Sukses

5 Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Selain mendapat pahala yang berlipat ganda, rupanya masih ada keutamaan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim. Pasalnya bulan Ramadhan penuh dengan keberkahan dan segala amalan yang dilakukan di bulan ini pun akan dilipat gandakan. Itu mengapa sudah sepatutnya kita umat muslim beribadah sebanyak-banyaknya di bulan yang suci ini. 

Selain puasa dan tarawih, ada lagi amalan yang dapat umat muslim lakukan di bulan Ramadhan salah satunya yaitu membaca atau tadarus Al Quran. Membaca Al Quran di hari biasa saja akan diberikan pahala oleh Allah SWT, apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadhan.

Itu sebabnya akan sangat merugi para umat muslim yang tidak melakukan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Selain mendapat pahala yang berlipat ganda, rupanya masih ada keutamaan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan. Berikut ulasannya dikutip dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Salah satu keutamaan membaca Al Quran di bulan ramadhan ialah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Segala sesuatu amal ibadah di bulan ini akan dilipat gandakan. Jika membaca satu huruf dalam Al Quran di hari biasa saja akan mendapatkan satu kebaikan yang akan berlipat lagi menjadi sepuluh kebaikan makan ini akan berlipat lagi jika dilakukan di Ramadhan. Dengan demikian, benar adanya jika bulan ramadhan adalah bulan yang amat mulia.

3 dari 6 halaman

2. Menenangkan Hati

Membaca Al Quran dapat menenangkan hati dan pikiran. Pasalnya dengan membaca Al Quran kita akan selalu mengingat Allah SWT dan dengan begitu hati akan menjadi tentram. Sesuai dengan firman Allah SWT yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-rad pada ayat 28:

"Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tenteram."

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Keimanan

Kondisi iman seorang muslim tentunya akan selalu berubah ubah setiap waktunya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga keimanan agar selalu berada dalam kondisi yang baik.

Salah satu caranya, adalah dengan rajin membaca Al Quran. Semakin rajin kita membaca Al Quran, maka semakin dekat dengan Allah SWT. Semakin jiwa kita juga akan tersadarkan dengan keajaiban Al Quran. Ketakjuban inilah yang dapat menambah keimanan kepada Allah SWT.

5 dari 6 halaman

4. Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Keutamaan selanjutnya dari membaca Al Quran di bulan Ramadhan ialah akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Apalagi jika orang tersebut ikut mengamalkan ayat-ayat di Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Itu mengapa alangkah baiknya kita mengerjakan amalan tersebut. 

6 dari 6 halaman

5. Akan Diberi Kemudahan di Hari Kiamat

Hal selanjutnya yang menjadi keutamaan dari membaca Al Quran khususnya pada bulan ramadhan yaitu akan dimudahkan untuk menghadap Allah SWT kelak di hari kiamat nanti.

Hal ini karena siapapun yang membaca Al Quran akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat nanti. Rasulullah SAW akan memberikan syafaat bagi hamba-Nya yang senantiasa memperbanyak membaca Al Quran khususnya di bulan Ramadhan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.