Sukses

Takut Menghadapi Hari Senin? Hati-Hati Mengalami Monday Blues

Sering merasa takut dan tidak bersemangat saat hari Senin? Hati-hati terkena Monday blues. Kalau dibiarkan bisa menurunkan produktivitas dan buruk bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sehabis libur di akhir pekan atau libur panjang, hari Senin sering menjadi momok bagi banyak orang. Bagaimana tidak, setelah bersantai-santai cukup lama, akhirnya kita akan kembali beraktivitas normal. Tidak jarang, banyak juga yang tidak termotivasi untuk kembali kepada rutinitas harian.

Hati-hati, Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tapi rupanya merasa sering tidak bersemangat ketika menjelang hari Senin, bisa menandakan Anda mungkin mengalami Monday blues.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (3/6/2023), menurut perspektif "Monday blues" karena karyawan merasa tidak senang kembali bekerja setelah libur di akhir pekan. Mereka tidak hanya harus kembali bekerja setelah istirahat selama dua hari, tapi juga harus menjalani lima hari lagi sampai ke liburan akhir pekan berikutnya.

Selain merasa tidak bersemangat, Monday blues juga bisa ditandai sebagai ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan, tidak merasa puas saat mengerjakan sesuatu, hingga bisa menyebabkan rusaknya hubungan dengan orang lain. Meskipun kondisi ini pun tidak termasuk ke dalam penyakit klinis, tapi perasaan takut yang dirasakan mungkin menjadi sesuatu yang nyata dan tidak bahagia. Perasaan takut pada hari Senin dapat berkurang sejalan dengan berjalannya minggu.

Oleh karena itu, supaya hari Senin kembali bersemangat, ketahui penyebab, gejala, serta bagaimana cara menghadapi Monday blues, seperti melansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab dari Monday Blues

Rupanya ada banyak kemungkinan yang menyebabkan orang merasa takut menghadapi hari Senin, tetapi berikut ini adalah beberapa penyebab umumnya:

1. Tidak puas dalam bekerja atau mengalami burnout

Monday blues bisa menjadi sebagai pertanda bahwa Anda tidak merasa puas dalam bekerja atau mengalami kelelahan. Bahkan untuk pekerjaan yang Anda sukai sekalipun, sangat rentan mengalami hal ini. Terlebih jika Anda terlalu banyak menghadapi stres yang sering berada di luar kendali Anda.

2. Kebiasaan yang dilakukan di akhir pekan

Sangat wajar jika ingin bersantai di akhir pekan, apalagi jika saat bekerja Anda sudah dipenuhi kesibukan. Akan tetapi, aktivitas akhir pekan Anda — bahkan yang tampak santai sekalipun — bisa berdampak nyata pada suasana hari Senin Anda.

Misalnya, akhir pekan dipakai untuk "mengejar" waktu tidur yang kurang pada hari kerja, maka ritme tubuh Anda bisa terganggu. Bisa juga Anda minum alkohol yang dapat memengaruhi suasana hati pada Senin pagi.

3. Pola pikir yang berbahaya

Pola pikir yang berlebihan atau distorsi kognitif bisa membahayakan serta memengaruhi pandangan Anda. Sebagai contoh memikirkan soal bencana, sering menyamaratakan pikiran Anda dengan orang lain, dan asumsi berlebihan terhadap hari Senin akan berdampak pada kurang bersemangat menghadapi hari Senin.

3 dari 4 halaman

Gejala dari Monday Blues yang Harus Diwaspadai

Gejala utama dari Monday blues bisa mirip dengan gejala depresi, dan gangguan kecemasan, yang meliputi:

  • Rasa sedih
  • Merasa lesu atau kelelahan
  • Rasa gelisah
  • Terus-menerus merasa khawatir tentang hari Senin dan minggu yang akan datang
  • Perasaan takut atau tidak nyaman secara keseluruhan
  • Nafsu makan berubah
  • Kesulitan untuk tidur
  • Otot yang tegang
  • Sakit kepala

Jika Anda mengalami beberapa atau seluruh gejala ini, ikuti tips di bawah ini untuk menghadapi hari Senin, ya. Hal ini supaya kondisi yang Anda alami ini bisa diatasi dengan baik. 

4 dari 4 halaman

Tips untuk Mengatasi Monday Blues

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi Monday blues ini supaya Anda bisa melewati hari Senin, seperti:

1. Merawat diri di akhir pekan

Hari Senin hingga Jumat, pasti Anda sering merasakan kesibukan yang luar biasa. Maka, di akhir pekan saatnya memanjakan diri untuk membantu mengatasi Monday blues. 

Caranya, bisa melakukan me time atau berkumpul bersama dengan keluarga dan sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Dengan cara ini, mood Anda pun bisa meningkat serta tubuh menjadi lebih relaks. 

2. Batasi diri dengan pekerjaan di akhir pekan

Masih punya pekerjaan yang belum selesai di hari Jumat? Sebaiknya jangan dipaksakan untuk mengerjakannya di hari libur. Hal ini bisa menyebabkan Anda semakin kelelahan dan dan tidak bersemangat di hari Senin.

Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa menyisihkan waktu sebentar misalnya cukup 1-2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

3. Terapkan pola hidup sehat

Rutin berolahraga bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, termasuk menghindari dari Monday blues. Selain itu, semua ini juga perlu diimbangi juga dengan pola hidup yang sehat.

Pastikan Anda sering mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, seperti ikan, cokelat hitam, yogurt, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan yang mampu meningkatkan mood.

Semua sudah dilakukan? Nah, jangan tinggalkan juga tidur yang cukup serta jangan sering bergadang. Tidur lebih awal bisa membantu Anda lebih bersemangat keesokan paginya.

4. Konsultasikan ke dokter

Jika Anda sering merasakan masalah ini dan tidak bisa diselesaikan dengan berbagai macam tips lainnya, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke ahlinya. Dengan begini, Anda bisa mengetahui langkah-langkah apa yang perlu dilakukan supaya hari Senin tidak menjadi hari yang menakutkan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.