Sukses

5 Hal yang Jangan Pernah Anda Lakukan Saat Ada Tamu di Rumah

Menurut ahli etiket ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari dengan cara apapun saat menjamu tamu, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Menerima tamu adalah hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Saat hendak menjamu tamu Anda perlu memastikan bahwa ruangan Anda telah disiapkan dengan rapi dan bersih. Jangan lupa untuk menyediakan makanan serta minuman.  

Dan saat tamu Anda tiba, Anda pasti ingin menyapa mereka, memberikan perkenalan, dan membuat percakapan terus mengalir. Jika Anda berhasil melakukan semua itu, para tamu kemungkinan besar akan merasa nyaman untuk kembali ke rumah Anda. Kecuali, tentu saja, Anda melakukan sesuatu yang salah yang membuat mereka tidak pernah mau menginjakkan kaki di rumah Anda lagi.

Untuk menghindari kesalahan langkah ini, menurut ahli etiket ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari dengan cara apapun saat menjamu tamu. Dilansir dari Best Life berikut ulasannya. 

1. Minta mereka untuk membawa hadiah yang tidak pantas

Salah satu perilaku pertama yang tak pantas dilakukan yang harus Anda hindari kepada tamu Anda ialah meminta barang yang berlebihan. Jika mereka bertanya apa yang bisa mereka bawa untuk membantu memeriahkan pesta, pastikan itu sesuatu yang masuk akal.

"Pemilik rumah harus menghindari meminta tamu untuk membawa sesuatu yang tidak pantas atau ilegal ke pertemuan," kata Jodi RR Smith, seorang konsultan etiket dan pemilik Mannersmith.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bersiaplah ketika mereka tiba

Ketika tamu Anda mulai berdatangan, Anda harus bersiap untuk menyambut mereka dengan ramah. Itu berarti Anda perlu menyiapkan semua detail ruang Anda dan berpakaian lengkap serta siap untuk acara tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak ingin terlihat terkejut karena tamu Anda datang tepat waktu, kata Smith.

Terlebih lagi, Anda pasti ingin merangkul tamu apa adanya. "Pemilik rumah tidak boleh membuat komentar sinis tentang apa yang dikenakan atau dibawa tamu," kata Smith. Sambut mereka, ambil mantel dan hadiah mereka, dan perkenalkan mereka kepada tamu lain.

3 dari 5 halaman

3. Izinkan hewan peliharaan berbaur dengan tamu

Salah satu cara pasti untuk memastikan tidak ada yang kembali untuk pesta makan malam berikutnya adalah dengan membiarkan hewan peliharaan Anda terlalu dekat dengan tamu dan mengganggu kenyamanannya. 

"Sebagai pemilik hewan, hal paling mengerikan yang dapat dilakukan tuan rumah adalah membiarkan hewan mereka berjalan di ruang tamu atau area persiapan makanan," kata Karen Thomas, pendidik etiket dan pemilik KT Etiquette. "Menemukan bulu binatang dalam makanan seseorang itu menjijikkan dan agak tidak sehat."

Jika Anda memiliki anjing atau kucing yang nakal, Anda mungkin ingin menempatkannya di halaman atau ruangan lain, terutama jika Anda memiliki tamu yang takut atau alergi.

4 dari 5 halaman

4. Terus-menerus menyela tamu

"Interupsi terus-menerus oleh pemilik rumah baik karena kegembiraan atau ketidaksadaran, bukan hanya kecerobohan besar tetapi cukup mengganggu," kata Thomas. "Pemilik rumah harus bisa mendengarkan cerita tamu daripada mengomentarinya." Dengan cara ini, tamu Anda akan meninggalkan rumah Anda dengan perasaan seolah-olah mereka memiliki percakapan yang berkualitas.

5 dari 5 halaman

5. Munculkan topik percakapan yang kontroversial

Karena Anda adalah pemilik rumah, Anda adalah pemimpin percakapan, termasuk yang berhasil dan yang tidak. "Pembawa acara harus memantau percakapan agar tetap ringan dan meriah," kata Smith. "Hindari mengangkat topik kontroversial atau secara tidak sengaja mengungkapkan rahasia tamu lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.