Sukses

Studi: Orang yang Tidur Mendengkur 91% Lebih Mungkin Terkena Stroke dari yang Tidak

Studi menunjukkan orang yang tidur mendengkur 91% lebih mungkin terkena stroke daripada yang tidak

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 30 juta orang Inggris mendengkur saat tidur setiap malam - dan para ahli telah memperingatkan bahwa tidur yang berisik menghadapi peningkatan risiko darurat medis yang serius. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mendengkur hampir dua kali lebih mungkin mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak.

Penelitian menyoroti bahwa individu dengan masalah tidur - termasuk mendengkur, masalah pernapasan, atau kurang tidur - lebih mungkin menderita stroke. Menurut NHS, stroke adalah kondisi medis yang mengancam jiwa yang menyerang saat suplai darah ke bagian otak terputus.

Jenis yang paling umum adalah stroke iskemik, yang terjadi ketika gumpalan darah atau partikel lain menyumbat pembuluh darah ke otak - ini merupakan sekitar 85 persen dari semua stroke.

Menurut studi tersebut, risiko stroke meningkat jika seseorang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur, tidur siang yang lama, kualitas tidur yang buruk, mendengkur, mendengus, dan sleep apnea. Ditambahkan bahwa risikonya "secara signifikan lebih besar" bagi mereka yang mengalami lebih dari lima gejala ini.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam, atau lebih dari sembilan jam, lebih mungkin terkena stroke, dibandingkan dengan mereka yang rata-rata tidur tujuh jam. Mereka menyimpulkan bahwa pendengkur 91 persen lebih mungkin terkena stroke daripada mereka yang tidak.

Sebagai bagian dari penelitian, 2.238 peserta yang mengalami stroke dan 2.258 yang tidak terkena stroke ditanya tentang perilaku tidur mereka. Mereka ditanyai tentang berapa jam tidur yang mereka dapatkan, kualitas tidur, tidur siang, mendengkur, mendengus, dan masalah pernapasan saat tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah tidur tingkatkan risiko terkena stroke

Penting untuk dicatat bahwa temuan yang diterbitkan dalam jurnal Neurologi, tidak menunjukkan bahwa masalah tidur menyebabkan stroke, tetapi menyoroti tautan informatif.

Penulis studi Christine McCarthy, dari University of Galway di Irlandia, mengatakan: "Hasil kami tidak hanya menunjukkan bahwa masalah tidur individu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke, tetapi memiliki lebih dari lima gejala ini dapat menyebabkan lima kali risiko stroke. stroke, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki masalah tidur.

"Hasil kami menunjukkan bahwa masalah tidur harus menjadi fokus pencegahan stroke."

NHS menjelaskan: “Mendengkur disebabkan oleh hal-hal seperti lidah, mulut, tenggorokan, atau saluran udara di hidung Anda yang bergetar saat Anda bernapas.

“Hal itu terjadi karena bagian tubuh Anda menjadi rileks dan menyempit saat Anda tidur.”

NHS menambahkan bahwa Anda lebih cenderung mendengkur jika Anda:

  • Kelebihan berat badan
  • Merokok
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Tidur telentang

 

3 dari 4 halaman

5 cara berhenti mendengkur

Mendengkur adalah gangguan baik bagi penderitanya maupun bagi mereka yang berbagi tempat tinggal dengannya, jadi bagaimana cara menghentikannya? Berikut adalah lima cara untuk membantu menghentikan kebiasaan itu:

1. Tidur menyamping

Tidur menyamping, bukan telentang, dapat membantu mengurangi dengkuran, karena hal ini dapat mencegah pangkal lidah jatuh ke dinding belakang tenggorokan. Meskipun tidak dijamin, itu pasti membantu.

2. Hindari alkohol

Alkohol memiliki efek sedatif, yang melemaskan otot-otot rahang dan tenggorokan, membuat saluran napas Anda lebih mungkin tersumbat. Membatasi konsumsi alkohol dapat membantu menurunkan kemungkinan mendengkur.

 

4 dari 4 halaman

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan jaringan lemak di sekitar leher dan tonus otot yang buruk dapat menyebabkan masalah. Orang yang kelebihan berat badan sering mendengkur, jadi mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kelebihan berat badan dapat membantu mengurangi kebisingan.

4. Cobalah bantal pencegah mendengkur

Tidur di atas bantal yang cukup menopang kepala dan leher Anda dapat membantu, karena dapat memastikan kepala Anda cukup ditopang untuk mencegah saluran udara tersumbat.

5. Buat buku harian tidur

Buku harian dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah yang memengaruhi tidur Anda. Catat waktu tidur, berapa kali Anda terbangun di malam hari, makanan dan minuman yang Anda konsumsi sepanjang hari, jumlah waktu layar Anda, dan aktivitas Anda di siang hari.

Setelah mencatat selama sebulan, Anda akan dapat melihat tren apa pun yang mungkin menjadi penyebabnya. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk membuat perubahan gaya hidup untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mendengkur adalah salah satu jenis gangguan tidur yang cukup banyak dialami. Penderitanya sendiri bisa jadi tidak merasa terganggu.

    mendengkur

  • Stroke iskemik merupakan salah satu jenis stroke yang ditandai dengan kehilangan suplai darah dari sirkulasi secara tiba-tiba

    Stroke Iskemik

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • ngorok

  • Tidur Mendengkur