Sukses

Tidak Hanya Red Flag dan Green Flag, Kenali Apa Itu Beige Flag dalam Hubungan

Semakin hari, semakin banyak istilah dalam dunia kencan yang menjadi viral terutama di TikTok. Salah satunya adalah beige flag. Apa ya arti dari istilah ini?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti sering mendengar tentang green flag dan red flag dalam sebuah hubungan—tanda positif atau negatif dari kelayakan seseorang sebagai pasangan. Tapi saat ini, ada istilah dalam dunia kencan yang menjadi viral terutama di TikTok. Salah satunya adalah beige flag

Dikutip dari Reader's Digest, Minggu (25/6/2023), ribuan pengguna telah membagikan video TikTok tentang beige flag dan menerima lebih dari 570 juta tampilan akumulatif.

Jadi, apa sebenarnya beige flag itu? Apakah Anda sedang berkencan atau hanya ingin mengikuti bahasa gaul baru, inilah semua yang perlu diketahui tentang beige flag seperti yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

Lalu apa itu beige flag? Istilah ini merupakan bahasa slang baru dan biasanya digunakan untuk menjelaskan sebuah tindakan yang tidak masuk dalam kategori red dan green flag.

Faktanya, istilah beige flag yang belakangan jadi viral ini ternyata sudah ada sejak Mei 2022 dan pertama kali muncul dalam unggahan pengguna TikTok @itscaito yang menggunakan frasa tersebut. Baginya, beige flag merujuk pada sisi membosankan dari pasangan.

Menurut laman Urban Dictionarybeige flag merupakan suatu tindakan atau kebiasaan yang tidak baik dan tidak buruk, tapi bisa menjadi pertimbangan untuk melanjutkan hubungan dengan pasangan atau gebetan.

Walau mengganggu, kebiasaan yang dilakukan seseorang dan masuk dalam kategori beige flag rupanya masih bisa ditolerir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Contoh dari Beige Flag?

Salah satu contoh yang bisa membantu Anda mengerti beige flag adalah berasal dari unggahan salah satu pengguna TikTok. Di mana ia menjelaskan: "Beige flag dari pacar saya adalah ia menyetel pengatur waktu, bukannya alarm. Di mana ia akan bangun di tengah malam."

Contoh lainnya adalah orang-orang yang menceritakan tentang kebiasaan mereka, seperti kekasihnya yang menganggap dirinya seperti influencer atau tidak mengetahui kiri dan kanannya seperti kehilangan arah.

Saat ini, beige flag juga tidak hanya menjelaskan tentang hubungan percintaan, tapi juga hubungan dengan orang lain, seperti teman, sahabat, dan orang-orang sekitarnya. 

Seperti pengguna TikTok mengungkapkan bahwa beige flag sahabatnya adalah ia akan merasa tenang di perjalanan jika sudah mendengarkan musik kesukaannya. Selain itu, ada juga sahabat yang tidak langsung merespons pesan singkat dalam jangka waktu yang tidak diketahui juga masuk ke dalam kategori beige flag.

3 dari 4 halaman

Mengidentifikasi Red, Green, dan Beige Flag bagi Kehidupan Cinta

Istilah-istilah baru ini mungkin terdengar seperti tren TikTok yang konyol. Akan tetapi, gagasan untuk dapat mengidentifikasikan apa yang menjadi sifat positif berdasarkan hasil pengamatan terhadap orang lain bisa menjadi hal yang bermanfaat, ungkap Anita Chlipala, terapis pernikahan dan keluarga pada USA Today.

Caitlin MacPhail, orang yang pertama memperkenalkan istilah ini juga mengatakan ia banyak mendapat feedback bahwa konsep beige flag, apapun definisi yang diyakini oleh orang lain, telah membantu para follower-nya untuk menemukan pasangan yang lebih cocok bagi mereka. 

Jadi dengan begini, bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih pasangan. Apakah Anda sendiri dapat menerima sifat unik dan aneh dari pasangan yang mungkin tidak masuk akal selama sisa hidup kalian.

"Inti dari berkencan adalah kamu tidak tahu (apakah itu akan berhasil) dan kamu terus berkencan dengan orang itu sampai kamu melakukannya," kata Chlipala. 

4 dari 4 halaman

Bisakah Seseorang dengan Beige Flag Berubah?

Sayangnya, apapun istilah kencan saat ini seperti red flaggreen flag, atau yang terbaru adalah beige flag semuanya sangat subjektif. Selain itu, karena istilah-istilah ini semakin populer, jadi definisi ini bisa menjadi sangat kacau.

Di mana banyak pengguna media sosial yang menganggap perilaku tertentu sebagai "beige flagyang mungkin disebut orang lain sebagai red atau green flag.

Selain itu, banyak pengguna media sosial yang menganggap beige flag merupakan isilah pada TikTok dalam hubungan romansa yang paling sehat, dan menakjubkan yang pernah dilihat dalam hidupnya. Maka bisa dibilang seseorang dengan beige flag mungkin menjadi sifat bawaan mereka yang membosankan tapi juga baik.

Nah, sekarang sudah paham, kan, apa yang dimaksud dengan beige flag? Buat Anda yang saat ini sedang mencari pasangan, lebih baik tunjukkan sisi kepribadian yang asli. Mungkin akan membantu Anda menggaet pasangan yang cocok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.