Sukses

6 Tips Buat Rumah Bebas Serangga Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

Ada beberapa cara yang aman dan efektif untuk mengusir serangga mulai dari semut hingga kecoa dari rumah Anda, seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu ingin memiliki rumah yang bersih dan nyaman. Sayangnya serangga kerap menghampiri rumah kita meski sudah dibersihkan sekalipun. Bahkan banyak mungkin dari Anda yang akan memanggil layanan khusus untuk membasmi kecoa dan semut. 

Namun sayangnya semua bahan kimia yang mereka gunakan tidak sehat bagi Anda dan seluruh anggota keluarga. Untungnya, ada beberapa cara yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Jangan khawatir, pasalnya masih ada berbagai macam cara alami yang ampuh untuk mengusir serangga di rumah Anda. Dilansir dari Bright Side, berikut ulasannya.

1. Pilih tanaman pengusir serangga

Tanaman tidak hanya membuat rumah kita terasa nyaman, tetapi juga memberi kita oksigen dan bahkan melindungi kita dari serangga. Beberapa tanaman yang dapat melakukannya secara efektif mulai dari lavender, kemangi, daun mint, serai, petunia, marigold, krisan, allium, dll. 

2. Gunakan mentimun

Kedengarannya aneh, tetapi para ahli mengatakan bahwa ini adalah metode yang cukup efektif. Buat irisan mentimun dan taruh di tempat Anda melihat kecoak. Baunya akan menjauhkan mereka. Juga, ada senyawa yang tidak disukai kecoa. Ganti irisan mentimun dengan yang segar seminggu sekali.

Kulkas adalah salah satu tempat yang suka dikunjungi kecoa. Hancurkan saja mentimun dan diamkan di sana. Mentimun yang dihancurkan dapat mengusir hingga 90% kecoa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan soda kue

Kendalikan semut dan kecoa dengan menggunakan baking soda. Ada bahan aktif yang dapat bekerja melawan jamur tanaman dan embun tepung (bercak putih yang biasa muncul pada tanaman), dan ketika dimakan serangga, ia melepaskan gelembung karbon dioksida yang membunuh mereka.

Basahi sedikit area tersebut dengan air (Anda bisa menyemprotnya dengan alat penyemprot) lalu taburkan sekitar 2 cangkir soda kue di atasnya. Kemudian tunggu setengah jam dan tuangkan secangkir cuka di atasnya. Ini harus menjadi cara yang sangat efektif untuk menjauhkan serangga.

4. Buat jebakan

Buat jebakan sendiri dengan menggunakan botol plastik. Anda dapat mengulangi hal yang sama seperti yang ditunjukkan pada gambar. Cukup tambahkan air dengan sabun sesudahnya. Perangkap buatan sendiri ini adalah solusi yang baik untuk orang yang alergi terhadap bahan kimia.

 

3 dari 4 halaman

5. Gunakan kayu manis

Jika Anda memiliki masalah dengan serangga, kayu manis adalah pencegah yang baik. Gunakan kayu manis di dalam dan di luar rumah Anda. Anda perlu menemukan jalan masuk untuk serangga dan meninggalkan bubuk kayu manis di jalur tersebut. Itu tidak akan membunuh serangga, tetapi itu akan menghentikan mereka masuk.

6. Gunakan minyak esensial

Ini tidak hanya akan membuat rumah Anda harum, tetapi juga akan menghentikan masuknya serangga. Cukup gunakan minyak esensial peppermint. Cukup campurkan 10-15 tetes minyak esensial peppermint dengan 250 ml air. Kocok dan semprotkan di sekitar pintu dan jendela. Anda juga bisa menggunakan minyak neem. Beli dalam botol siap pakai untuk melawan serangga. Apa yang Anda lakukan untuk mencoba menyingkirkan serangga di rumah Anda? Tips mana yang akan Anda coba terlebih dahulu?

 

4 dari 4 halaman

6 Momen Apes saat Makanan Dihinggapi Kecoa Ini Bikin Perut Mual

Jangan kaget jika media sosial banyak terdapat konten yang unik dan mengundang perhatian. Seperti konten yang menampilkan tentang makanan yang bikin perut mual. Makanan ini dikarenakan adanya kecoa yang menghinggapi sehingga bikin yang melihatnya langsung enggak napsu makan.

Mulai dari kecoa menghinggapi mi instan yang baru dimasak hingga kecoa berenang di gelas berisi es kopi, menjadi bukti adanya momen apes saat makanan dihinggapi kecoa. Makanan yang dihinggapi kecoa ini berhasil bikin siapa saja yang melihatnya geleng kepala. 

Saking bikin kesal karena enggak jadi makan, kecoa yang menghinggapi makanan pun diabadikan dan disebarluaskan ke media sosial. Potret makanan yang dihinggapi kecoa pun menjadi sorotan sehingga viral. Warganet merasa mual saat menyaksikan potret makanan tersebut.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.