Sukses

5 MBTI yang Paling Setia, Cocok Dijadikan Sahabat Hingga Pasangan Hidup

Mulai dari pribadi yang hangat, visioner, fleksibel, peduli, hingga setia. Semua itu dapat dideskripsikan oleh MBTI yang dimilikinya. Menurut Your Tanggo, berikut 5 tipe MBTI yang berkemungkinan besar adalah tipe seseorang yang setia sehingga cocok untuk kamu jadikan teman atau pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Myers Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan alat pengukuran kepribadian yang sangat populer. Saat ini sudah banyak pula orang yang membuat tes ini sebagai hiburan semata yang berfungsi untuk mengenal diri sendiri maupun diri orang lain secara umum.

Teori ini membagi kepribadian seseorang menjadi 4 bagian, yaitu ekstrover atau introver, sensing atau intituition, logika atau perasaan, serta judging atau perceiving. MBTI menghasilkan 16 jenis kepribadian yang terdiri atas empat aspek tersebut.

Masing-masing ke-16 kepribadian itu membentuk ciri khas si pemilik kepribadian. Selain itu, hal ini juga dapat mencerminkan cara individu berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

Mulai dari pribadi yang hangat, visioner, fleksibel, peduli, hingga setia. Semua itu dapat dideskripsikan oleh MBTI yang dimilikinya. 

Menurut Your Tanggo, berikut 5 tipe MBTI yang berkemungkinan besar adalah tipe seseorang yang setia sehingga cocok untuk kamu jadikan teman atau pasangan.

1. ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, dan Judgement)

ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, dan Judgement) dikenal juga sebagai “pembela”. Dia kerap kali mengutamakan orang lain sebelum dirinya sendiri sehingga dia senang menjaga teman, keluarga, maupun orang dicintainya.

Selain itu, mereka juga orang yang peka terhadap perasaan orang lain. ISFJ selalu menghargai keamanan dan kenyamanan bagi sesama, sehingga kamu akan mudah mendapatkan kesetiaan seorang ISFJ.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. INFJ (Introvert, Intuitif, Feeling, dan Judgement)

INFJ (Introvert, Intuitif, Feeling, dan Judgement) juga dikenal sebagai “advokat”. Menjadi tipe kepribadian yang paling langka dan mungkin saja kamu akan sulit menemukannya. INFJ adalah pendengar yang baik sekaligus pemberi solusi yang kreatif.

Mereka juga enggan menyakiti perasaan orang lain karena memiliki kepedulian dan kepekaan yang mendalam. Selain itu, mereka biasanya memiliki perspektif lain dalam memandang sebuah masalah.

Hal ini sangat berguna apabila kamu menjalin hubungan dengan INFJ, maka mereka bisa memahami serta tidak memaksakan sesuatu kepada kamu.

3. ENFJ (Extrovert, Intuitif, Feeling, dan Judgement)

ENFJ (Extrovert, Intuitif, Feeling, dan Judgement) juga dikenal sebagai “pemberi”. Mereka adalah pribadi yang sangat positif dalam memandang kehidupan diri sendiri maupun oran lain.

ENFJ juga berpikiran terbuka, baik hati, serta sangat terbuka untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Mereka sangat senang berperan sebagai teman ideal yang selalu berada di sisi kamu dalam suka dan duka.

Tidak hanya itu, mereka juga selalu siap untuk menjadi orang pertama yang dijadikan tempat cerita apabila temannya membutuhkan sesuatu. 

3 dari 3 halaman

4. ESFJ (Extrovert, Sensing, Feeling, dan Judgement)

ESFJ (Extrovert, Sensing, Feeling, dan Judgement) disebut juga sebagai “si paling diandalkan”. Orang dengan kepribadian ini umumnya adalah mereka yang ramah dan banyak disukai oleh orang lain.

Sebagai seorang ekstrover, mereka senang berbicara daripada mendengarkan. Namun sekalinya mereka mendengarkan, mereka mahir dalam mengingat hal-hal kecil.

Tipe kepribadian ini juga sangat setia karena mereka cenderung berkumpul dengan orang-orang yang membuat mereka nyaman. Selain itu, ESFJ juga sangat menghargai orang berarti dalam hidup mereka.

5. ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, dan Perceiving)

ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, dan Perceiving) atau dikenal juga dengan si “penghibur”, merupakan kepribadian yang sangat enak untuk dijadikan teman maupun kekasih. ESFJ umumnya sangat ramah dan disukai oleh banyak orang, sehingga mereka suka menjadi pusat perhatian.

Selain itu, mereka juga orang yang fleksibel namun sangat menghargai hubungan dengan orang di sekitarnya. Jika kamu adalah tipe yang setia kepada ESFP, maka mereka juga akan sangat setia kepadamu.

Namun sekali kamu mengkhianati, ESFP dapat melakukan hal yang sama hingga meninggalkan kamu. Apakah kamu tertarik menjalin hubungan dengan seorang ESFP?

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.