Sukses

Malas Olahraga Sendirian? Yuk, Cari Teman Olahraga Bareng Agar Tidak Bosan

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga dalam misi menjadi sehat atau menurunkan berat badan pasti menjadi goal setiap orang. Bahkan, bisa jadi sejak awal tahun ini, Anda sudah mulai rutin melakukan olahraga baik di gym atau latihan sendiri di rumah.

Tapi berolahraga dengan gerakan yang itu-itu saja, pasti membuat bosan. Apalagi kalau harus berolahraga sendirian di rumah. Rasanya, tidak ada teman yang mengobrol atau memperbaiki postur badan membuat olahraga jadi semakin berat. Dengan memiliki partner berolahraga atau workout buddy bisa menjadi hal yang cukup penting karena bisa mendorong seseorang agar menjadi lebih sehat secara fisik maupun mental.

Hal ini juga didukung oleh penelitian dari University of Aberdeen pada tahun 2015 silam. Para peneliti rupanya mencari tahu mengenai manfaat apakah melakukan olahraga bersama teman dapat meningkatkan jumlah latihan yang dilakukan atau tidak.

Penelitian ini dilakukan secara online dan melibatkan peserta yang dipilih secara acak. Lalu peserta akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu emosional dan instrumental. Kelompok emosional menerima dorongan secara emosional yang mampu membuat mereka berlatih lebih banyak.

Sedangkan, kelompok instrumental, yaitu mereka yang dimotivasi dengan bantuan kelengkapan alat saat olahraga, ternyata tidak begitu berpengaruh terhadap jumlah latihan.

Dari penelitian tersebut, sudah membuktikan bahwa olahraga bersama teman memang membawa manfaat karena dukungan emosional yang diberikan, sehingga Anda semakin terpacu dalam mendapatkan motivasi olahraga sehingga menjadi lebih bersemangat untuk beraktivitas fisik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Manfaat dari Berolahraga Bersama Teman

Ketika berolahraga bareng teman atau secara berkelompok, Anda cenderung bisa mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Merasa lebih termotivasi

Ketika olahraga bersama, Anda dan teman akan saling menyemangati, sehingga Anda pun akan berolahraga lebih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membuat sesi olahraga semakin menyenangkan

Sering berpikir kalau olahraga merupakan sebuah kewajiban membuat aktivitas ini menjadi berat dan sukar dilakukan. Nah, dengan mempunyai teman olahraga, Anda akan beranggapan bahwa olahraga sebagai aktivitas bersosialisasi yang menyenangkan, tentu membuat sesi workout semakin seru, deh.

3. Dapat mencoba jenis olahraga baru

Ada kalanya Anda pasti ingin mencoba jenis olahraga baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan membutuhkan pasangan untuk melakukannya. Dengan mempunyai teman atau pasangan, Anda jadi lebih mudah mencoba aktivitas lain di luar kebiasaan.

4. Lebih konsisten

Sering bolos workout karena mager? Adanya teman olahraga, kebiasaan ini bisa mulai berkurang. Soalnya, Anda akan terdorong untuk hadir di gym atau sesi latihan tersebut karena tidak ingin mengecewakan mereka

3 dari 3 halaman

Kekurangan Olahraga Bersama Teman

Walaupun memiliki banyak manfaat, berolahraga bersama teman atau kelompok juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya saja, ada orang lain yang merasa lebih nyaman dalam latihan bersama, sementara ada yang menganggapnya berlebihan dan terlalu mengganggu.

Selain itu, rasa tertekan mungkin akan Anda rasakan karena adanya rasa ingin bersaing dengan orang lain. Hal lain yang sering menjadi permasalahan yaitu beberapa latihan di kelas, mungkin tidak sesuai dengan tujuan kebugaran Anda, hingga akhirnya bisa menghambat kemajuan yang ingin dicapai.

Pada akhirnya, tidak ada yang salah dengan pilihan yang mau diambil, karena semua orang pun punya pendapatnya sendiri-sendiri, semua tergantung pada kenyamanan Anda. Namun, mau berolahraga sendiri ataupun bersama teman, sebaiknya dilakukan secara teratur supaya Anda bisa merasakan manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.