Sukses

7 Tanda-Tanda Anda Tipe INTJ, Kepribadian Tertutup dalam MBTI

Anda seorang INTJ? Pasti ada 7 tanda yang memengaruhi kepribadian Anda seperti berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Tentu Anda sudah tidak asing dengan MBTI, kan? Tipe kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) memiliki 16 tipe kepribadian yang berbeda-beda. Salah satunya adalah INTJ yang merupakan singkatan dari dari Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging.

Orang dengan kepribadian ini dianggap sebagai pribadi yang paling mandiri dan cukup tertutup di antara tipe-tipe kepribadian MBTI lainnya.

Nah, apakah Anda senang menyukai waktu sendiri, menikmati suasana yang cukup tenang, dan sering tenggelam dalam pemikiran yang cukup dalam? Jika itu nampaknya terdengar seperti diri Anda, bisa jadi sebenarnya Anda seorang INTJ.

Menjadi seorang INTJ yang merupakan salah satu tipe kepribadian introvert tidaklah aneh dan sebenarnya bisa dibilang cukup keren dan unik. Di mana mereka biasanya memiliki kemampuan untuk memahami berbagai hal secara mendalam, kreatif sehingga bisa memunculkan ide-ide baru, serta mampu memecahkan masalah yang cukup rumit. 

Lalu bagaimana cara mengetahui Anda seorang INTJ? Selain bisa melalui tes MBTI, ada juga tanda-tanda yang membuktikan bahwa Anda mungkin seorang INTJ. Dilansir dari The Expert Editor, berikut adalah ulasannya!

1. Sangat menyukai kesendirian

Jika Anda seorang INTJ, kesendirian bukan hanya bisa dinikmati, tapi juga akan menghargai hal tersebut. Ketika semua orang keluar rumah untuk bersosialisasi, Anda mungkin akan lebih bahagia jika melakukan semuanya sendiri saja. 

Baik itu membaca buku, menjelajahi hobi baru, atau membiarkan pikiran Anda meramu ide-ide kreatif, saat-saat menyendiri adalah waktu terbaik Anda.

Anda bukanlah seorang antisosial atau pemalu. Melainkan ini bisa menjadi cara Anda untuk menjaga daya "baterai sosial" Anda dengan menjaga energi dari interaksi yang terlalu bising.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memilih pesan singkat daripada panggilan telepon

Pernahkan Anda mengecek layar ponsel di mana ada telepon berdering dan tidak mau mengangkatnya? Kalau iya, bisa jadi Anda memang seorang INTJ. Bukannya karena menghindari orang atau bersikap kasar, tapi sebagai seorang INTJ, Anda lebih suka berkomunikasi dengan pesan singkat.

Sebab, Anda membutuhkan waktu untuk berpikir dan mengungkapkan hal-hal tersebut. Anda sangat menghargai kata-kata dan suka memilihnya dengan hati-hati.

Makanya, jika memungkinkan Anda akan memilih mengirim pesan lewat SMS atau e-mail daripada melalui telepon. Selain itu, dengan melalui pesan singkat, Anda juga bisa memikirkan semua hal brilian yang bisa dikatakan.

3. Seorang pemikir yang dalam (Deep thinker)

INTJ bukan hanya seorang pemikir, tapi mereka adalah pemikir yang cukup mendalam. Maka tidak mengherankan bila, Anda tidak akan pernah puas pada obrolan ringan dan membutuhkan kedalaman pemikiran untuk mengeksplorasi ide-ide kompleks, teori, dan konsep abstrak.

Nah, tahukah Anda bahwa otak seorang introvert memproses informasi secara berbeda dari otak seorang ekstrovert? Menurut penelitian, introvert memiliki lebih banyak materi abu-abu di korteks prefrontal — bagian otak yang terkait dengan pemikiran abstrak dan pengambilan keputusan.

Jadi, bagi sebagai seorang INTJ, kecintaan Anda pada pemikiran mendalam mungkin benar-benar tertanam dalam otak!

3 dari 4 halaman

4. Menganggap sosialisasi bisa sangat melelahkan

Ciri lain yang menunjukkan Anda seorang INTJ adalah ketika energi "terkuras" ketika bersosialisasi dengan banyak orang. Bukannya Anda tidak menyukai orang lain atau tidak mampu bersosialisasi — hanya saja interaksi terus-menerus, terutama dalam kelompok besar, bisa terasa berlebihan dan melelahkan. 

Pesta, acara jejaring, proyek kelompok—semuanya membutuhkan banyak energi untuk seorang INTJ. Stimulasi terus-menerus dari berbagai percakapan, tekanan untuk mempertahankan komunikasi, atau mengikuti obrolan, seperti membuat Anda merasa seperti sedang berlari maraton.

Namun, ini semua adalah bagian dari diri Anda dan tidak perlu malu. Energi Anda hanya bekerja secara berbeda.

5. Begitu selektif dalam pertemanan

Sebagai seorang INTJ, Anda mungkin tidak memiliki lingkaran pertemanan yang cukup banyak dan luas. Bukannya Anda termasuk antisosial atau senang menyendiri, tetapi hal ini karena Anda sangat menghargai kualitas hubungan daripada kuantitasnya. 

Anda adalah tipe orang yang lebih memilih beberapa pertemanan yang cukup sedikit, sehingga memungkinkan percakapan yang mendalam dan koneksi otentik. Hubungan ini adalah tempat Anda menginvestasikan waktu dan energi Anda.

4 dari 4 halaman

6. Bisa sangat fokus

Ciri lain bahwa Anda seorang INTJ adalah kemampuan Anda untuk fokus. Ketika seorang INTJ tertarik pada sesuatu, mereka tidak hanya membaca sekilas. Sebaliknya, mereka akan mendalami topik tersebut, mendedikasikan energi dan perhatian mereka sampai mereka menjelajahi lebih detail.

Konsentrasi intens semacam ini memungkinkan Anda untuk mencapai tingkat kedalaman dan detail yang tinggi dalam pekerjaan Anda, yang mungkin sulit ditandingi oleh orang lain.

7. Kesadaran diri yang tinggi

INTJ memiliki bakat luar biasa untuk introspeksi. Mereka seringkali selaras dengan pikiran, emosi, dan reaksi mereka sendiri, menunjukkan tingkat kesadaran diri yang tinggi.

Inilah fakta yang menarik: menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry, introvert cenderung menunjukkan tingkat aliran darah otak yang lebih tinggi, menunjukkan lebih banyak perhatian internal, yang pada gilirannya mengarah pada kesadaran diri yang lebih baik.

Sebagai seorang INTJ, otak Anda mungkin terhubung untuk fokus ke dalam, membuat Anda lebih sadar diri daripada kebanyakan orang. Jadi, jika Anda sering merenungkan perasaan Anda, menganalisis pikiran Anda, atau bertanya-tanya mengapa Anda bereaksi dengan cara tertentu dalam suatu situasi, anggap itu sebagai tanda kepribadian INTJ Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.