Sukses

5 Cara Meningkatkan Dukungan Emosional dalam Hubungan

Jika Anda ingin meningkatkan hubunganmu, beberapa cara bagaimana Anda bisa hadir secara emosional berikut ini bisa membantumu.

Liputan6.com, Jakarta - Mempertahankan suatu hubungan memang sangat sulit. Mengikuti kebutuhan, tuntunan, suasana hati pasanganmu, dan lainnya, tentu bisa sangat memberatkan jika Anda tidak menyadari peranmu dalam hubungan cinta tersebut.

Untuk menjadi sadar sepenuhnya dan secara emosional, Anda harus merangsang bagian emosional di dalam dirimu.

Anda harus hadir secara emosional dalam hubungan tersebut. Jika Anda ingin meningkatkan hubunganmu, beberapa cara bagaimana Anda bisa hadir secara emosional berikut ini bisa membantumu.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan dukungan emosional dalam hubungan, seperti melansir dari Times of India, Jumat (7/4/2023).

1. Berlatih mendengarkan secara aktif

Berlatih mendengarkan secara aktif bersama pasanganmu. Ini berarti menyingkirkan gangguan dan benar-benar fokus pada apa yang mereka katakan.

Jangan menyela pasanganmu dan mencoba memahami sudut pandangnya tanpa menghakimi. Anda bahkan bisa mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan kejelasan karena ini akan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan.

2. Tunjukkan empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain. Itu adalah bagian penting dari kehadiran emosional dalam suatu hubungan.

Ketika pasanganmu berbagi sesuatu denganmu, cobalah untuk menempatkan dirimu pada posisinya dan bayangkan bagaimana perasaannya. Akui apa yang mereka rasakan dan validasikan pengalamanmu.

3. Berbagi emosi

Jangan ragu untuk berbagi emosimu sendiri dengan pasangan. Bersedia untuk berbagi kerentanan Anda dengan pasanganmu.

Ini bisa menciptakan tingkat keintiman dan kepercayaan yang lebih dalam, dalam hubungan tersebut. Pasanganmu akan menghargai kejujuran dan keterbukaanmu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Luangkan waktu untuk satu sama lain

Sangat penting bahwa Anda dan pasangan menghabiskan banyak waktu bersama. Saat Anda bersama, penting untuk mengesampingkan gangguan dan fokus satu sama lain.

Luangkan waktu untuk kencan malam, percakapan yang bermakna, dan aktivitas bersama yang membuat Anda lebih dekat.

5. Latihlah rasa syukur

Ucapkan terima kasih kepada pasanganmu dan terus ingatkan mereka betapa bersyukurnya Anda memiliki dia dalam hidupmu.

Melatih rasa syukur bisa membantumu hadir secara lebih emosional dalam hubunganmu.

Luangkan waktu untuk menghargai hal-hal kecil yang dilakukan pasanganmu untuk Anda dan ungkapkan rasa terima kasihmu.

3 dari 4 halaman

Zodiak yang Mengutamakan Kedetakan Emosional dalam Hubungan

Ketika Anda merasa aman, terlindungi dan dipahami dalam suatu hubungan, itu berarti Anda sangat dihargai oleh pasangan Anda.

Anda merasa aman secara emosional dalam suatu hubungan cinta ketika pasangan Anda memahami perasaan Anda tanpa harus berulang kali memberi tahu mereka. 

Anda akan merasa cukup nyaman untuk mengungkapkan perasaan dan padanganmu. Perasaan aman secara emosional dalam suatu hubungan jarang terjadi dan hanya sedikit orang yang mengalami energi indah dan positif ini.

Seperti beberapa zodiak ini yang cenderung mengutamakan kedekatan emosional dalam suatu hubungan menurut astrologi.

1. Taurus

Taurus dikenal individu yang menghargai stabilitas dan keamanan dalam semua aspek kehidupan, termasuk hubungan.

Mereka seringkali menjadi pasangan yang sangat setia dan berkomitmen yang memprioritaskan kesejahteraan emosional pasangan mereka.

Selain itu, pemilik zodiak ini akan merasa aman dalam hubungan di mana mereka bisa mempercayai pasangannya.

2. Cancer

Cancer sangat berhubungan dengan perasaan mereka dan cenderung sangat berempati terhadap orang lain. 

Mereka menghargai keintiman emosional dan cenderung merasa aman secara emosional dalam suatu hubungan di mana mereka bisa mengekspresikan diri dengan bebas tanpa takut dihakimi. Mereka juga menghargai pasangan yang mendukung dan memahami emosinya.

4 dari 4 halaman

3. Libra

Libra menghargai stabilitas emosional dan tertarik pada hubungan yang memberi mereka rasa damai dan tenang.

Pemilik zodiak ini adalah komunikator yang terampil dan merasa aman dalam suatu hubungan di mana mereka bisa secara terbuka mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran mereka tanpa rasa takut. 

4. Capricorn

Capricorn dikenal karena kepraktisan dan ketergantungannya. Mereka menghargai stabilitas emosional dan cenderung merasa aman dalam suatu hubungan di mana mereka bisa mempercayai pasangannya untuk selalu ada untuk mereka melalui suka maupun duka. 

Pemilik zodiak ini menghargai pasangan yang bisa diandalkan, suportif, dan berkomitmen untuk membangun fondasi hubungan yang kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.