Sukses

Anies Baswedan Ungkap MBTI-nya adalah ENFJ, Berkarakter Peduli, Idealis dan Bertanggung Jawab

Anies Baswedan ternyata memiliki tipe MBTI ekstrovert.

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan akhirnya menepati janji untuk melakulan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengumumkan hasilnya kepada publik. 

MBTI adalah tes kepribadian yang bertujuan membantu individu memahami dan mengeksplorasi karakteristik kepribadian mereka.

Lewat akun X atau Twitter, Anies Baswedan mengatakan bahwa dia seorang ekstrover dengan tipe ENFJ. 

"Karena ditagih terus, akhirnya tes MBTI ini saya tuntaskan. Hasilnya: saya termasuk tipe ENFJ. Sesuai perkiraan tidak?" tulisnya pada Selasa (2/4/2024).

Orang dengan tipe ENFJ memiliki karakteristik peduli, antusias, idealis, terorganisir, diplomatis dan bertanggung jawab. Dia juga seorang komunikator terampil yang menghargai hubungan dengan orang lain.

Seorang ENFJ juga memiliki rasa altruisme dan empati yang mendalam terhadap orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Bertindak Saat Melihat Seseorang Menderita

"Anda memiliki perasaan intuitif terhadap emosi orang lain dan sering kali bertindak sebagai barometer emosional bagi orang-orang di sekitar Anda," begitu kutipan yang diunggah Anies. 

"Anda cenderung secara pribadi merasakan perasaan orang lain dan merasa terdorong untuk bertindak ketika melihat orang menderita," sambung kutipan itu. Anies Baswedan juga membahas soal tipe kepribadian orang di dunia.

"Ada sekitar 8 milyar tentu saja, karena tiap manusia itu unik. Tapi MBTI ini memang salah satu oversimplifikasi yg memudahkan kita lebih mengenali diri dan menavigasi hubungan dengan orang lain," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Unggahannya Viral

Unggahan ini dipenuhi ribuan komentar hingga lebih dari 30 ribu penyuka. Pembahasan Anies soal MBTI ini juga sudah dilihat lebih dari 1,5 juta kali. Warganet setuju dengan hasil tes MBTI Anies Baswedan, yaitu ENFJ. Tipe ini sangat menggambarkan sosok sang politikus.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

"Wow, karismatik, ambisius, bijaksana dan idealis…. mbtinya seorang leader," kata salah satu netizen di kolom komentar.

"Btw bapak tau nggak kalau ENFJ itu MBTI paling langka. Itu ada di urutan ke 4 the rarest MBTI in the world lol si "Protagonist" ini hanya dimiliki 2,5 persen populasi dunia. Memang pak Anies ini cocok ya jadi pemeran utama," tambah yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.