Sukses

5 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh, Baik Untuk Kulit hingga Pertumbuhan Rambut

Vitamin E disebut sebagai vitamin yang bermanfaat bagi kulit dan rambut, tetapi tahukah Anda bahwa vitamin E juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Vitamin E disebut-sebut sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kulit dan rambut, tetapi tahukah Anda bahwa vitamin E juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa?

Vitamin E bukanlah vitamin tunggal, tetapi sekelompok vitamin yang larut dalam lemak yang memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Manfaat vitamin E ini penting untuk menjaga kesehatan kulit, mata, otak, dan organ reproduksi. Vitamin E larut dalam lemak dan ditemukan dalam berbagai makanan termasuk daging, telur, buah-buahan, minyak nabati, dan sereal.

Banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin E untuk memenuhi asupan harian mereka, namun yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan harian vitamin E dengan makanan alami. Vitamin E memainkan banyak peran dalam tubuh kita, tetapi paling dikenal untuk melindungi sel-sel kita dari kerusakan oksidatif.

Vitamin ini merupakan vitamin yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Melansir dari PinkVilla, Selasa (28/03/2023), berikut penjelasannya.

1. Vitamin E Sumber Antioksidan

Stres akibat oksidatif adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan ketidakseimbangan antara pertahanan antioksidan tubuh dan spesies oksigen reaktif, yang pada gilirannya menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan kerusakan sel. Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan

2. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit jantung, mungkin Anda harus mencoba untuk secara rutin mengonsumsi vitamin E yang bersumber dari bahan alami untuk mengatasi penyakit jantung. Ada beberapa faktor utama yang bertanggung jawab untuk mengembangkan penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, dan trigliserida yang tinggi. Menurut penelitian, suplemen vitamin E memiliki potensi untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

3. Membantu Memperbaiki Penyakit Hati Berlemak

Penyakit hati berlemak non-alkohol tidak terkait dengan penggunaan alkohol berat, dan menurut penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu memperbaiki beberapa gejala penyakit hati yang berlemak. Menurut penelitian, suplemen citamin E juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati pada pasien dewasa yang memiliki riwayat penyakit hati berlemak.

4. Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru serta beberapa gejala asma pada anak-anak dan orang dewasa. Dengan mengonsumsi vitamin E yang cukup akan membantu mengurangi risiko penyakit pernapasan seperti gejala asma, batuk, dan bahkan penyakit serius sekalipun.

4. Dapat Meningkatkan Kognisi

Penting untuk mengonsumsi vitamin E secara teratur karena dapat membantu melindungi kita dari penurunan kognitif seperti penurunan daya ingat pada usia lanjur. Vitamin E dapat melawan kerusakan otak akibat radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Mengandung tokoferol, vitamin E merupakan pelembab alami yang mampu mempertahankan kelembapan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Ini adalah sebuah anugerah bagi orang-orang dengan kulit kering, cukup pijat kulit Anda dengan minyak vitamin E dan rasakan manfaat yang diberikan.

2. Mencerahkan Kulit

Penggunaan vitamin E secara rutin dapat membantu mencegah radikal bebas yang membuat kulit terlihat kusam dan tidak bernyawa, yang jika dipakai secara terus menerus dapat mencerahkan warna kulit dan membuat kulit terlihat sehat.

3. Melawan Peradangan

Vitamin E memiliki sifat anti-inflamasi yang meningkatkan proses regenerasi kulit, melawan peradangan, dan melindungi kulit dari tekanan lingkungan. Hal ini pada gilirannya membuat kulit tampak segar dan bercahaya.

4. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Sinar UV dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit, oleh karena itu penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar tersebut. Gunakan vitamin E untuk melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar UV dan menjaganya tetap lembab dan bercahaya.

5. Membantu menunda tanda-tanda penuaan

Penuaan adalah proses yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia, tapi bukan berarti kita harus berhenti merawat kulit kita. Faktanya, keriput, garis-garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya dapat ditunda jika kita mengikuti perawatan kulit yang tepat dan menjalani gaya hidup sehat. Sifat pelembab dan antioksidan dari minyak vitamin E membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, bintik-bintik hitam, dan kerutan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin E Untuk Rambut

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut rontok merupakan permasalahan yang sering terjadi. Tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan adalah dengan memasukkan makanan sehat ke dalam diet kita. Vitamin E sarat dengan antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel dan menstimulasi kapiler, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan rambut.

2. Menambah kilau pada rambut

Terdapat lapisan lemak di bagian luar kutikula rambut yang melindungi rambut dari kerusakan lingkungan. Ketika lapisan tersebut dihilangkan, rambut kehilangan kilau dan menjadi sulit diatur. Minyak vitamin E membantu menggantikan lapisan pelindung tersebut, menjaga kelembapan, mencegah kerusakan rambut, dan memberikan kilau alami pada rambut Anda.

3. Meningkatkan suplai darah ke kulit kepala

Salah satu manfaat terbaik dari vitamin E adalah meningkatkan suplai darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut Anda terlihat kuat, sehat, dan berkilau.

4. Mengobati kulit kepala kering

Vitamin E mempertahankan kelembapan pada kulit yang membantu orang dengan kulit kepala kering. Selain itu, sifat antioksidan dari vitamin E membantu peremajaan kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut.

5 dari 5 halaman

Apa saja sumber alami Vitamin E?

Meskipun vitamin E adalah nutrisi yang ditemukan di sebagian besar makanan, terdapat sejumlah makanan yang sangat kaya akan vitamin E. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E yang harus Anda sertakan dalam makanan keseharian Anda adalah biji bunga matahari, kacang almond, brokoli, kiwi, mangga, tomat, kacang tanah, alpukat, minyak almond, lobak hijau, salmon, lobster, telur ikan, dan paprika merah.

Vitamin E adalah nutrisi penting yang larut dalam lemak dan ada banyak kegunaan vitamin E, oleh karena itu yang terbaik adalah mencukupi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi makanan bergizi termasuk buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.