Sukses

Mattel Rilis Boneka Barbie dengan Down Syndrome, Seperti Apa?

Perusahaan manufaktur mainan multinasional asal Amerika, Mattel, telah mengumumkan perilisan Barbie pertama dengan sindrom Down dalam upaya untuk mewakili lebih banyak gadis kecil di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan manufaktur mainan multinasional asal Amerika, Mattel, telah mengumumkan perilisan Barbie pertama dengan sindrom Down dalam upaya untuk mewakili lebih banyak gadis kecil di seluruh dunia. Boneka terbaru merek tersebut akan tersedia dengan metode pembelian pre-order. 

Model asal Inggris, Ellie Goldstein, yang hidup dengan sindrom Down dan telah bekerja dengan Vogue, Gucci dan Adidas, merayakan kedatangan boneka baru itu dan mengakui dia sangat antusias saat melihat mainan itu.

Mattel bekerja dengan National Down Syndrome Society (NDSS) di AS untuk merancang boneka tersebut agar lebih mewakili wanita yang hidup dengan kondisi tersebut, dan dia hadir dengan kerangka yang lebih pendek dan tubuh yang lebih panjang, serta fitur yang umumnya dikaitkan dengan sindrom Down.

Barbie ini dirilis sebagai bagian dari koleksi Fashionista inklusif merek tersebut. Wajah dan bingkainya lebih besar dari boneka Barbie lainnya untuk mewakili bentuk tubuh banyak wanita yang hidup dengan sindrom Down.

Wajahnya juga lebih bulat, dengan telinga yang lebih kecil, hidung yang datar, dan mata berbentuk almond. Telapak tangannya mencakup satu garis tunggal, yang merupakan karakteristik yang dapat dikaitkan dengan sindrom Down.

Boneka itu mengenakan gaun biru dan kuning dengan pola kupu-kupu, warna yang terkait dengan kesadaran sindrom Down. Kalung pinknya terbuat dari tiga chevron ke atas, yang mewakili tiga salinan dari kromosom ke-21.

Materi genetik ini menyebabkan karakteristik yang terkait dengan kondisi tersebut. Chevron, yang terlihat seperti anak panah kecil, adalah simbol 'The Lucky Few', yang mewakili orang-orang yang hidup dengan sindrom Down.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barbie ini menggunakan aksesoris yang biasa dikenakan Down Syndrome

Mattel tidak menyia-nyiakan kesempatan, dan pilihan alas kaki Barbie ini juga penting. Barbie ini memakai ortotik kaki pergelangan kaki merah muda (juga disebut AFO) yang cocok dengan aksesori lainnya.

AFO sebagian besar digunakan di AS untuk anak-anak dengan kondisi tersebut, dan meskipun tidak semua orang dengan sindrom Down memakainya, Mattel memilih untuk menghadirkan peralatan adaptif dengan memasukkannya sebagai aksesori untuk bonekanya.

Kandi Pickard, presiden dan CEO NDSS, mengatakan merupakan kehormatan untuk berkonsultasi tentang desain boneka ini.

"Ini sangat berarti bagi komunitas kami, yang untuk pertama kalinya bisa bermain dengan boneka Barbie yang mirip dengan mereka," katanya dilansir dari Dailymail.

3 dari 4 halaman

Boneka ini dapat mewakili anak-anak dengan sindrom Down

Barbie ini berfungsi sebagai pengingat bahwa kita tidak boleh meremehkan kekuatan representasi. Ellie Goldstein adalah salah satu orang pertama yang melihat boneka itu di Inggris dan diliputi oleh emosi.

Model yang merupakan salah satu bintang sampul Vogue Inggris edisi bulan Mei ini, berkata, "Saya sangat senang bahwa ada Barbie dengan sindrom Down. Melihat boneka itu, saya merasa sangat antusias, itu sangat berarti bagi saya dan saya sangat tersanjung dan bangga karena Barbie memilih saya untuk menunjukkan boneka itu kepada dunia."

“Keanekaragaman penting bagi saya karena orang perlu melihat lebih banyak orang seperti saya di luar sana di dunia dan tidak disembunyikan,” tambahnya.

Carol Boys, Kepala Eksekutif Asosiasi Sindrom Down Inggris juga menyambut baik penambahan boneka tersebut ke lini Fashionista.

“Sebagai satu-satunya badan amal di Inggris yang mendukung semua aspek sindrom Down, kami sering mendengar dari keluarga yang merasa anak-anak mereka tidak cukup terwakili di media arus utama,' katanya.

“Oleh karena itu, kami menyambut baik fakta bahwa anak-anak di komunitas kami akan dapat bermain dengan boneka yang mewakili mereka dan kehidupan mereka," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Ada pula Barbie dengan kawat gigi dan Ken dengan kaki palsu

Tahun ini, koleksi Fashionista juga menyertakan Barbie dengan kawat gigi dan Ken dengan kaki palsu. "Sebagai lini boneka paling beragam di pasar, Barbie memainkan peran penting dalam pengalaman awal seorang anak, dan kami berdedikasi untuk melakukan bagian kami untuk melawan stigma sosial melalui permainan," kata Lisa McKnight, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Global dari Barbie & Boneka, Mattel.

“Tujuan kami adalah untuk memungkinkan semua anak untuk melihat diri mereka dalam Barbie, sementara juga mendorong anak-anak untuk bermain dengan boneka yang tidak terlihat seperti diri mereka sendiri.”

Menurutnya permainan boneka di luar pengalaman hidup seorang anak dapat mengajarkan pemahaman dan membangun rasa empati yang lebih besar, yang mengarah ke dunia yang lebih menerima. Mereka pun mengaku bangga memperkenalkan boneka Barbie dengan sindrom Down untuk mencerminkan dunia disekitar dengan lebih baik dan melanjutkan komitmen mereka untuk merayakan inklusi melalui permainan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.