejarah HUT TNI karena lahir pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang pada saat itu menginginkan untuk menjajah kembali.

Namun selain HUT TNI, tanggal 5 Oktober juga menjadi hari penting lainnya yang dirayakan di Indonesia maupun negara lainnya. Berikut beberapa hari penting di tanggal 5 Oktober.

1. HUT TNI

Setiap tahunnya TNI merayakan hari jadinya pada 5 Oktober. Di tahun 2023 ini, TNI berumur 78 tahun. Peringatan HUT TNI biasanya berpusat dengan digelarnya upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

TNI sendiri awalnya mempunyai nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kemudian berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Adapun dalam menyesuaikan dasar militer Internasional, TKR pun diganti menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Akhirnya pada 3 Juni 1947 Presiden pun meresmikannya menjadi TNI atau Tentara Nasional Indonesia.

Selengkapnya...

 

3 dari 4 halaman

20 Ucapan National Boyfriend Day yang Diperingati Setiap 3 Oktober, Cocok untuk Dikirim ke Pacar

Tepat hari ini, Selasa (3/10/2023), diperingati sebagai National Boyfriend Day atau Hari Pacar Nasional. Biasanya momen National Boyfriend Day diperingati setiap 3 Oktober di Amerika Serikat.

National Boyfriend Day menjadi hari spesial untuk memberi tahu pasangan Anda betapa dia sangat berarti untukmu.

Melansir dari National Today, Selasa (3/10/2023), Hari Pacar Nasional resmi menjadi hari nasional Amerika Serikat pada 2020. Namun, belum ada sumber resmi siapa awal mula yang memprakarsai National Boyfriend Day ini.

Salah satu cara untuk merayakan momen tahunan ini yakni dengan memberikan ucapan kepada pasangan Anda. Jadi tak lengkap jika Anda tidak memberikan ucapan romantis untuk pasanganmu di Hari Pacar Nasional ini.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Mengungkap Kepribadian Berdasarkan Case Ponsel, Lebih Suka Motif Bunga atau Transparan?

Setiap individu memiliki gadget di zaman sekarang ini, dan ponsel tentu memerlukan perlindungan. Ponsel kini semakin canggih dan ringan serta memerlukan perlindungan untuk bodi dan layarnya yang rapuh. Di sinilah pentingnya case atau casing ponsel.

Meskipun perusahaan berupaya menciptakan ponsel yang paling tahan lama untuk kisaran harga tersebut, terkadang hal itu tidak cukup.

Case ponsel memberikan lapisan perlindungan ekstra untuk menjaga ponsel cerdas berharga Anda tetap utuh setiap saat. Dan karena secara efektif menutupi seluruh badan ponsel, casingnya harus terlihat sempurna.

Menurut penelitian, kebanyakan individu mempertimbangkan dengan matang saat membeli casing ponsel dan banyak yang bahkan memesan casing khusus.

Casing ponsel menjadi bagian dari pakaian dan kepribadian seseorang. Kebanyakan individu memiliki banyak casing ponsel dan seringkali mencocokkannya dengan penampilan mereka. Tak heran jika case ponsel bisa menggambarkan tentang dirimu yang sebenarnya.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.