Sukses

Top 3: Erdogan Menang Pemilu Turki, Perpanjang Kekuasaan Hingga 3 Periode

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden Turki, mengalahkan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam pemilihan putaran kedua hari Minggu (28/5/2023) dan memperpanjang kekuasaannya menjadi tiga dekade.

Dengan 99,43% suara dihitung, hasil resmi awal yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) pada hari Minggu menunjukkan Erdogan menang dengan 52,14% suara. Sementara itu Kilicdaroglu menerima 47,86%.

Berbicara kepada ribuan pendukungnya di luar kompleks kepresidenan di Ankara, Erdogan mengatakan bahwa sekaranglah waktunya untuk mengesampingkan semua perdebatan dan konflik terkait periode pemilu dan bersatu dalam tujuan dan impian nasional.

“Kami bukan satu-satunya pemenang, pemenangnya adalah Turki. Pemenangnya adalah semua bagian dari masyarakat kita, demokrasi kita adalah pemenangnya,” kata Erdogan dilansir dari CNN.

Presiden Recep Tayyip Erdoganmengatakan di antara prioritas utama pemerintah adalah memerangi inflasi dan menyembuhkan “luka” dari bencana gempa bumi pada 6 Februari yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa di Turki dan negara tetangga, Suriah.

Artikel tentang kembali menang di pemilu Turki, Erdogan semakin memperpanjang kekuasaannya hingga periode ketiga menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tanggal 1 Juni 2023 libur apa? Berikut ini daftar tanggal merah dan libur nasional tahun 2023.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang berdasarkan zodiak, begini karaktermu saat menjadi seorang istri.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kembali Menang di Pemilu Turki, Erdogan Semakin Memperpanjang Kekuasaannya hingga Periode Ketiga

 

Sementara itu, berbicara di markas partainya di ibu kota Ankara, Kilicdaroglu mengatakan dia akan terus berjuang sampai ada “demokrasi sejati” di Turki.

“Ini adalah periode pemilihan yang paling tidak adil dalam sejarah kami… Kami tidak tunduk pada iklim ketakutan,” katanya. “Dalam pemilihan ini, keinginan rakyat untuk mengubah pemerintahan otoriter menjadi jelas terlepas dari semua tekanan.”

Kilicdaroglu mengatakan, “Apa yang benar-benar membuat saya sedih adalah hari-hari sulit di depan negara kita.”

Para pemimpin asing termasuk Rusia, Qatar, Libya, Aljazair, Hongaria, Iran dan Otoritas Palestina adalah yang pertama memberi selamat kepada Erdogan. Dalam sambutan yang dipublikasikan di situs web Kremlin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pemilihan tersebut memberikan bukti yang jelas dari dukungan rakyat Turki untuk upaya Erdogan guna memperkuat kedaulatan negara dan mengejar kebijakan luar negeri yang independen.

Presiden AS, Joe Biden, juga mengucapkan selamat kepada Erdogan, dengan membuat cuitan dan mengatakan bahwa dia berharap untuk bisa bekerja sama sebagai sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tanggal 1 Juni 2023 Libur Apa? Berikut Ini Daftar Tanggal Merah dan Libur Nasional Tahun 2023

Dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan Juni. Umumnya sebelum memasuki bulan yang baru tak sedikit orang yang mencari tahu apakah di bulan tersebut ada tanggal merah atau libur panjang. Hal ini tentu untuk merencanakan libur atau cuti untuk pergi jalan-jalan bersama keluarga atau teman. 

Di bulan Juni sendiri ada beberapa tanggal merah yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu berlibur sejenak. Di bulan Juni 2023 ini sendiri ada 3 hari peringatan nasional. Adapun tanggal merah yang ada pada bulan Juni 2023 ini sudah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dikeluarkan oleh 3 menteri.

Tiga menteri tersebut yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. SKB tersebut berisi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Adapun dalam SKB No. 1006/2022, No. 3/2022, dan No. 3/2022 dari situs resmi Kemenkoppmk, ada sekitar 15 hari libur nasional dan juga daftar cuti bersama di tahun 2023 ini.

Berdasarkan dari Surat Keputusan bersama (SKB) tiga Menteri itu sendiri terdapat tiga tanggal merah di bulan Juni 2023. Tanggal merah tersebut adalah 1 Juni 2023 yang merupakan Hari Lahir Pancasila. Kemudian pada tanggal 4 Juni 2023 yang merupakan Hari Raya Waisak 2567 BE. Terakhir yaitu pada tanggal 29 Juni 2023 yang merupakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Berdasarkan Zodiak, Begini Karakter Anda Saat Menjadi Seorang Istri

Percaya atau tidak, banyak yang mengatakan bahwa kepribadian seseorang bisa berubah setelah menikah. Biasanya, perubahan-perubahan yang dirasakan ini merupakan bagian dari adaptasi dengan kehidupan baru bersama pasangan. Nah, rupaya zodiak yang Anda miliki bisa memberikan informasi tentang banyak hal.

Masing-masing zodiak ini memiliki karakter yang berbeda, termasuk ada kelebihan dan kekurangannya juga. Uniknya, zodiak juga bisa memberikan pengaruh penting pada wanita. 

Termasuk salah satunya, untuk mengetahui akan seperti apa Anda kelak ketika sudah memasuki kehidupan rumah tangga. Apakah Anda akan gila kerja atau justru berubah menjadi sosok yang romantis? Lebih suka masak daripada jajan, rajin membersihkan rumah, atau malah sangat disayang suami?

Penasaran tidak kira-kira Anda setelah menjalani pernikahan dan akan menjadi tipe istri seperti apa kalau berdasarkan zodiak? Melansir dari Times of India, Sabtu (27/5/2023), ini dia karakter masing-masing zodiak ketika jadi istri. 

Aries

Saat menjadi seorang istri, Aries akan menjadi seseorang yang suka bersenang-senang, suka berpetualangan, tapi juga selalu peduli pada pasangannya. Memiliki kemauan keras, petualang sejati, dan sangat berempati menjadi tiga kata penting yang paling cocok untuk mereka.

Aries suka menjelajahi berbagai hal dan kemungkinan besar mereka juga akan selalu membuat rencana khusus untuk berpergian ke tempat baru bersama pasangannya. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.