Sukses

Urutan 16 Tipe MBTI dari Paling Banyak Hingga Paling Jarang, Kamu yang Mana?

MBTI menghasilkan 16 jenis kepribadian yang terdiri atas empat aspek dinilai. Berikut urutan 16 tipe MBTI dari yang paling umum ke yang paling langka.

Liputan6.com, Jakarta - MBTI (Myers Briggs Type Indicator) merupakan alat pengukuran kepribadian yang sangat populer. Saat ini sudah banyak pula orang yang membuat tes ini sebagai hiburan semata yang berfungsi untuk mengenal diri sendiri maupun diri orang lain secara umum.

MBTI menghasilkan 16 jenis kepribadian yang terdiri atas empat aspek dinilai. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana urutan MBTI dari yang paling dominan hingga yang paling langka?

Untuk menjawabnya, perlu dilakukan sebuah penelitian dengan mengukur tipe MBTI apa saja yang dimiliki populasi. Dilansir dari MBTI®, Sabtu (13/4/2024), mereka telah melakukan survei dan statistik yang melibatkan 16.773 peserta dari 23 negara berbeda.

Perlu diingat, tidak ada kepribadian satu yang lebih unggul atau lebih jelek dari tipe kepribadian lainnya. Penelitian ini hanya ditujukan untuk menjawab jumlah kepribadian dari satu populasi.

Berikut urutan 16 tipe MBTI dari yang paling umum ke yang paling langka.

16. ISTJ - 15,9% Populasi

Sebagai tipe kepribadian yang paling umum, ISTJ dapat banyak ditemukan termasuk di lingkungan sekitarmu. Tipe ini sangat berorientasi pada detail dan dapat diandalkan. 

Dengan kebijaksanaannya, ISTJ selalu berusaha untuk bersikap adil dalam mengambil setiap keputusan. Mereka selalu memastikan segala hal harus terorganisir, masuk akal, serta efektif.

Umumnya orang dengan kepribadian ini bekerja pada sektor humaniora seperti akuntansi dan penegak hukum. 

15. ISTP - 9,8% Populasi

Berjiwa petualang dan analitis, ISTP mampu menemukan solusi permasalahan dengan cepat. Mereka senang mengumpulkan berbagai informasi yang dapat digunakan dalam dunia nyata. Meskipun sering menjadi misterius, ISTP sangat jeli terhadap lingkungan sekitarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

14. ESTJ - 9% Populasi

ESTJ merupakan pribadi yang selalu berkeinginan untuk mengatur segalanya agar efisien. Dengan begitu, mereka tidak perlu mengeluarkan banyak energi yang tidak perlu. 

Tidak heran orang dengan tipe ini selalu memiliki tekad yang kuat, praktis, serta apa adanya. Mereka juga memperhatikan detail dan sangat ambisius dalam melaksanakan rencana mereka.

13. ISFJ - 8,4% Populasi

ISFJ adalah pribadi yang suportif dan setia. Tipe ini percaya dalam memelihara hubungan, mereka harus dimulai dengan menghargai hal-hal sederhana satu sama lain.

Dengan perhatian, tanggung jawab, dan ketelitiannya, ISFJ selalu membuat segala hal menjadi bermakna.

12. ENFP - 8,2% Populasi

Penyayang dan karismatik adalah kepribadian utama seorang ENFP. Mereka melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh dengan kemungkinan, yaitu dengan melihat pola yang terjadi antara suatu peristiwa dengan informasi yang didapatkannya.

Jika menjalin hubungan dengan tipe ini, maka kamu akan mendapatkan seseorang yang selalu memberikan dukungan serta kepastian. Selain itu, ENFP juga pribadi yang fleksibel dan spontan.

3 dari 6 halaman

11. ISFP - 6,6% Populasi

ISTP sangat setia pada hal-hal yang sangat penting bagi mereka. Memiliki semangat yang bebas, ISTP biasanya penuh dengan rasa ingin tahu dan cenderung senang menikmati alam.

Mereka biasanya bekerja pada industri kesehatan seperti dokter dan perawat. Hal ini juga sesuai dengan cara pandang mereka yang ingin melakukan hal bermanfaat bagi orang lain.

10. INFP - 6,3% Populasi

INFP adalah tipe orang yang idealis, penyayang, dan kreatif. Mereka biasanya aktif dalam bidang pekerjaan seperti seniman, penulis, hingga orang penting di dunia.

INFP sangat cepat dalam melihat potensi dalam diri sendiri maupun orang lain. selain itu, mereka mungkin tampak sangat fleksibel di luar, namun di dalam hati mereka sangat memegang teguh nilai-nilai yang telah diyakininya.

9. ESTP - 6,1% Populasi

ESTP selalu fokus untuk menikmati kehidupan, namun tetap realistis dan berorientasi pada aksi nyata. Mereka sangat spontan dalam melakukan sesuatu sehingga senang mengambil risiko.

Mereka senang berpikir mandiri dan menjalani kehidupan dengan serba cepat. ESTP tidak terlalu lama memikirkan sesuatu, kecuali saat dihadapkan pada permasalahan yang mendesak.

4 dari 6 halaman

8. ESFP - 6% Populasi

Ramah dan karismatik merupakan sifat utama dari seorang ESFP. Mereka memiliki semangat hidup yang sangat tinggi serta jiwa petualang yang kuat. 

Mereka selalu berdedikasi tinggi dalam menjalani pekerjaan, kehidupan, hingga berhubungan baik dengan teman serta keluarganya. Selain itu, mereka juga pribadi yang fleksibel dan spontan sehingga dapat beradaptasi dengan sangat cepat di lingkungan baru.

7. ESFJ - 5,7% Populasi

Pada tahun 1972 hingga 2002, ESFJ selalu menduduki peringkat 2 paling umum. Namun, saat ini hal itu berubah hingga hanya dimiliki oleh 5,7% populasi.

Orang dengan kepribadian ini dikenal sangat ramah dan teliti ketika berada di lingkungan sekitar. Selalu bekerja dengan tekad yang kuat, ESFJ selalu berharap dapat menciptakan dunia yang harmonis dan adil.

6. INTP - 4,8% Populasi

Dengan kepribadian yang pendiam, INTP memiliki keinginan untuk memahami segala sesuatu yang terjadi di hadapannya. Mereka merupakan tipe analitis yang sangat fokus dalam memecahkan suatu masalah.

Skeptis, ingin tahu, dan kreatif merupakan sifat-sifat lain yang dimiliki INTP. Mereka sangat sabar dalam mencari jawaban dan tidak suka mendapatkan tekanan dari orang lain.

5 dari 6 halaman

5. ENTP - 4,3% Populasi

ENTP dikenal sebagai pribadi yang inovatif dan imajinatif. Mereka tertarik pada hal-hal baru, terutama yang sangat penting bagi perkembangan dunia.

Selain itu, mereka juga tipe yang cepat, cerdik, dan karismatik. ENTP mampu melakukan analisis yang strategis dalam memandang sebuah permasalahan atau tantangan.

4. INTJ - 2,6% Populasi

Di urutan MBTI paling langka nomor 4 ada INTJ karena hanya dimiliki oleh 2,6% dari populasi. Orang-orang INTJ selalu memahami kehidupan secara mendalam. Mereka seolah ingin memahami apa maksud alam atas sebuah peristiwa yang terjadi.

3. INFJ - 2,3% Populasi

Sejak dahulu INFJ termasuk ke dalam tipe MBTI yang paling langka. Namun selama satu dekade terakhir, jumlahnya semakin berkurang dan saat ini mencapai 2,3% dari populasi.

INFJ merupakan pribadi yang sangat visioner serta memiliki empati yang tinggi. Mereka memiliki gambaran secara umum mengenai masa depan, serta berambisi untuk berbuat sesuatu yang besar untuk dunia.

6 dari 6 halaman

2. ENFJ - 2,2% Populasi

ENFJ merupakan tipe kepribadian paling langka nomor dua dengan hanya berjumlah 2,2% dari populasi.

Orang dengan kepribadian ini cenderung berwawasan luas dan menarik. Mereka juga mengetahui cara tersendiri untuk memotivasi orang lain demi mencapai tujuan mereka. Bagi ENFJ, tegas dan to the point merupakan cara terbaik untuk mencapai tujuan mereka.

1. ENTJ - 1,8% Populasi

Berdasarkan survei terbaru, ENTJ diketahui menjadi tipe kepribadian yang paling langka. Jumlah orang dengan kepribadian ini hanya sebesar 1,8% dari populasi yang ada.

Mereka adalah orang-orang yang mandiri dan berprestasi, sehingga mereka selalu merasa tidak berkewajiban untuk menyesuaikan diri dengan orang lain. Kecerdasan serta jika kompetitif yang kuat menjadi daya tarik tersendiri dari seorang ENTJ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.